WhatsApp

Melalui blog resminya, WhatsApp (WA) baru saja mengumumkan kehadiran fitur keamanan terbarunya, fitur Fingerprint Lock untuk WhatsApp di Android. Sebelumnya, fitur keamanan serupa sudah hadir lebih dulu untuk pengguna iOS awal tahun ini. Yang membedakan, selain menggunakan sidik jari atau Touch ID pengguna WhatsApp di iOS juga bisa mengunci aplikasi WhatsApp dengan Face ID. Fitur Fingerprint lock WhatsApp ini hadir di pembaruan terbaru WA versi 2.19.308.

Nah pada kesempatan kali ini, saya ingin membagikan ke sampeyan bagaimana cara untuk megaktifkan fitur Fingerprint Lock WhatsApp di Android. Berikut ini caranya!

  1. Pertama-tama, pastikan sampeyan sudah update atau memperbarui aplikasi WhatsApp dulu.
  2. Setelah aplikasi WA terbuka, masuk ke Settings/Pengaturan dengan tap titik tiga yang ada di kanan atas jendela WA.
  3. Tap Account/Akun di jendela pengaturan yang muncul.
  4. Pilih Privacy/Privasi.
  5. Pilih Fingerprint lock yang ada di bagaian paling bawah pengaturan privasi.
  6. Gulir switch yang ada di bagaian Unlock With fingerprint.
  7. Tempelkan jari sampeyan pada sensor sidik jari pada ponsel saat muncul pop-up Confirm fingerprint/Kondirmasi fingerprint.
  8. Selamat fitur penguncian aplikasi WhatsApp telah aktif.
Cara-Aktifkan-Fingerprint-Lock-WA
Tahapan cara mengaktifkan fitur Fingerprint Lock di WhatsApp untuk Android. (Klik untuk perbesar gambar!)

Sampeyan bisa juga mengatur durasi waktu kapan fitur penguncian aktif. Terdapat tiga pilihan yakni segera, setelah 1 menit, dan setelah 30 menit. Pengaturan ini ada dan bisa sampeyan akses di jendela Fingerprint lock setelah sampeyan mengaktifkan fitur tersebut.

Baca Juga: Cara Berhenti Mendapatkan Status Menyebalkan Tanpa Memutus Pertemanan di Facebook

Oke, itu tadi cara mengunci aplikasi WhatsApp di Android dengan memanfaatkan fitur Fingerprint Lock. Menurut saya, fitur ini cukup berguna untuk menjaga privasi komunikasi kita di WhatsApp. Seperti kita tahu, terkadang ada orang-orang usil yang iseng membuka dan membaca percakapan kita di WhatsApp.

Semoga bermanfaat!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini