dark mode chrome android

Beberapa waktu yang lalu, pengembang aplikasi browser atau peramban internet Chrome mengumumkan bahwa dipembaruan terbaru Google Chrome untuk Mac dan Windows hadir dengan fitur Dark Mode. Nah saat ini fitur Dark Mode juga sudah hadir di aplikasi Chrome untuk Android.

Dark mode (dark theme / night mode) atau mode gelap dalam bahasa Indonesia adalah mode tampilan dari sebuah jendela aplikasi yang dominan warna gelap, dalam hal ini warna hitam. Menggunakan skema warna gelap untuk background dan warna terang untuk teks serta icon. Penggunaa mode gelap ini memiliki tujuan utama untuk penghematan daya.

Nah pada postingan kali ini saya ingin berbagi ke sampeyan semua bagaimana mengaktifkan fitur Dark Mode pada aplikasi Chrome di perangkat Android sampeyan.

Sebelum mengaktifkan fitur ini, pertama-tama sampeyan harus pastikan bahwa aplikasi Chrome yang terinstall di ponsel pintar sampeyan sudah update. Pastikan bahwa versi Chrome yang terpasang setidaknya adalah versi 74. Untuk mengetahui versi aplikasi Chrome yang terpasang, sampeyan bisa cek di Settings (Pengaturan) > About Chrome. Apa bila yang terinstall bukan Chrome versi 74, sampeyan tidak akan bisa mengaktifkan fitur Dark Mode.

Apabila aplikasi Chrome sudah terupdate, silahkan ketikkan url berikut di Ombibox:

chrome://flags/#enable-android-night-mode

Di jendela pengaturan yang muncul, tap pada dropdown yang ada di bawah opsi “Android Chrome UI Dark Mode”, kemudian pilih “Enabled“. Setelah itu, tutup dan buka lagi aplikasi Chrome untuk Android sampeyan.

aktifasi-dark-mode-chrome-android

Ketika aplikasi Chrome terbuka, jangan kaget jika tampilan belum berubah karena masih ada satu langkah lagi yang harus dilakukan. Buka pengaturan atau Settings. Di situ kita akan menemukan opsi “Dark Mode” pada root menu.

Apabila opsi Dark Mode tidak muncul pada menu, yang harus dilakukan adalah menutup dan membuka ulang aplikasi Chrome untuk Android. Setelah terbuka, tap pada ikon titik tiga di pojok kanan atas, pilih Recent Tab, lalu luncurkan kembali. Opsi Dark Mode harusnya sudah muncul.

Ketika menu Dark Mode sudah muncul, cukup mudah untuk mengaktifkan dan menonaktifkan mode ini. Cukup tap menu ini untuk aktif atau menonaktifkannya.

menu dark mode chrome Android

Oke, sekarang sampeyan sudah bisa mengaktifkan fitur Dark Mode di aplikasi Chrome untuk Android. Ngomong-ngomong, sampeyan lebih suka menggunakan tampilan pada mode gelap atau mode terang / standar? Kenapa? Share jawaban sampeyan di kolom komentar!

Terima kasih sudah berkunjung dan menyempatkan diri membaca artikel di blog ini. Semoga bermanfaat untuk sampeyan semua!

6 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini