memulai smart home

Apakah sampeyan tahu bahwa smart home sebenarnya sudah dipasang di seluruh rumah di dunia bahkan di Indonesia? Yup, ketika sampeyan memasang saklar yang bisa menghidupkan satu atau beberapa lampu sekaligus, sebenarnya itu sudah masuk kriteria smart home, tetapi itu di tahun 80an. Di tahun 2000an, definisi smart home mulai sedikit bergeser ke era digital, yaitu sistem di rumah atau apartemen yang semua perangkat dan perabotan bisa dikendalikan jarak jauh secara otomatis.

Manfaat dari smart home sangat banyak, sampeyan bisa lebih hemat energi, penggunaan perangkat rumah bisa lebih efisien, tingkat keamanan juga cukup tinggi, dan mungkin sampeyan bisa terlihat lebih keren. Lalu bagaimana caranya sampeyan memulai mengubah rumah menjadi rumah yang pintar atau smart home. Tenang saya punya solusinya, yaitu cicil dengan membeli 4 peralatan smart home di bawah ini. Cuss.

Smart lamp

Selamat tinggal lampu tidur yang menempel redup di colokan. Sekarang ada smart lamp alias lampu pintar yang daya terangnya bisa sampeyan redupkan atau terangkan dalam sekejap. Sekitar 3-4 tahun yang lalu, harga dari smart lamp bisa dibilang cukup mahal, tetapi sekarang sangat berbeda. Brand asal Tiongkok mengeluarkan smart lamp dengan harga sangat terjangkau dan kualitas sangat tinggi.

Dengan smart lamp, sampeyan bisa mengatur tingkat pencahayaan, menjadwal nyala dan mati lampu, sampai menyesuaikan warna lampu. Jadi ketika bepergian dalam waktu yang lama, cukup atur jadwal lampu dan buat mulai menyala di sore hari dan mati di pagi hari. Harga dari smart lamp ini paling murah 150 ribu rupiah di toko online.

Baca Juga: Bagaimana Goodreads Membantu Mewujudkan Resolusi Membaca Kamu

Smart plug

Barang kedua yang akan membuat rumah sampeyan lebih pintar adalah smart plug. Jadi ini adalah colokan yang bisa sampeyan atur arus listrik, penjadwalan, sampai melihat berapa penggunaan listrik. Jadi sampeyan tinggal colok smart plug, lalu atur penggunaan colokan di saat sampeyan tidur atau bepergian, ini akan membuat pemakaian listrik menjadi lebih hemat. Harga termurah dari smart plug adalah 200 ribu rupiah.

Smart CCTV

Selanjutnya adalah CCTV. Sekarang sudah tidak musim lagi melakukan pemasangan CCTV dengan harga jutaan rupiah, belum lagi sampeyan harus menyiapkan kabel dan juga tempat untuk server. Dengan smart CCTV, sampeyan cukup menyiapkan kabel colokan saja dan kamera CCTV siap online 24 jam. Sekarang dengan harga smart CCTV termurah yaitu 200 ribu, sampeyan bisa mempunyai CCTV dengan kualitas HD 1080p, merekam suara, dan bisa digerakkan sesuai keinginan.

Bagi yang insecure dengan ruangan kantor atau halaman, sampeyan bisa memasang satu smart CCTV untuk memantau. Kelemahan dari smart CCTV ini adalah sampeyan harus menyiapkan memory card dalam kapasitas besar karena untuk menyimpan gambar HD membutuhkan storage yang cukup besar.

Smart speaker 

Untuk melengkapi semua kebutuhan di atas, sampeyan harus mempunyai smart speaker. Dengan smart speaker, sampeyan bisa mengatur seluruh smart home hanya dengan suara. Datang ke rumah, cukup berbicara dengan smart speaker untuk menyalakan lampu, mulai charge, atau melihat kondisi rumah melalui CCTV. Agar optimal, sampeyan bisa membeli smart speaker milik Google atau Amazon dengan harga mulai 500 ribu rupiah. Dengan harga tersebut, sudah sebanding dengan kualitasnya.

Apakah cukup dengan 4 barang di atas? Untuk pemula, tentu itu lebih dari cukup. Jika sampeyan sudah advance dan ingin mencoba sensasi lain, sampeyan bisa memilih smart home security, mulai dari door lock sampai penutup korden otomatis. Tertarik? (D/F)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini