Siapa yang Lebih Hebat di 2022? TikTok atau Instagram?

6
Instagram vs TikTok

Hilangnya IGTV dari Instagram di awal tahun 2022 ini menegaskan bahwa head-to-head antara Instagram dan TikTok semakin tegas. Jika dilihat dari tren yang ada di media sosial, terlihat TikTok lebih banyak penggemarnya daripada Instagram. Tetapi ternyata tidak dalam urusan angka. Secara jumlah download dan pengguna bulanan, Instagram masih lebih jaya. Lalu bagaimana potensi pertarungan Instagram dan TikTok di tahun 2022 ini?

Pengguna bulanan Instagram dan TikTok

Diambil dari thesmallbusinessblog.net, pengguna Instagram lebih banyak daripada TikTok. Per bulan Oktober 2021, Instagram mempunyai 1,3 miliar pengguna dibandingkan TikTok “hanya”1 miliar pengguna per bulan. Angka ini memang terlihat bahwa Instagram lebih jaya, tetapi beberapa media online besar menjelaskan bahwa di akhir tahun 2022 ini TikTok akan menyalip pengguna bulanan dari Instagram.

Dari laporan CNBC, di tahun 2021 ternyata sekitar 63% orang Amerika Serikat yang berumur 12 sampai 17 tahun lebih memilih TikTok daripada Instagram. Jadi di tahun 2022 ini, kemungkinan besar TikTok bakal masih bersaing ketat dengan Instagram, atau bahkan mereka akan melewati Instagram.

Data Medsos di Indonesia dengan pengguna terbanyak 2022
Platform Media Sosial Paling Banyak Digunakan di Indonesia tahun 2022

Untuk di Indonesia sendiri, berdasarkan data dari We Are Social mencatat bahwa pada awal tahun 2022 pengguna Instagram di Indonesia masih lebih banyak dibandingkan pengguna TikTok yakni ada 99,15 juta sedangkan pengguna TikTok ada di angka 92,07 juta. Meskipun berada di posisi kedua, pertumbuhan pengguna TikTok di Indonesia bisa dibilang lebih cepat dibandingkan pertumbuhan Instagram saat pertama kali kemunculannya.

TikTok menjadi aplikasi media sosial dengan keuntungan tertinggi

Salah satu hal yang menarik dari TikTok adalah pengelolaan iklan yang sangat ciamik. Jika sampeyan scroll Instagram Reels ataupun Stories, sedikit banyak sampeyan akan melihat iklan yang muncul secara tiba-tiba. Coba bandingkan dengan TikTok, jumlah iklan yang muncul tidak terlalu banyak. Ternyata TikTok mempunyai cara bahwa iklan yang muncul akan sedikit dikurangi dan diganti subscription dan sistem tipping saat live. Cara ini membuat TikTok menjadi aplikasi dengan tingkat pertumbuhan tertinggi.

India melawan Amerika Serikat 

Fakta menarik dari “pertarungan” Instagram dan TikTok adalah ternyata mereka memiliki pasar sendiri-sendiri. Instagram sangat sukses di India, dan menjadikan Instagram menjadi media sosial nomor satu di sana. Instagram di India mempunyai pengguna mencapai 201 juta! Sedangkan TikTok merajai pasar Amerika Serikat dengan 65 juta pengguna, disusul Indonesia dengan 22 juta pengguna.

Salah satu faktor kenapa TikTok bakal sedikit lebih berkembang karena pasar Amerika Serikat lebih banyak disorot daripada India. Tentu Sampeyan baru tahu bahwa di India pengguna Instagram lebih banyak bukan? Coba bandingkan berita di Amerika Serikat ternyata pengguna TikTok mencapai 65 juta pengguna.

Hal menarik lainnya adalah bagaimana inovasi baru dari TikTok dan Instagram di tahun 2022. Instagram terakhir menghapus IGTV dan TikTok masih fokus ke dalam live streams. Patut ditunggu siapa di akhir tahun yang bakal “menang”. (DA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini