Tertarik Mendengarkan Podcast, Dari Mana Sampeyan Harus Mulai?

41
Memulai Mendengarkan Podcast

Podcast sebenarnya teknologi lama yang masih bertahan dengan cara yang unik. Di tahun 2005 banyak perusahaan yang ingin mendaftarkan paten dengan podcast, tetapi semua ditolak oleh pemerintah Amerika Serikat. Di tahun 2006, Apple protes karena merasa produknya yaitu iPod ini disamakan dengan Podcast. Walaupun semua itu terlihat sederhana, tetapi percayalah hal remeh seperti di atas ternyata bisa mengangkat derajat podcast.

Di tahun 2017, The New York Times membuat podcast semakin diperhitungkan setelah mereka mengeluarkan The Daily, sebuah episode untuk merangkum berita harian. Sekarang sudah ada 750 ribu podcast aktif tersedia di internet dan ditargetkan di tahun 2024 bakal ada 2,2 miliar orang yang akan mendengarkan podcast setiap bulannya.

Baca Juga: Akhirnya Podcast Frenavit.com

Penasaran dengan podcast? Bagaimana cara mendengarkannya? Apa genre yang cocok untuk para pemula? Simak tips di bawah ini.

Pilih genre yang paling sampeyan sukai

Hal pertama yang harus sampeyan lakukan ketika tertarik mendengarkan podcast adalah memilih genre. Tidak seperti YouTube yang setiap videonya memuat gambar dan deskripsi yang sangat menarik podcast memiliki ciri khas yang berkebalikan. Terkadang beberapa podcast menarik tidak mempunyai thumbnail dan deskripsi yang informatif. Jadi tugas sampeyan memilih dulu topik yang ingin didengarkan.

Tips dari saya adalah jangan sekali-sekali mendengarkan podcast karena podcast tersebut sedang viral atau takut dianggap ketinggalan zaman. Podcast memiliki durasi yang cukup panjang, yaitu 20 menit sampai 1,5 jam. Ketika sampeyan bosan sedikit saja, mungkin itu terakhir kali sampeyan akan mendengarkan podcast.

Jangan terlalu percaya diri mendengarkan podcast bahasa Inggris

Hal penting selanjutnya adalah jangan terlau percaya diri untuk mendengarkan podcast berbahasa Inggris. Kenapa demikian? Di podcast berbahasa Inggris sebagian besar mereka akan berbicara dengan cepat, sehingga untuk sampeyan yang kurang fasih dalam berbahasa Inggris, dapat dipastikan akan bosan atau mendengarkan secara sia-sia karena tidak mudeng.

Walaupun demikian, jika sampeyan ingin belajar dan memperdalam kosakata bahasa Inggris, sampeyan bisa memilih episode yang memang untuk belajar bahasa Inggris. Cukup ketikkan “study English” atau “English short story”, sampeyan akan mendapatkan beberapa episode dengan pronunciation yang cukup jelas.

Rekomendasi podcast keren dan easy listening 

  • Podcast Raditya Dika

Rekomendasi podcast pertama adalah Podcast Raditya Dika atau biasa disingkat dengan PORD. Ini adalah sekumpulan video yang ada di YouTube kemudian diubah menjadi audio. Alasan pertama PORD ini keren adalah cara bertutur kata Raditya Dika sangatlah runtut, sampeyan tidak perlu berpikir terlalu keras ketika mendengarkan podcast ini. Kemudian Raditya Dika ini komika yang sangat lucu, tetapi tidak setiap menit sampeyan akan tertawa, Radtiya Dika sukses melakukan keseimbangan.

  • Makna Talks

Selanjutnya ada Makna Talks. Konsepnya mirip dengan PORD, tetapi Makna Talks ini lebih rapi dan terkonsep. Sampeyan akan melihat berbagai bintang tamu keren dengan cerita yang sangat unik di dalamnya. Ini adalah salah satu podcast yang cocok didengarkan di pagi sebelum memulai aktivitas atau sore hari.

  • TED Talks Daily

Salah satu podcast edisi bahasa Inggris dengan lafal yang sangat jelas adalah TED Talks Daily. Ini adalah kumpulan beberapa pembicara yang pernah hadir di TED Talks. Dari namanya mungkin pembicara kurang terkenal, tetapi mereka sangat ahli di bidangnya. Jangan kaget setiap minggunya sampeyan akan belajar sesuatu yang baru dan tidak terduga.

Tips terakhir adalah tidak perlu memilih platform untuk mendengarkan podcast. Sampeyan bisa memilih Spotify, Apple Podcast, atau Google Podcast. Semua fitur dan episode semuanya sama, tetapi ada satu yang penting yaitu kamu bisa nyaman dan tidak terganggu ketika mendengarkan podcast.

Semoga artikel di atas bisa membantu sampeyan untuk menjelajah dunia podcast untuk pertama kalinya. (D/F)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini