Kemajuan teknologi yang semakin berkembang saat ini membuat banyak orang bisa mengekspresikan dirinya sendiri dengan berbagai cara yang lebih luas. Misalnya dengan membuat video vlog. Sekarang ini, vlog menjadi salah satu kegiatan yang bisa menghasilkan pundi-pundi uang dengan cara menguploadnya di aplikasi YouTube. Maka tak heran, jika saat ini banyak berbagai kalangan yang berlomba-lomba untuk membuat vlog dengan berbagai konsep yang mereka inginkan.

Nah, kalau sampeyan tertarik juga buat bikin vlog. Dalam posting kali ini saya ingin berbagi info ke sampeyan beberapa alat vlog yang wajib dimiliki untuk memulai menjadi vlogger. Apa saja alatnya? Simak dibawah ini,

Baca Juga: 4 Item yang Harus Dimiliki untuk Memulai Smart Home

Kamera

kemara untuk vlogger pemula

Untuk merekam video vlog tentunya sampeyan membutuhkan sebuah kamera. Buat para vlogger pemula, mungkin sampeyan bisa mengandalkan kamera dari smartphone sampeyan buat nge-vlog. Tapi, pastikan ponsel yang dipakai tersebut mempunyai spesifikasi kamera yang ciamik buat mereka video. Namun kalau sampeyan punya budget lebih untuk beli kamera, sampeyan bisa memilih untuk membeli kamera mirrorless, DSLR ataupun action camera untuk merekam kegiatan vlog sampeyan nanti. Intinya, sesuaikan dengan budget yang sampeyan punya, ya! Sehingga tidak akan membebankan pengeluaran sampeyan nantinya.

Tripod

tripod untuk vlogger pemula

Setelah mempunyai kamera, lantas siapa yang bakal merekam video vlog-nya buat sampeyan? Karena baru pemula, sampeyan mungkin belum punya rekan untuk membantu membuat video. Maka dari itu, Tripod sangat dibutuhkan buat kegiatan vlog sampeyan. Menggunakan tripod sebagai penyangga kamera juga akan membantu pengambilan gambar jadi lebih stabil. Untuk pemilihan tripod-nya juga perlu sampeyan sesuaikan dengan konsep video yang akan sampeyan buat, lho. Karena tripod memiliki banyak ukuran dan jenis sehingga hal ini perlu dipertimbangkan dengan baik.

Mic Eksternal

mic eksternal untuk vlogger

Meski di kamera digital sudah terdapat mikrofon internal, akan tetapi kualitas audionya pun terkadang tidak begitu memuaskan. Apalagi kalau sampeyan nge-vlog-nya di tempat yang banyak orang, bukan tidak mungkin suara yang dihasilkannya pun tidak terdengar jelas. Untuk itu, alat perekam suara sangatlah diperlukan agar suara yang dihasilkannya bisa terdengar dengan baik dan detail. Jadi, jangan lupa siapkan alat vlog satu ini ya agar video vlog sampeyan lebih berkualitas dan profesional.

Lighting

lighting untuk ngevlog

Alat vlog satu ini juga tak kalah pentingnya bagi para vlogger pemula maupun handal, khususnya bagi sampeyan yang membuat video vlog di dalam ruangan yang cahayanya tidak mendukung buat bikin video. Pada situasi tersebut, diperlukan sebuah tambahan lighting buat merekam video yang berkualitas. So, sediakan aksesoris lighting atau flash untuk membantu memaksimalkan pencahayaan ketika pengambilan video, ya. Dengan kualitas video yang lebih baik, maka bisa menggaet penonton dengan lebih mudah, bukan?

Laptop atau Komputer

lamptop editing vlog

Jika suara dan gambar sudah terekam dengan baik di kamera, maka langkah berikutnya sebelum mempublikasikan video vlog adalah editing. Buat mengedit video, sampeyan tentu membutuhkan sebuah komputer atau laptop. Pilihlah komputer atau laptop yang punya spesifikasi yang mumpuni sehingga proses rendering dan editing videonya bisa lebih cepat. Dalam hal mengedit, sampeyan juga perlu menginstall software edit video yang sampeyan kuasai buat mengedit video mentah menjadi sebuah video yang keren.

Itulah 5 alat vlog yang wajib dimiliki para vlogger pemula. Setelah menyimak artikel diatas, kira-kira alat vlog mana yang belum sampeyan punya?

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini