Tips-Mudah-Cegah-Smartphone-Rusak

Di era ponsel pintar (smartphone), kita harus jeli dan memiliki pengetahuan untuk memilih type dan spek smartphone apa saja yang mempunyai mutu berkualitas. Selain itu, dengan sistem komputerisasi, smartphone pun gampang rusak apabila tidak dirawat dengan baik. Maka dari itu, penggunanya wajib tahu tips agar smartphone tidak cepat rusak.

Lantas, mengapa potensi kerusakan smartphone cukup tinggi apabila tidak dirawat? Pertama, ponsel pintar ini sering dipakai oleh penggunannya. Karena, saking banyaknya berbagai fasilitas yang terdapat pada smartphone, membuat penggunanya lebih banyak menghabiskan waktu memainkan berbagai fasilitas, seperti aplikasi pesan instans, media sosial, game, sms dan berbagai aplikasi lainnya.

Berbeda dengan ponsel biasa yang hanya memilki fasilitas telepon dan sms saja. Penggunanya dipastikan akan banyak menyimpan ponselnya di dalam saku celana dan menggunakannya apabila membutuhkan fasilitas telepon atau sms saja. Apabila sebuah barang terlalu sering dipakai, tentu potensi kerusakaannya cukup tinggi. Makanya, agar tidak cepat rusak, Anda perlu mengetahui cara perawatan smartphone yang benar agar umurnya bertahan lama.

Selain itu, dalam penggunaan smartphone, terdapat tata cara agar performa perangkatnya tetap stabil. Sebab, apabila dalam penggunaannya tidak mengindahkan tata cara perawatan, maka bukan tidak mungkin akan berimbas terhadap menurunnya performa perangkat, atau bisa jadi bisa mati total.

Nah, kami akan memberikan tips agar smartphone tidak cepat rusak. Berikut ini tipsnya seperti dilansir harapanrakyat.com:

1. Bersihkan cache

Cache adalah sebuah memori atau penyimpanan sementara. Tujuan dari cache ini agar pengguna cepat mengakses ke beberapa aplikasi atau website yang rutin diakses di smartphone. Memang tidak semua pengguna mengetahui cache. Makanya, tak sedikit pengguna yang mengeluhkan saat performa smartphonenya bermasalah. Padahal, masalahnya hanya karena cache yang tidak pernah dibersihkan.

Kalau chace tidak pernah dibersihkan, maka efeknya pada penyimpanan internal bakal cepat penuh. Karena, apabila sering mengakses aplikasi yang berukuran besar, maka akan besar pula memori internal yang terkuras oleh cache.

Apabila dibiarkan menumpuk tanpa rutin dibersihkan secara berkala, maka akan berdampak buruk terhadap performa atau kinerja smartphone yang jadi melambat. Namun, Anda tidak perlu takut atau menyesal apabila membersihkan chace. Karena cache hanyalah sampah dan tidak akan menghapus aplikasi yang sudah diinstal di smartphone Anda.

Lalu bagaimana cara menghapus cache? Untuk mempermudah membersihkan cache, sebenarnya ada aplikasi yang diperuntukan untuk menghapus cache. Tapi bagi Anda yang tidak suka ribet memasang aplikasi, bisa membersihkannya dengan cara manual.

Caranya, pertama tekan Menu. Kemudian menuju ke Settings. Setelah itu klik Storage. Lalu cari pilihan ‘Cache Data’. Apabila sudah ketemu, ketuk Cache Data. Setelah itu, maka ada pemberitahuan apakah Anda akan membersihkan cache data dari semua aplikasi. Apabila sudah muncul, lalu tekan Ok untuk menghapus cache.

Cara seperti itu biasanya berlaku untuk semua merk dan type smartphone. Apabila rutin membersihkan cache, bisa membuat smartphone Anda tetap terjaga performanya.

2. Pantau file di memori internal

Smartphone keluaran terbaru memang memiiki memori internal cukup besar atau minimal 16 GB. Namun, bagi smartphone yang hanya memiliki memori 8 GB, dipastikan akan menjadi problem apabila file yang disimpan di memori jumlahnya cukup banyak. Apabila file yang tersimpan sudah mendekati atau bahkan melebihi kapasitas, maka jangan heran kalau performa smarphone akan jadi lemot dan bahkan sering eror.

Lantas apa sebabnya apabila file yang disimpan mendekati atau melebihi kapasitas memori membuat smartphone melambat? Karena, sistem operasi atau kinerja smartphone saat bekerja membutuhkan ruang memori internal sebesar 1 atau 2 GB. Apabila ruang memori yang tersisa di bawah 1 GB, maka jangan heran apabila performa smartphone Anda lemot, bahkan bisa jadi sering error atau hang.

Solusi untuk mengatasi hal itu, Anda harus menambahkan memori microSD atau memori eksternal untuk menampung file yang ukurannya besar, seperti video, foto dan dokumen yang berukuran besar.

3. Jangan Mengisi Baterai Smartphone Terlalu Lama

Tips agar smartphone tidak cepat rusak lainnya adalah hindari mengisi daya baterai smartphone ketika Anda akan tidur di malam hari atau dicas dalam waktu semalaman. Memang kebiasan itu dianggap sepele. Tetapi membiarkan smartphone dicas terlalu lama dalam kondisi baterai sudah penuh akan membuat kualitas baterai menjadi menurun. Meski smartphone keluaran sekarang sudah dibekali dengan teknologi yang bisa memutuskan arus listrik secara otomatis apabila baterai sudah penuh, namun tetap saja hal itu harus dihindari.

Ketika baterai smartphone sudah terisi penuh, memang secara otomatis akan menyalurkan energi dengan jumlah yang tidak besar. Namun begitu, tetap saja menjadikan baterai selalu bekerja. Hal itu dapat memicu baterai seperti stres pada proses kimiawi di dalamnya. Maka menghentikan atau mencabut charger dari smartphone merupakan langkah yang tepat.

Selain itu, membiarkan daya baterai habis hingga 0% atau sampai mati, juga harus dihindari. Sebab, jika sering melakukan hal itu, akan berdampak pada baterai yang akan tidak awet. Biasakan apabila daya baterai sudah menurun hingga sekitar 20 persen, cepat-cepat mengecas hingga daya baterai kembali meningkat di angka 90 atau 95 persen. Terlalu sering mengecas baterai smartphone hingga penuh bisa berimbas pada menurunnya kualitas baterai.

4. Perhatikan RAM

Apabila Anda memiliki smartphone, baiknya cek dulu besaran atau kapasitas RAM sebelum menyimpan aplikasi atau file. Sebab, apabila menyimpan aplikasi atau file mendekati kapasitas RAM, bukan tidak mungkin smartphone Anda mendadak hang atau performanya lambat.

Misalkan, RAM dengan kapasitas 3 GB masih bisa menyimpan aplikasi serta game dengan jumlah cukup banyak. Tetapi apabila RAM hanya 1 GB, jangan coba-coba banyak menyimpan aplikasi atau file. Kalau dipaksaka, bukan tidak mungkin smartphone Anda mendadak hang.

Karena itu, usahakan memberikan ruang RAM untuk smartphone bekerja. Karena dengan memaksakan RAM banyak bekerja, tetapi ruangnya sedikit, bisa membuat smartphone cepat rusak. Jadi, dengan memperhatikan RAM merupakan cara bijak dalam merawat serta tips agar smartphone tidak cepat rusak. ***

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here