Beranda Teknologi Internet Ingin Jadi Youtuber? Begini Cara Membuat Channel YouTube

Ingin Jadi Youtuber? Begini Cara Membuat Channel YouTube

Saat ini banyak orang yang membuat channel YouTube. Selain karena hobi atau sekadar ingin berkreasi, channel YouTube juga dapat dijadikan sebagai sumber penghasilan. Tentunya konten video yang di upload harus menarik supaya memiliki jumlah like, viewer dan subscriber yang banyak. 

Hal pertama yang harus kamu lakukan ketika ingin menjadi YouTuber adalah dengan membuat channel YouTube itu sendiri. Sebenarnya membuat channel YouTube ini tidak sulit, kamu hanya perlu sebuah akun Gmail. Mudah bukan? 

Baca Juga: 5 Alat Vlog yang Wajib Dimiliki Vlogger Pemula, Sudah Punya?

Tapi bagaimana sih langkah-langkahnya? Dan apa yang harus diisi sampai bisa menjadi sebuah Channel YouTube yang bisa dipakai untuk upload video dan bisa menghasilkan? Yuk simak tutorial atau cara membuat channel YouTube di bawah ini.

Cara Membuat Channel YouTube di HP 

1. Memiliki Akun Gmail

Syarat pertama yang harus kamu penuhi sebelum membuat channel YouTube, kamu diharuskan untuk memiliki akun Google atau Gmail. Hal ini tidak terlepas dari YouTube merupakan kepunyaan Google, dan Google sendiri memang mengusung konsep satu akun untuk banyak layanan yang dihadirkannya, salah satunya YouTube. 

Jadi, kalau kamu ingin membuat channel YouTube, pastikan sudah punya akun Google atau Gmail terlebih dahulu ya. Jika belum, kamu bisa cari cara buat akun Gmail, karena sangat mudah bisa kamu buat dengan smartphone milikmu.

2. Download dan Install Aplikasi YouTube

Apabila di smartphone kamu belum ada aplikasi YouTube, maka kamu dapat mendownload terlebih dahulu. Untuk HP android dapat mendownload melalui Google Play Store sedangkan HP iPhone dapat mendownload melalui App Store. Setelah berhasil di-download, install aplikasi tersebut dan langsung saja buka aplikasi YouTube-nya.

3. Login akun Google di YouTube

Setelah aplikasi YouTube tersedia di HP, buka aplikasi tersebut. Kemudian login dengan menggunakan akun Gmail. Masukkan alamat email dan juga password yang benar di kolom yang tersedia. 

4. Membuat Channel YouTube

Apabila sudah berhasil login, tap ikon profile lalu masuk ke menu pengaturan akun. Pilih channel saya dan aplikasi akan meminta pengguna untuk menentukan nama channel YouTube yang ingin dibuat. Setelah itu tap buat channel. Selamat, channel YouTube milikmu telah berhasil dibuat.

Mudah bukan cara membuat channel YouTube? Untuk mengatur tampilan channel YouTube agar lebih menarik, ketuk ikon gear untuk melakukan kustomisasi tampilan. Di sini kamu bisa mengganti foto profil, banner dan jangan lupa untuk membuat deskripsi. Setelah selesai, ketuk tombol back dan channel YouTube berhasil di kustomisasi.

Di atas merupakan langkah-langkah membuat channel YouTube melalui HP yang bisa kamu lakukan. Nah, kalau membuat channel YouTube melalui Laptop atau Komputer gimana ya tutorialnya? Yuk simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Tutorial Membuat Channel YouTube di Laptop/PC

1. Buka  Situs YouTube

Sebelum membuat channel YouTube, pengguna harus memiliki akun Gmail terlebih dahulu. Setelah itu buka browser yang ada di laptop dan akses www.youtube.com. Jangan lupa sign in dengan akun Gmail bagi yang belum pernah login sebelumnya. 

2. Login Akun Gmail

Setelah berhasil membuka situs YouTube melalui browser. Langkah selanjutnya yaitu melakukan login menggunakan akun Gmail yang dimiliki. 

3. Memilih Ikon YouTube 

Setelah berhasil login Kamu bisa mengakses menu profil YouTube yang ada di sebelah kanan layar. Untuk membuat channel YouTube langsung saja klik ikon profil  yang ada di sebelah kanan lalu pilih menu settings. 

4. Buat Channel Baru  

Langkah selanjutnya klik tab accounts dan pilih menu create a new channel. Setelah itu pengguna diminta untuk menentukan nama channel YouTube yang ingin dibuat, lalu pilih opsi create channel.

5. Masukkan Nama Channel YouTube Kamu 

Langkah berikutnya Kamu akan dimintai nama untuk channel YouTube yang baru daja dibuat. Jika sudah memberi nama langsung saja klik Create Channel. 

6. Atur Tampilan Channel Kamu 

Sampai tahap ini, channel YouTube telah selesai dibuat. Namun untuk mempercantik tampilannya, maka pengguna perlu melakukan permak dengan cara klik customize channel. Di sini pengguna perlu menambahkan foto profil dan banner dengan deskripsi tentang channel YouTube tersebut. Apabila channel YouTube sudah cukup apik, maka klik simpan. Lalu tinggal di isi dengan konten video yang menarik dan bermanfaat. 

Itulah 2 cara membuat channel YouTube yang bisa kamu praktekkan sebagai langkah awal jika ingin menjadi YouTuber. Untuk menjadi YouTuber yang sukses dan banyak penghasilan, selanjutnya kamu tinggal menentukan apa program atau niche yang akan kamu buat dalam video-videomu, dan membuat konten-konten yang berkualitas.

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Exit mobile version