Beranda Tips & Trik Cara Buat PDF di Microsoft Word

Cara Buat PDF di Microsoft Word

Seperti namanya, Portable Document Format atau yang biasa kita kenal dengan nama PDF merupakan sebuah format file yang dapat dengan mudah dibagikan tanpa perlu khawatir dengan masalah kompatibilitas. Selain itu, alasan keamanan data dan perlindungan pada plagiarisme menjadi konsen lain kenapa memilih format PDF ketika membagikan sebuah berkas dokumen.

Nah pada kesempatan posting kali ini saya ingin membagikan kepada sampeyan semua cara paling mudah untuk mengubah sebuah berkas dokumen menjadi PDF dengan memanfaatkan aplikasi yang sering kita gunakan sehar-hari, Microsoft Word.

Baca Juga: Cara Ubah Ukuran Slide di Powerpoint

Sebenarnya ada cukup banyak aplikasi dari pihak ke-3 yang menawarkan fungsi mengubah atau convert file ke PDF. Namun semuanya mengharuskan kita untuk mengunduh dan menginstall aplikasi terlebih dahulu ke laptop atau PC yang kita gunakan. Daripada ribet, lebih baik pakai aplikasi Microsoft Word, aplikasi sejuta umat dan wajib ada dalam sebuah perangkat laptop atau PC.

Berikut ini langkah-langkah mengubah sebuah berkas dokumen ke PDF dengan menggunakan Microsoft Word.

Menggunakan fitur Save As

Cara pertama untuk membuat file PDF dari dokumen Word yang kita miliki adalah dengan memanfaatkan fitur atau fungsi Save As yang ada di Microsoft Word. Ya dengan fungsi Save As ini kita dapat mengubah dokumen yang kita buat menjadi berbagai macam jenis file, salah satunya menjadi file PDF.

Berikut tahapan membuat PDF dengan fungsi Save As di Microsoft Word.

Pertama, buat atau buka dokumen Word yang ingin kita jadikan PDF. Setelah dokumen sudah siap, gulir dan pilih File > Save As.

Di jendela Save As gulir dan klik drop down di bagaian Save as type. Pilih PDF. Jangan lupa beri nama file yang akan disimpan. Jika kita menggunakan Microsoft Office 2016 atau yang terbaru, kita harus pilih lokasi drive atau folder di mana akan kita simpan file PDF terlebih dahulu kemudian kita pilih More Options untuk memunjulkan jendela atau dialog box Save As tersebut.

Setelah klik Save, dokumen akan tersimpan dalam format PDF.

Menggunakan fungsi Export

Selain menggunakan fitur atau fungsi Save As, ada cara lain yang bisa kita gunakan untuk membuat file PDF di Microsoft Word, yakni dengan menggunakan fungsi Export.

Langkah-langkahnya hampir sama dengan membuat file PDF menggunakan fitur Save As. Setelah dokumen terbuka atau dibuat, kita hanya perlu bergulir dan pilih File > Export.

Di halaman Export yang muncul, kita tinggal pilih Create PDF/XPS Document > Create PDF/XPS.

Di dialox box atau jendela yang muncul, isikan nama file yang akan disimpan dan pastikan pada bagian Save as type kita pilih PDF. Klik Publish dan file PDF sudah jadi.

Bagaimana? Mudah bukan cara buat file PDF di Microsoft Word? Untuk menambahkan pengaturan lebih lanjut file PDF yang kita buat di MS Word akan saya bagikan dipostingan berbeda. (FRE)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Exit mobile version