Memanfaatkan Review pada Google Maps untuk Orang Awam

99
Google-Maps-Reviews

Sekitar tahun 2016, Google memperkenalkan Google Local Guides yaitu fitur yang mengizinkan para pengguna untuk memberikan review di seluruh tempat yang ada di dunia, termasuk Indonesia. Sebelumnya Google juga sudah meresmikan layanan foto panorama di tahun 2014, kalau sampeyan pernah melihat mobil Google dengan kamera sangat besar, itu adalah layanan foto panorama.

Baca Juga: Sedikit Tips Sebelum Bepergian Jauh Menggunakan Bus

Berkat pengguna yang tergabung dalam komunitas Google Local Guides, sekarang sampeyan bisa melihat review dari hampir seluruh tempat di Indonesia. Contoh, ketika sampeyan ingin mencari ATM, tinggal search “ATM BCA” atau “ATM Bank Jatim”. Kemudian sampeyan tinggal search, “kedai kopi” maka akan muncul ratusan kedai kopi yang tersebar di sekitar kita lengkap dengan ulasannya.

Nah di posting kali ini, saya akan mencoba membedah cara memanfaatkan review yang ada pada Google Maps. Konon katanya, review yang ada di Google Maps ini lebih jujur daripada yang ada di aplikasi media sosial makanan/minuman.

Manfaatkan untuk melihat harga

Salah satu manfaat pertama dan mungkin sangat penting adalah review pada Google Maps ini sangat cocok untuk melihat range harga. Bahkan jika sampeyan beruntung, di halaman bisnis beberapa tempat ini terdapat lampiran foto menu dengan resolusi yang sangat tinggi. Jadi sampeyan bisa mencocokkan harga terlebih dahulu sebelum datang ke tempat.

Lalu muncul pertanyaan, apakah harga yang dituliskan ini relevan? Sayangnya, Google tidak bisa membatasi hal tersebut. Tetapi fitur komentar yang ada pada review ini sangat membantu untuk filter. Misalnya ada yang bertanya tiket masuk ke Kebun Binatang Surabaya, jika ada yang menjawab harga tiket yang berbeda, maka Local Guides yang lain akan berusaha membenarkan.

Pelajari spot khusus

Manfaat selanjutnya adalah, review pada Google Maps bisa sampeyan gunakan untuk mempelajari spot-spot khusus. Mungkin sampeyan bisa mengetahui spot khusus di dalam sebuah artikel, tetapi melalui review di Google Maps, sampeyan bisa membaca rangkuman yang sangat padat. Walaupun Google tidak memberikan batasan maksimal review, setidaknya ada 3-4 review yang bakal sangat membantu.

Dengan begini, sebelum sampeyan datang ke tempat wisata ataupun tempat makanan, sampeyan bisa mengetahui beberapa tempat spesial atau bahkan menu spesial. Istilahnya, sampeyan sudah melakukan survey tanpa perlu datang terlebih dahulu.

Membantu menyadarkan bahwa tidak semuanya terlihat bagus

Manfaat ketiga ini tidak kalah pentingnya, yaitu sampeyan bakal tersadarkan bahwa tidak semua tempat bagus. Mungkin sampeyan pernah tahu tempat yang viral di internet kemudian penasaran ingin mencobanya. Nah melalui fitur review pada Google Maps, sampeyan bakal mengetahui apakah sebenarnya tempat ini worth it atau tidak untuk dikunjungi.

Beberapa pantai baru terkadang mempunyai view yang indah, tetapi review pada Google mengatakan bahwa view yang bagus hanya datang pada saat musim kemarau saja misalnya. Atau ada tempat wisata baru menawarkan wahana yang sangat menarik, kemudian review mengatakan bahwa tempat ini tidak direkomendasikan jika datang saat weekend. Review pada Google Maps akan sangat membantu untuk menjadi alat pertimbangan.

Itulah tiga manfaat dasar yang bisa sampeyan dapatkan dengan memanfatakan review yang ada pada Google Maps. Jika sudah mahir dengan Google Maps, sampeyan bisa menggabungkan seluruh fitur yang ada. Misalnya membagi estimasi waktu, melaporkan jika ada review yang salah, atau bahkan menulis review sendiri. Semoga liburan sampeyan menyenangkan! (D/F)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini