Hidangan-khas-imlek

Di setiap awal bulan Februari, keceriaan tertentu muncul dari warga Tionghoa. Betapa tidak, di saat tersebut setiap tahunnya mereka akan merayakan Tahun Baru Cina atau yang biasa juga dikenal dengan sebutan Imlek. Sehingga dalam momen yang membahagiakan tersebut, tentunya menjadi saat dimana keluarga bisa berkumpul bersama dan merayakan sukacitanya bersama-sama juga. Tentu terlihat menyenangkan, oleh sebab itu momen ini jarang dilewatkan warga keturunan Tionghoa. Belum lagi deretan beberapa kegiatan yang biasa dilakukan saat menjelang Tahun Baru Cina tersebut. Jika ingin tahu lebih lengkapnya, berikut ini beberapa tradisi suku Tionghoa saat merayakan sukacita Imlek di Indonesia, terutama di tahun 2019 ini.

  1. Dekorasi Rumah Serba Merah

Menjelang Imlek umumnya para anggota keluarga akan berbenah serta membersihkan rumah dengan cermat. Tentu setiap anggota keluarga ingin menyambut suasana sukacita tersebut dengan rumah yang rapi dan menawan. Hal ini dipercaya akan membantu memberikan peruntungan yang lebih besar jika menyambut hari raya tersebut dengan kondisi rumah yang bersih dan rapi. Kesialan dan berbagai masalah dibuang dan dibersihkan untuk diganti dengan peruntungan yang baru.

Adapun umumnya setelah membersihkan rumah, mereka akan memberikan dekor di seputar pintu dan ruang tamu atau ruang keluarga untuk menguatkan kesan perayaan. Hiasan seperti lentera merah atau lampion, serta warna warni keceriaan hiasan yang lain membuat rumah terlihat semarak. Terutama karena dekorasi tersebut didominasi oleh warna merah menyala lambang keberuntungan dan kesuksesan. Oleh sebab itu, nuansa yang kental selalu tercipta pada warna warni khas dekorasi Tahun Baru Cina ini. Hal ini membangkitkan semangat bagi mereka yang merayakannya serta menambah keindahan di dalam rumah.

Baca Juga: Hal-Hal Berikut Akan Membantu Mempermudah Proses Pembersihan Atap Rumahmu

  1. Hidangan Khas Imlek

Hidangan-khas-imlekSelanjutnya yang tak kalah menarik yaitu aneka ragam hidangan yang disajikan khusus pada masa tersebut. Ada beberapa makanan baik yang modern dan tradisional, bercampur menjadi satu sebagai hidangan yang khas setiap tahunnya. Salah satunya makanan yang biasanya tersaji yaitu kue keranjang yang memang lebih sering disajikan hanya pada saat perayaan Imlek saja. Oleh sebab itu, dalam perayaan ini sekaligus menjadi ajang untuk mencicipi hidangan-hidangan khas yang tidak tersedia setiap harinya. Sehingga momen yang satu ini termasuk yang paling banyak ditunggu oleh seluruh anggota keluarga. Mencicipi hidangan unik dan tradisional tersebut memang aktivitas yang menyenangkan.

  1. Makan Malam Keluarga

Tak lepas dari hidangan, tentunya salah satu tradisi suku Tionghoa di Indonesia saat merayakan Imlek tahun 2019 ini termasuk mengadakan makan malam bersama seluruh anggota keluarga. Di sini masing-masing anggota keluarga sibuk bercerita satu dengan yang lain. Terutama bagi mereka yang jarang bertemu karena kesibukan masing-masing. Suasana yang tercipta memang sangat hangat dan didambakan. Seluruh anggota keluarga besar akan berkumpul untuk membagi sukacita bersama. Oleh sebab itu ini adalah momen yang tidak bisa dilewatkan begitu saja. Makan malam keluarga ini bahkan berkesan wajib untuk dilakukan. Umumnya berbagai kisah menarik akan meluncur dan menambah sukacita pada hari itu.

  1. Pemberian Angpau

Selanjutnya, tradisi unik lainnya yang cukup terkenal yaitu saling bertukar atau memberi angpau. Angpau ini adalah amplop merah yang umumnya berisi uang dan diberikan oleh yang tua kepada yang muda, atau dari yang sudah bekerja kepada yang belum bekerja. Hal ini adalah salah satu momen yang banyak ditunggu-tunggu saat perayaan tersebut. Terutama bagi anak-anak yang berharap mendapatkan uang jajan tambahan sekedar untuk membeli aneka kue atau mainan. Besarnya uang memang bisa bervariasi, beberapa memberikan angpau juga untuk sekedar persyaratan saja untuk meramaikan perayaan. Yang terpenting adalah niatan baik yang diberikan oleh anggota keluarga yang tua kepada yang muda untuk tetap terjalin hubungan yang baik. Tak kalah penting juga, untuk memberikan rasa hormat pada anggota keluarga yang tua dan mengucap terima kasih atas pemberian tersebut.

  1. Belanja Baju Baru

Hal yang satu ini antara penting dan tidak, tetapi sudah menjadi tradisi bahwa dalam suatu perayaan tidak lengkap rasanya jika tidak memakai baju yang baru. Harapannya saat memakai baju baru tentunya supaya terlihat lebih baik dan rapi. Selain itu tersemat doa dengan memakai baju yang baru saat perayaan akan membantu memberikan peruntungan yang baru juga ke depannya. Oleh sebab itu tak heran jika di masa Imlek banyak suku Tionghoa yang memutuskan untuk berbelanja baju baru di pertokoan. Sehingga tak heran pula jika nuansa toko-toko di Indonesia juga penuh dengan nuansa merah dan Tahun Baru Cina.

  1. Petasan Serta Kembang Api

Hal yang tak kalah menyenangkan untuk dilakukan saat perayaan yaitu menyalakan petasan serta kembang api. Terutama di saat malam hari selepas makan malam bersama. Anggota keluarga berkumpul untuk menyalakan petasan ke langit dan melihat bersama keindahan warna-warna yang semburat. Momen yang seperti ini memang tidak bisa ditemui setiap hari. Sehingga tak heran jika ini adalah salah satu momen favorit yang dinanti. Terutama oleh anak-anak yang sangat suka bermain kembang api warna-warni. Sebaiknya memang hal ini dilakukan dalam pengawasan oleh orang tua, sehingga tidak terjadi hal-hal yang berbahaya atau menimbulkan luka akibat petasan.

  1. Pertunjukan Barongsai

barongsaiSalah satu pertunjukan khas di masa perayaan Tahun Baru Cina ini yaitu pertunjukan Barongsai. Sehingga tak heran jika menjelang Imlek ada banyak pertokoan yang menyuguhkan tarian Barongsai untuk menghibur para pengunjungnya. Sebagai salah satu pertunjukan tradisional Cina, tarian Barongsai atau tarian naga ini memang tidak mudah dilakukan. Tetapi tak disangkal lagi pertunjukan tersebut memang cukup seru dan menghibur. Ditambah suara musik keras yang menggebu-gebu, membangkitkan semangat dan rasa sukacita dari para penontonnya. Terasa tegang sekali saat melihat Barongsai meliuk-liuk dan melompat lincah ke udara. Dijamin sayang sekali jika melewatkan waktu untuk menonton pertunjukan tersebut.

Itulah beberapa tradisi suku Tionghoa di Indonesia di saat merayakan Imlek tahun 2019 ini. Tentunya keceriaan pada momen tersebut juga menjadi ajang yang tepat bagi para anggota keluarga untuk saling berbagi, baik waktu, tenaga, maupun rejeki! Tentunya jika ingin tidak repot-repot sebaiknya cari saja cara yang praktis untuk membagi kesukaan tersebut. Salah satunya dengan mencari hadiah bagi kerabat berupa berbagai macam barang yang sesuai dengan kepribadian orang tersebut. Entah kosmetik, baju maupun peralatan atau perlengkapan yang lain. Manfaatkan saja promo belanja online seperti di iLotte.com yang menyediakan berbagai macam keperluan tersebut dengan lengkap. Ditambah promo masa menjelang Imlek yang dijamin murah serta banyak diskon. Tunggu apalagi? Segera dapatkan promonya, pasti tidak menyesal! Nah, selamat mempersiapkan Tahun Baru Cina 2019, Gong Xi Fa Cai!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini