OPPO A54, Ponsel 2-jutaan Dengan Desain Stylish dan Kekinian

0
OPPO A54 Belakang

Lagi nyari ponsel nih, Cuma ini budgetnya di bawah 3 juta. Ponsel apa ya? Lagi butuh smartphone nih untuk daring anak-ku, smartphone apa ya? Bro, hp yang harganya 2-jutaan tapi yang oke, apa ya? Rekomendasiin ponsel pintar yang performanya oke tapi harganya gak lebih dari 3 juta dong!

Belakangan, saya sering sekali mendapatkan banyak pertanyaan seperti di atas baik melalui pesan WA, DM, mention atau komentar di akun media sosial saya. Terutama sejak diberlakukannya sistem pembelajaran online atau yang dikenal dengan kelas daring untuk anak sekolah. Nah, di posting kali ini saya akan berbagi pandangan saya hasil ngepoin ponsel enrty level terbaru dari OPPO, yaitu OPPO A54 yang mungkin bisa jadi referensi sampeyan sebelum membeli atau upgrade ponsel baru.

***

OPPO A54 merupakan ponsel terbaru dari lini seri A OPPO untuk tahun 2021 yang hadir dengan slogan “Super Layarnya, Ultra Efisien Performanya”. Ponsel yang dirilis 29 Maret 2021 kemarin ini diklaim hadir berbagai keunggulan teknologi dan perangkat keras kelas atas yang untuk pertama kalinya hadir di lini seri A ponsel OPPO, seperti penggunaan layar single punch-hole dan sertifikasi IPX4. Selain itu ponsel ini juga hadir dengan desain modern dengan pilihan warna yang stylish dan fashionable, yang mana ini sesuai dengan tujuan OPPO yang ingin menyasar pengguna muda.

Baca Juga: Ini Dia Beberapa Model Jam Tangan Wanita Terbaru Yang Wajib Kamu Beli

Apa Saja Yang Ada Di OPPO A54?

Kita mulai dari desain dan body. OPPO benar-benar meningkatkan level desain dari lini seri A ponselnya di A54 ini. Hadir dengan ukuran yang tipis (hanya 8,4mm) dan ringan (hanya 192 gram) serta dua opsi warnanya, yaitu Starry Blue dan Crystal Black hadir dengan desain yang lebih stylish dari lini ponsel seri A sebelumnya. Hal ini membuat penampakan ponsel ini sekilas seperti OPPO Reno5 F. Sertifikasi IPX4 juga disematkan pada OPPO A54 sehingga membuat ponsel ini tahan cipratan air dan debu. Jadi tak perlu khawatir saat ketumpahan minuman atau saat diguyur hujan dan lupa ponsel masih ada di dalam saku celana.

Body OPPO A54
Body Belakang OPPO A54 yang Stylish

Body ponsel dengan desain yang stylish dipadukan dengan layar “Super” bertipe single punch-hole berukuran 6,51 inci dengan resolusi HD+ dan didukung oleh teknologi Smart Sunlight Screen serta Moonlight Screen. Teknologi yang mampu dengan sendiri mengatur kecerahan layar saat digunakan di dalam maupun di luar ruangan yang diatur pada rentang kecerahan mulai dari 2 nits hingga 550 nits. Tidak itu saja, OPPO juga menyematkan fitur Eye Comfort untuk melindungi Kesehatan mata penggunanya. Kombinasi teknolo dan fitur di layar ponsel ini membuat pengguna lebih nyaman saat menggunakan ponsel. Teknologi dan fitur layar tersebut sebelumnya diperkenalkan di OPPO Reno5 F.

Beralih ke dapur pacu. OPPO A54 ditenagai prosesor octa-core MediaTek Helio P35, prosesor ponsel yang dikenal cukup kencang di kelasnya dan ungul dalam hal kecerdasan buatan serta memiliki kemampuan pengaturan daya yang baik. Performa prosesor ini akan semakin baik karena bersanding dengan 4GB RAM LPDDR4X yang memiliki peningkatan performa puncak 10% lebih tinggi dibandingkan dengan teknologi RAM sebelumnya. Dapur pacu ini bersinergi menjalankan system operasi ColorOS 7.2 yang berbasis Android 10.

RAM-nya kok 4GB? Kecil amat?! Tenang, dari informasi yang saya dapat OPPO menyematkan teknologi Oswap yang merupakan kombinasi Z-ram dan landswap speeding technologies. Teknologi ini dapat memanfaatkan ruang penyimpanan yang tersedia untuk meningkatkan kecepatan sistem. Dengan cara ini, RAM 4GB dapat bekerja layaknya RAM 6GB.

Tak perlu khawatir pada kapasitas ruang penyimpanan yang umumnya cukup kecil untuk ponsel kelas entry level. OPPO A54 hadir dengan kapasitas media penyimpanan sebesar 128GB dan mendukung penggunaan microSD hingga 256GB dengan dedicated slot yang berarti tidak mengganggu penggunaan slot dual sim di ponsel ini.

Dapur pacu yang gegas di OPPO A54 mendapatkan suplai daya dari baterai berkapasitas 5.000 mAh  yang konektor Type C untuk input daya. Meskipun belum mendukung pengisian daya cepat, kapasitas baterai besar di ponsel ini diklaim sanggup bertahan lebih kurang 2 hari. Menurut saya ini sudah lebih dari cukup mengingat harga yang dibandrol juga cukup terjangkau, belum lagi kita juga akan mendapatkan fitur Optimized Night Charging yang mencegah terjadinya overcharge saat diisi daya semalaman.

Konfigurasi kamera di OPPO A54

OPPO A54 hadir dengan konfigurasi Triple Main Camera di bagian belakang dengan komposisi kamera utama beresolusi 13MP, 2MP kamera makro dan 2MP kamera untuk efek bokeh serta dilengkapi berbagai fitur menarik untuk mengoptimalkan performa kamera. Yang menarik, kemera depan yang mengisi ruang punch-hole di layar depan memiliki resolusi lebih besar dari kamera utama ponsel ini, yakni 16MP plus dilengkapi AI untuk menyesuaikan warna kulit dengan kondisi cahaya di sekitar. Jelas ini membuat hasil jepretan swa foto akan lebih baik lagi. Bukan ponsel OPPO lah jika tak sanggup menghasilkan kualitas foto selfie yang jempolan.

Kesimpulan

Dengan bandrol harga Rp 2.699.000,-, apa yang ditawarkan oleh OPPO A54 ini menurut saya sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan mendasar penggunaan ponsel, seperti daring, bersosial media serta aktivitas online lain. Untuk game pun, meskipun prosesor MediaTek Helio P35 bukan seri terbaru, namun terbukti mampu digeber untuk menjalankan beberapa game populer seperti Mobile Legend, PUBG Mobile dan Call of Duty. Tentunya dengan kualitas grafis standar.

Bagi sampeyan yang suka berswa foto, jelas OPPO A54 menjadi ponsel yang sangat pas untuk mendukung aktivitas tersebut. Kamera belakang juga cukup lumayan untuk mengabadikan momen tertentu dan dukungan beberapa fiturnya juga membuat foto yang ditangkap layak untuk diunggah dan dipamerkan di media sosial.

Bagaimana? Tertarik dengan Oppo A54? Atau masih ada hal lain yang ditanyakan? Beri tahu saya dengan menuliskan uneg-uneg dan petanyaan sampeyan di kolom komentar.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini