Google-Chrome-Desktop

Banyak yang tidak tahu bahwa peramban web Google Chrome memiliki cukup banyak fitur tersembunyi yang dapat membantu aktivitas kita. Nah pada postingan kali ini saya akan membagi cara bagaimana mengambil Screenshot atau SS halaman web di peramban Google Chrome tanpa tambahan aplikasi atau extension, cukup memanfaatkan fitur tersebunyi yang ada di Google Chrome.

Fitur yang memungkinkan kita untuk mengambil SS halaman sebuah web ini sebenarnya merupakan salah satu fitur yang ada di Developer Tools. Fitur ini memungkinkan kita mengambil screenshot sebuah halaman web tanpa perlu repot menginstall aplikasi atau extension di Chrome.

Untuk bisa menggunakan fitur tersembunyi ini caranya adalah, pertama buka aplikasi Google Chrome dan kunjungi halaman web yang mau sampeyan capture. Setelah halaman web terbuka sempurna, klik tiga titik yang ada di bagaian atas kanan jendela Chrome, gulir ke bawah dan pilih More Tools, setelah itu klik Developer tools. Sampeyan juga bisa dengan mudah mengakses panel Developer tools dengan menekan Ctrl+Shift+I untuk pengguna OS Windows atau Command+Shift+I untuk pengguna Mac OS.

Screenshot di Google Chrome

Baca Juga: Fitur Dark Mode Hadir di Chrome untuk Android, Berikut Ini Cara Mengaktifkannya!

Di panel Developer Tools yang muncul, klik 3 titik yang ada di pojok kanak atas panel, kemudian gulir ke bawah dan klik Run Command. Cara cepat, sampeyan bisa tekan Ctrl+Shift+P untuk OS Windows dan Command+Shift+P di Mac OS.

Cara Screenshot di Google Chrome

Di bagian command line yang muncul, ketik “Screenshot,” maka akan muncul 4 pilihan perintah screenshot. Untuk capture area tertentu dari sebuah halaman web, sampeyan bisa pilih “Capture area screenshoot.” Apabila ingin melakukan SS seluruh halaman website, pilih “Capture full-size screenshot.” Untuk sampeyan web developer yang ingin mengcaptur elemen HTML atau Node tertentu dari sebuah website, ssampeyan bisa menggunakan pilihan “Capture node screenshot.” Sementara pilihan “Capture screenshot” untuk capture tampilan web yang tampak atau aktif di browser.

Capture Web Google Chrome

Gambar SS akan otomatis tersimpan, namun jika muncul jendela untuk pilihan lokasi penyimpanan, kita cukup memilih destinasi folder untuk menyimpan file gambar tersebut, lalu klik “Save.”

Voila! Kini sampeyan sudah bisa melakukan capture halaman penuh sebuah web di peramban Google Chrome tanpa harus menginstall aplikasi tambahan terlebih dahulu. Selamat mencoba!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini