Cara Ubah Ukuran Slide di Powerpoint

0
Tips Trik Powerpoint

Banyak di antara kita yang tidak menyadari bahwa di aplikasi Microsoft Powerpoint kita dapat mengubah ukuran slide sesuai dengan preferensi kita. Sebagaian besar pengguna Powerpoint tanpa ba bi bu langsung saja memakai canvas slide sesuai ukuran standar yang ada. Nah, dipostingan kali ini saya ingin berbagi bagaimana cara mengubah ukuran slide di Powerpoint. Misal kita ingin membuat presentasi yang ukuran atau desainnya berbeda dari biasanya.

Powerpoint hadir dengan dua ukuran slide standar. Yang pertama, slide dengan rasio ukuran 4:3, ini merupakan rasio ukuran slide yang bagus jika kita menggunakan perangkat keras yang lebih lama (belum medukung tampilan wide screen) untuk mempresentasikan. Ukuran yang kedua memiliki rasio 16:9, rasio ukuran yang lazim dikenal sebagai rasio ukuran untuk layar wide screen. Jika kita berencana untuk menyajikan presentasi PowerPoint menggunakan proyektor atau layar yang modern dan sudah mendukung mode wide screen, maka ukuran slide 16:9 bisa jadi pilihan yang pas.

Baca Juga: Caraku Optimalkan Internet untuk Bantu Rencanakan Liburan

Untuk versi Powerpoint terbaru (mulai Office 2013), secara default PowerPoint akan menggunakan ukuran slide dengan rasio 16:9. Apabila dalam kasus tertentu mungkin perlu mencetak slide di kertas A4 atau A3 penuh, kita perlu menggunakan ukuran slide khusus, diluar opsi ukuran standar yang ada.

Untungnya Microsoft membuat keperluan pengaturan ukuran slide di Powerpoint ini menjadi mudah. Hal pertama yang harus kita lakukan adalah membuka aplikasi Microsoft Powerpoint, kemudian pindah ke tab Design yang ada di bagian ribbon bar

Pada bagaian “Customize” yang ada di tab Design, klik tombol Slide Size. Setelah itu kita akan melihat dua ukuran slide standar Powerpoint di drop-down menu yang muncul. Kita bisa memilih di antara dua rasio ukuran yang ada, 16:9 atau 4:3 untuk mengubah semua ukuran slide dokumen Powerpoint kita.

Slide Size Option Powerpoint

Sayangnya, kita tidak dapat membuat ukuran slide yang berbeda dalam satu dokumen Powerpoint. Pengaturan ukuran yang kita pilih akan diterapkan untuk semua halaman slide yang ada dalam satu dokumen tersebut.

Mengubah Ukuran Slide Powerpoint Sesuai Ukurang yang Kita Inginkan

Jika kita merasa kurang pas dengan ukuran standar slide Powerpoint yang ada, kita dapat mengubahnya dan menentukan ukurannya sesuai preferensi ukuran yang ingin kita pakai. Untuk melakukan ubahan ini, kita cukup bergulir ke tab Design > Slide Size > Custom Slide Size untuk membuka jendela dialog opsi pengaturan ukuran.

Custom Slide Size Powerpoint

Di jendela dialog opsi pengaturan slide yang muncul terdapat preset ukuran slide yang bisa kita pilih, seperti ukuran A4, A3, B4 dan lain-lain. Pilih salah satu preset yang ada atau kita dapat menentukan berapa panjang dan lebar ukuran slide dengan mengisikannya di box isian Width untuk lebar dan Height untuk tinggi slide. Setelah selesai mengisikan ukuran slide, klik tombol OK untuk menyimpan.

Ukuran Slide Powerpoint

Apabila kita membuat ukuran yang lebih kecil dari ukuran sebelumnya atau ukuran slide standar, akan muncul jendela dialog untuk melakukan penyesuaian bagaimana konten yang ada di slide akan disesuaikan. Pilih “Maximize” jika kita ingin konten slide tetap pada skala yang sama, tetapi dengan risiko beberapa konten dapat terpotong. Atau, pilih “Ensure Fit” untuk memperkecil ukuran konten slide agar sesuai dengan ukuran slide baru tanpa kehilangan konten apa pun.

Penyesuaian Konten Slide PPT

Setelah disimpan, ukuran slide kustom yang kita pilih akan segera diterapkan ke semua slide, dengan konten slide diubah ukurannya atau dipotong agar sesuai. (fre)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini