Chromebook vs Laptop: Apa yang Bisa dan Tidak Dilakukan oleh Chromebook?

200
Chromebook vs Laptop, pilih man?

Jika merujuk dari KBBI Kemdikbud, arti dari laptop adalah komputer pribadi yang agak kecil, yang dapat dibawa-bawa dan dapat ditempatkan di pangkuan pengguna. Jadi Chromebook sebenarnya termasuk ke dalam laptop, tetapi di dalam dunia dan para pengguna teknologi Chromebook bukan laptop biasa. Nah kalau memang berbeda, sebenarnya ada perbedaan mencolok antara laptop biasa dengan Chromebook? Simak apa sih yang bisa dilakukan dan yang tidak bisa dilakukan oleh Chromebook di sini.

Baca Juga: Laptop ACER Bertenaga AMD Ryzen, Tepis Laptop Tipis Hanya untuk Kantoran

Chromebook bukan laptop untuk para desainer grafis dan editor

Sejatinya Chromebook digunakan sebagai laptop yang sangat friendly dengan aplikasi yang dikembangkan oleh Google. Jadi ketika pertama kali muncul di tahun 2011, Chromebook sebenarnya tidak terlalu ramah bagi para desainer atau editor yang ingin menggunakan aplikasi seperti Adobe Photoshop, Corel Draw, Movie Maker, dan sejenisnya. Baru di tahun 2013, Google bekerja sama dengan Lenovo, HP, dan Samsung untuk mengeluarkan Chromebook dengan spesifikasi tinggi.

Sekarang sampeyan bisa melihat Google Pixelbook Go, Lenovo IdeaPad Duet Chrombook, atau Samsung Chromebook Pro yang mempunyai spesifikasi terbaik. Tetapi mulai dari storage, RAM, dan graphics card tidak sebaik laptop desain. Jadi Chromebook sedikit tidak ramah bagi para desainer ataupun editor.

Chromebook membutuhkan koneksi internet lebih

Jika sampeyan ingin menggunakan Chromebook untuk mengerjakan tugas kuliah ataupun pekerjaan kantor yang tidak membutuhkan akses internet, Chromebook bukan solusi yang tepat. Hampir semua aplikasi dari Chromebook membutuhkan koneksi internet. Mulai dari Google Drive, Google Docs, Google Sheets, ataupun Google Sites. Walaupun Google sendiri sudah mengembangkan fitur offline mode di semua aplikasinya, tetapi sampeyan tidak akan merasakan fitur terbaiknya.

Tetapi sebaliknya, jika sampeyan bekerja di rumah atau kantor yang memiliki jaringan internet yang sangat kencang, Chromebook dengan Chrome OS akan berjalan dengan sangat mulus. Sampeyan tidak perlu takut lagi kehilangan data karena semua tersimpan di dalam cloud, jadi ketika sampeyan membuka file smartphone ataupun laptop lain, file sampeyan sudah tersimpan secara aman.

Hampir semua Chromebook ini sangat ringan dan well design

Tidak perlu khawatir untuk urusan desain ketika sampeyan membeli Chromebook, karena hampir semua Chromebook ini mempunyai desain yang sangat bagus dan modern. Selain itu Chromebook juga hadir dengan berat yang cukup ringan. Karena Google berfokus bahwa Chromebook ini selain ringan, harus memiliki desain yang keren, dan spesifikasi yang tidak lemot.

Jika semua list di atas sudah masuk ke dalam syarat laptop idaman sampeyan, berarti Chromebook adalah jawabannya. Tetapi jika ada salah satu list gagal, mungkin sampeyan cocok menggunakan laptop reguler saja. (DA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini