Google Sharing Location

Google+ sempat menjadi media sosial nomor satu milik Google, sayang di bulan April 2019 kemarin Google secara resmi menghentikan layanan. Salah satu layanan terbaik dari Google+ adalah Location Sharing, karena penggunaanya sangat mudah dan tergolong simple. Nah di tahun 2017, sebelum Google memutus Google+ secara resmi, mereka mengganti Location Sharing ke Google Maps. Pertanyaan muncul, apakah semua orang tahu? Bahkan apakah sampeyan sendiri tahu?

Baca Juga: INDOXXI Tutup, Ini 4 Cara Nonton Film Legal dengan Budget Semurah Mungkin

Mungkin sampeyan sudah familiar dengan Location Sharing, karena WhatsApp sudah mulai memperkenalkan share location di tahun 2016. Nah di posting kali ini saya tidak membahas bagaimana caranya share location dengan durasi 2 jam atau 1 hari, tetapi bagaimana caranya mengaktifkan Location Sharing di Google Maps selamanya. Penasaran? Berikut ini caranya!

Buka aplikasi Google Maps di smartphone

Hal pertama yang bisa sampeyan lakukan adalah mempunyai aplikasi Google Maps, karena untuk mengaktifkan Location Sharing ini tidak bisa melalui versi desktop Google Maps. Nah setelah itu, ikuti petunjuk di bawah ini:

  • Buka aplikasi Google Maps dan klik menu di kiri atas, pilih Location Sharing.
  • Pilih ”Get Started” atau klik logo +people di kanan atas
  • Kemudian akan muncul 2 jenis Location Sharing yang bisa dipilih, pertama adalah sesuai durasi dan yang kedua selamanya.
Cara Aktifkan Location Sharing Google (Klik untuk perbesar gambar)

Tutorial akan berhenti sementara sampai di sini, karena untuk mengaktifkan Location Sharing selamanya akun kontak harus tersambung dengan email. Selain itu, pastikan emailnya adalah gmail dan bukan G Suite Domain.

Untuk menyambungkan kontak dengan email, cukup dengan mengedit kontak dan tambahkan email. Jika sudah, lanjutkan ke tahap selanjutnya.

  • Setelah itu pilih kontak yang ingin sampeyan hubungkan, jika sudah maka akan muncul konfirmasi ke email yang bersangkutan bahwa sampeyan ingin terhubung. Tekan “Confirm” untuk tersambung.
  • Jika sudah terhubung, akan ada pilihan lagi, apakah sampeyan juga ingin tersambung Location Sharing atau tidak. Jika sampeyan pilih tidak, maka lokasi sampeyan tidak akan terlihat di maps kontak yang telah disambungkan.
  • Voila! Sekarang sampeyan bisa melihat lokasi secara real time selamanya.

Tips menggunakan Location Sharing

Selain bagaimana cara mengaktifkan fitur location sharing selamanya, di postingan ini saya juga akan memberikan beberapa tips bagaimana menggunakan Location Sharing dari Google Maps. Simak ya!

  • Location Sharing dari Google Maps ini cukup annoying, karena jika sampeyan membuka Google Maps, maka akan muncul lokasi kontak yang terhubung dalam bentuk gambar profil. Jadi untuk menghilangkan lokasi dan gambar profil, Google Maps mempunyai fitur Hide From Map. Caranya masuk ke Location Sharing di Google Maps, kemudian klik gambar profil yang ada di maps. Lalu klik “Titik Tiga” di sebelah kanan dan klik “Hide from map”.
  • Untuk memunculkan kembali, cukup klik “Titik Tiga” di kanan atas pada fitur Location Sharing. Pilih “Hidden from map”, lalu klik gambar profil yang ingin sampeyan munculkan.
  • Untuk sampeyan yang ingin menjadi detektif atau ingin menyambungkan seluruh keluarga di dalam Location Sharing. Pertama sambungkan dulu semua kontak ke email, kemudian ikuti cara di atas untuk menghubungkan. Setelah itu, keluarga sampeyan tidak perlu mengaktifkan fitur ini, jadi mereka tidak akan tahu bahwa smartphone mereka terhubung dengan sampeyan.

Fitur location sharing ini sebenarnya diperuntukkan kepada keluarga yang ingin memantau lokasi keluarganya. Jadi, jangan dimanfaatkan untuk hal yang tidak baik ya! Selamat mencoba! (D/F)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini