Ketika beberapa tahun lalu saya masih berkarya di Ibu Kota, boleh dibilang hampir sering sekali pelesir ke luar kota bahkan luar negeri untuk urusan pekerjaan atau sekadar rekreasi bareng teman sejawat. Untuk negara tujuan pelesir yang paling sering saya kunjungi adalah Singapura. Hal ini dikarenakan beberapa kolega tempat saya berkarya dulu banyak yang berkantor di negara dengan luas 721,5 km² ini.

Terhitung sejak saya kembali ke Surabaya di penghujung tahun 2015, frekuensi pelesiran saya semakin berkurang. Kalaupun pelesir hanya di sekitar Jawa Timur dan Jawa saja, itupun juga jarang. Terlebih ketika berkeluarga dan si kecil hadir di tengah-tengah keluarga. Jadi benar jika ada yang bilang kalau di awal berkeluarga akan sulit untuk plesiran.

Nah, beberapa waktu lalu beberapa teman di tempat saya berkarya sekarang tengah merencanakan plesiran ke Malaysia dan Singapura. Tujuan utamanya wisata sambil silaturahmi ke relasi yang ada di dua negara tersebut. Terbesit keinginan untuk ikut jalan-jalan ini terutama ke Singapuranya. Kenapa? Karena saya kangen dengan suasana ketika jalan kaki menyusuri jalanan di Singapura dan kangen naik MRT bawah tanahnya. Selain dua hal tersebut, saya sangat ingin sekali main ke “hutannya” Singapura, Gardens by The Bay.

Ya, Gardens by The Bay ini adalah destinasi wisata Singapura kedua yang ingin saya kunjungi setelah Sentosa Island. Alhamdulillah, Sentosa Island sudah saat kali terakhir saya berkunjung ke Singapura.

Yang membuat saya tertarik dan menjadikan Gardens Bay sebagai tempat yang harus saya kunjungi ketika ke Singapura adalah karena kagum akan usaha pengembang Gardens Bay menyulap kawasan hasil reklamasi pantai seluas 101 ha menjadi hutan wisata yang eksotis dengan 1,5 juta lebih jenis tanaman. Alasan lain, saya ingin berfoto di bawah gemerlap cahaya Supertree Groove saat malam hari, taman vertikal yang dibuat menyerupai pohon yang mengingatkan saya pada pepohonan di film Avatar yang saat ini masuk dalam Top 5 Landmark di Singapura.

Dari hasil stalking dan cari-cari informasi ke sana kemari, saya menemukan banyak sekalai foto-foto dengan spot yang instagramable di Gardens Bay. Bahkan beberapa teman yang sudah pernah berkunjung ke Gardens Bay bilang, bahwa hampir semua sudut Gardens Bay bisa jadi obyek Instagramable dengan backround warna-warni bunga yang bermekaran dan arsitektur yang indah.

Sekadar informasi saja, pengembang Gardens by The Bay membagi area dalam beberapa lokasi dengan topik dan daya tarik yang berbeda. Beberapa area dengan daya tarik yang populer di Gardens Bay diantaranya:

Flower Doom. Rumah kaca yang tercatat dalam buko Guinness World Records tahun 2015 sebagai greenhouse rumah kaca terbesar di dunia. Berisi ribuan bunga dan tanaman dari daerah mediterania dan sub-tropis.

Supertree-GroveSupertree Grove & OCBC Skyway. Taman vertikal yang dibuat menyerupai pohon dengan ketinggian 25 dan 50 meter yang berisi tumbuhan yang didominasi jenis tumbuhan anggrek. Berfungsi sebagai pelindung panas ketika siang hari dan tampak meriah di malam hari dengan kelap-kelip cahaya lampu dan berbagai suara dari dalam hutan.

Mountain-Cloud-GardenCloud Forest. Area yang dibuat sedemikian rupa bagai hutan di atas awan. Terdapat arsitektur gunung yang menjulang tinggi dengan berbagai tumbuhan misterius dan langka tumbuh di setiap sisinya. Suasana atas awan sangat terasa di area ini saat kabut buatan mulai muncul.

Far East Organization Children’s Garden. Dari namanya sudah bisa ditebak, area ini adalah area yang dibuat dan disesuaikan untuk anak-anak. Terdapat area bermain air dan dilengkapi dengan berbagai edukasi interaktif terkait dunia tumbuhan dan alam.

Art Sculptures. Area yang berisi karya seni patung dari seluruh penjuru dunia berpadu dengan aneka tumbuhan dan bunga. Terdapat 40 patung karya seniman dari berbagai negara di pajang di area ini.

Dragonfly & Kingfisher Lakes. Area dengan suguhan visual bertemakan kehidupan akuatik. Pengunjung akan dibawa menyusuri jalan yang membentang di atas danau sambil menikmati ekosistem akuatik yang hidup di area ini.

Selain 6 area populer di atas masih ada beberapa area menarik lainnya, seperti Serene Garden, Bay East Garden, Sun Pavilion, The Canyon, Heritage Garden dan World of Plants.

Semoga tahun ini bisa terbang ke Singapura dan bisa mampir ke Gardens by The Bay. Amiin..

Kalau resolusi jalan-jalan sampeyan tahun ini ke mana? Share di kolom komentar ya!

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here