Travel-Tech

Meski bagi beberapa orang, aktifitas liburan terasa lebih asyik dan menantang dilakukan tanpa perlu perencanaan alias spontan, namun bagi saya pribadi liburan akan maksimal dan menjadi aktifitas menyenangkan jika benar-benar direncanakan dengan baik.  Banyak hal yang menurutku kenapa harus merencanakan dengan baik sebuah liburan, diantaranya dan yang paling penting adalah dengan perencanaan yang baik kita dapat memperkirakan budget yang dibutuhkan serta untuk penyusunan itinerary liburan yang optimal dan baik.

Tidak jarang perencanaan menjadi sesuatu yang dianggap berat dan buang-buang waktu, wal hasil hanya buat perencanaan sederhana atau bahkan tanpa perencanaan sama sekali. Padahal di era teknologi yang serba mudah ini kita dapat dengan mudah mengumpulkan informasi terkait wisata yang dapat digunakan untuk membuat sebuah perencanaan  dan itinerary liburan. Nah dipostingan kali ini saya ingin membagikan ke teman-teman semua bagaimana mengoptimalkan teknologi utamanya teknologi internet untuk membantu membuat perencanaan liburan.

Berikut ini hal-hal yang bisa sampeyan lakukan untuk membuat perencanaan liburan dengan mengoptimalkan keberadaan internet!

Optimalkan Mesin Pencarian Google untuk Mengumpulkan Informasi Wisata

Sebagaian besar dari kita pasti ingin melakukan liburan ke suatu tempat yang belum pernah dikunjungi sebelumnya. Karenanya, mengumpulkan berbagai informasi terkait kota atau daerah yang menjadi tujuan liburan adalah hal pertama yang harus sampeyan lakukan. Untuk memudahkan mengumpulkan informasi tersebut sampeyan bisa mengoptimalkan keberadaan mesin pencarian di internet untuk mencari berbagai informasi terkait. Mesin pencarian yang saya rekomendasikan adalah Google, kenapa? karena sampai saat ini Google masih menjadi mesin pencarian yang menyuguhkan data dan informasi yang paling lengkap dibandingkan mesin pencarian lain.

Pencarian-Google-Hotel-Terbaik

Berbagai informasi bisa sampeyan temukan di Google, tidak terkecuali informasi terkait dengan dunia travel. Untuk mendapatkan informasi yang tepat, kita harus mengoptimalkan  keyword atau kata kunci untuk apa yang ingin kita cari. Misal bisa menggunakan kata kunci hotel terbaik di Lombok untuk menemukan informasi hotel terbaik di Lombok sesuai apa yang sampeyan cari bahkan berbagai penawaran khusus. Tidak hanya hotel, kita juga bisa mencari informasi akomodasi, tiket pesawat dan berbagai hal terkait destinasi wisata di Lombok.

Optimalkkan Google Maps (GMaps) untuk susun Itinerary selama liburan

Hal yang kerap terjadi ketika melakukan liburan adalah rencana liburan berantakan lantaran jadwal yang amburadul. Banyak hal yang menyebabkan rencana atau jadwal liburan amburadul, yang paling sering adalah kesalahan estimasi waktu untuk berpindah dari satu destinasi wisata ke destinasi wisata lainnya. Ini di luar kebiasaan kita yang sering ngaret eh kerasan tidak ingin beranjak lantaran sudah nyaman dengan destinasi wisata tertentu.

Nah, hal tersebut bisa dikurangi dengan memanfaatkan dan mengoptimalkan Google Maps (GMaps). Fitur “Get Direction” atau pencarian rute yang ada GMaps tidak sekadar memberikan petunjuk arah saja tetapi juga memberikan informasi estimasi waktu tempuh. Meskipun estimasi, berdasarkan pengalaman estimasi waktu tempuh dari GMaps 80% akurat.

Selain informasi estimasi waktu tempuh kita juga dapat memanfaatkan fitur traffic, fitur dari GMaps yang menyajikan data trafik ruas jalan. Dengan fitur ini kita dapat memantau kepadatan jalan di sekitar kita atau yang hendak kita lewati. Ini sangat membantu guna menghindari traffic jam a.k.a kemacetan.

GMaps-Explore-Nearby

Lebih lanjut GMaps juga memiliki fitur yang juga sangat berguna bagi para pelancong yang datang ke tempat atau kota yang belum pernah dikunjungi, fitur yang dapat memberi tahu kita berbagai tempat penting di sekitar kita, misalkan restoran, bank dan ATM, rumah sakit, mini market, taman, pom bensin dan sebagainya. Fitu ini bisa sampeyan akses di menu Explore nearby di GMaps.

Optimalkan Situs Review Destinasi Wisata untuk Bantuan Pertimbangan

Hotel yang ini bagus gak ya? Tempat wisatanya oke gak? Enak gak ya masakan di restoran ini? Pertanyaan-pertanyaan seperti ini sering muncul dalam perencanaan liburan, terutama jika kita belum pernah sama sekali mengunjungi tempat atau destinasi wisata tersebut. Tidak perlu khawatir. Seiring pesatnya perkembangan Internet, banyak bermunculan situs-situs review destinasi wisata di Internet bahkan beberapa di antaranya menjadi situs rujukan dengan label terpercaya untuk perencanaan dan tinjauan wisata. Situs review yang cukup terkenal dan memiliki kontributor terpercaya yakni Trip Advisor.

Kita dapat menemukan berbagai ulasan, pendapat dan saran dari kontributor yang sebagaian besar merupakan para pelancong pada lokasi atau destinasi wisata tertentu. Ulasan sebagian besar jujur ​​dan dapat memberikan wawasan tentang destinasi, akomodasi dan pilihan makanan serta budaya yang ada.

Jujur dari tiga hal di internet yang bisa kita optimalkan untuk membantu merencanakan perjalanan wisata atau liburan, mengoptimalkan situs review seperti Trip Advisor menjadi hal yang akan saya lakukan dulu untuk memutuskan memilih destinasi wisata mana yang ingin dikunjungi.

Kenapa? Karena dengan membaca ulasan di situs review dan perencanaan perjalanan wisata ini kita bisa tahu apakah destinasi wisata tersebut benar-benar bagus dan layak dikunjungi. Model kontribusi dari pelancong ini juga cukup membantu, membuat kepercayaan lebih baik karena ulasan dibuat oleh pihak ke-3 bukan dari pengelola saja yang mana akurasi dan kejujurannya lebih bisa dipercaya dibandingkan materi promosi yang dibuat oleh pengelola wisata.

Oke mungkin itu tadi sedikit hal yang bisa kita lakukan untuk membuat perencanaan liburan dengan mengoptimalkan keberadaan internet dari saya. Semoga cukup membantu teman-teman semua dalam merencanakan liburan. Jika teman-teman memiliki cara sendiri mengoptimalkan teknologi internet untuk membantu membuat perencanaan liburan, silahkan bagi lewat kolom komentar yan ada di bawah postingan ini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here