facebook-coret

Tidak bisa dipungkiri lagi jika di era teknologi internet yang berkembang dengan pesat seperti saat ini, kebisingan akibat arus informasi yang beragam dan sangat deras membuat kita merasa tidak nyaman ketika berselancar di Internet, terutama pada platform media sosial yang mana informasi diproduksi dan bebas dibagikan oleh siapa saja yang terhubung di sana. Akibatnya sering kali kita terpapar oleh berbagai informasi yang tak jarang sering buat kita kesal ketika membacanya.

Semakin ke sini, informasi negatif yang beredar dan memapar kita di media sosial bukan semakin berkurang, malah semakin bertambah apa lagi di tahun politik 2019 ini. Status cibiran, saling olok, HOAX atau berita palsu hingga ujaran kebencian memapar kita setiap waktu. Yang lebih memprihatinkan lagi, tidak jarang status yang membuat tidak enak perasaan itu kadang muncul atau dibagikan oleh teman-teman dekat kita yang awalnya kita mengira mereka tidak akan membuat atau memagikan status semacam itu.

Unfollow teman yang kerap membuat status menyebalkan bukan berarti kita benci, ini hanya cara untuk menjaga pikiran tetap waras tak terkontaminasi hal-hal menyebalkan ~ teman sebelah

Bukan membuat pikiran fresh, paparan informasi dan status tidak menyenangkan tersebut sering kali membuat mood jadi jelek dan mungkin menyulut emosi yang akhirnya menarik kita untuk memberikan komentar atau status yang tidak menyenangkan juga untuk menimpali informasi dan status negatif dari teman kita. Akhirnya, feed Facebook jadi tidak asik karena isinya informasi negatif dan cibiran ke sana kemari,

Nah pada postingan kali ini saya ingin berbagi satu tips yang bisa sampeyan lakukan untuk menyaring informasi atau status yang tidak menyenankan dari teman kita tanpa harus memutus pertemanan di Facebook. Tujuannya jelas, menjaga feed Facebook tetap kondusif tanpa paparan informasi atau status yang tidak menyenangkan. Dan yang paling penting menjaga diri untuk tetap “sehat” dalam menggunakan Internet dan media sosial.

Loh kenapa Facebook? Kok bukan Instagram atau Twitter. Sependek pengamatan saya, Facebook jadi lahan paling subur untuk produksi dan distribusi informasi negatif. Disusul Twitter yang menduduki posisi kedua media sosial yang jadi lahan subur berkembanya informasi negatif. Sementara Instagram, masih relatif aman dari informasi yang tidak mengenakkan karena mungkin platform IG yang 80% dominan foto kurang cocok untuk berkembembangnya informasi negatif di sana.

Untuk filtering informasi negatif di Twitter, saya sudah pernah mengulasnya di sini. Saya post dan terbitkan tahun 2014 yang lalu. Tahun politik juga dan ketika itu Twitter masih jadi media sosial dengan pengguna paling aktif. Saya tulis lantaran kegelisahan saya pada informasi negatif yang muncul dari cuitan Twitter Jonru Ginting, pengguna Twitter partisan yang saat itu dan mungkin hingga sekarang kerap membuat informasi kontroversial.

Sebenarnya, untuk berhenti mendapatkan status tidak menyenangkan dari teman kita di Facebook cukup mudah. Kita hanya perlu memanfaatkan fitur follow dan unfollow di profil Facebook. Lah kenapa gak langsung unfriends saja? Sebenarnya bisa dan oke saja unfriends, namun tidak jarang dengan unfriends membuat hubungan pertemanan sesungguhnya jadi canggung. Apalagi jika yang kita unfriends adalah teman dekat atau bahkan keluarga, pasti akan canggung dan gak enak ketika bertemu tatap muka langsung.

Berbeda dengan fitur add friends (tambah pertemanan .red), follow dan unfollow ini merupakan fitur untuk mengikuti update dari pengguna Facebook tertentu yang mana kita tidak harus berteman dulu. Kita akan otomatis follow saat kita menambahkan teman dan permintaan tersebut diterima. Nah, ketika ada status teman yang menyebalkan, kita bisa berhenti mendapatkan update hanya dengan klik unfollow dan status pertemanan tidak berubah.

Berikut ini cara menggunakan fitur Follow dan Unfollow di Facebook:

  1. Pastikan sampeyan sudah login Facebook.
  2. Buka profil Facebook teman yang ingin kita unfollow.
  3. Sorot dropdown Following yang ada di pojok kanan bawah foto cover profil. (lihat gambar di bawah)
  4. Pilih Unfollow.
  5. Selamat, kini sampeyan terbebas dari status menyebalkan teman tersebut.

facebook-unfollow

Gampang kan?

Itu tadi sedikit trik untuk berhenti mendapatkan konten menyebalkan dari teman kita tanpa harus memutus pertemanan di Facebook. Selamat mencoba!

Psstt.. Berapa banyak teman sampeyan di Facebook yang kerap buat status menyebalkan dan akan sampeyan unfollow? Share di kolom komentar ya!

4 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here