Saat ini kita sedang berada di era digital. Era yang memiliki berbagai macam kemudahan ini membuat pebisnis mesti pandai dalam beradaptasi, terutama dalam meningkatkan peluang bisnis agar semakin berkembang.

Bisnis di era digital ini memang banyak mengalami perbedaan dibandingkan masa sebelumnya. Sampeyan mesti bisa beradaptasi dalam menghadapi era serba canggih ini agar bisnis yang Sampeyan jalankan tetap bertahan dari para pesaing dan mampu melaju pesat dengan berbagai kecanggihan yang tersedia.

Jangan sampai berbagai kecanggihan teknologi saat ini justru membuat bisnis Sampeyan terpuruk. Karena pada dasarnya teknologi diciptakan untuk memudahkan semua orang, termasuk untuk mengembangkan bisnis anda, mulai dari bisnis jualan pulsa dan bersaing dengan agen pulsa terpercaya lainnya, sampai bisnis skala besar dan internasional.

Diperlukan strategi khusus agar bisnis bisa melesat di era digital saat ini. Mulai dari memperkaya ilmu dan keterampilan pribadi hingga menggunakan berbagai macam teknologi yang ada saat ini. Berikut beberapa upaya yang bisa Sampeyan coba untuk meningkatkan peluang bisnis di era digital.

Strategi Meningkatkan Peluang Bisnis di Era Digital

1. Rajin menghadiri workshop dan seminar

Banyak seminar dan workshop yang kerap diadakan oleh berbagai institusi kredibel. Selain mendapatkan ilmu dalam bisnis, Sampeyan pun bisa memperluas jaringan serta relasi bisnis yang sedang dijalankan.

Seorang pebisnis sangat memerlukan tambahan ilmu untuk semakin mengembangkan bisnisnya. Terlebih di era digital yang membutuhkan banyak pengetahuan agar tetap bertahan dari para pesaing.

2. Manfaatkan konten marketing

Berbagai macam artikel, aplikasi, hingga video yang ditambahkan di situs yang kita kelola memberikan pengaruh positif dalam mendulang pengunjung. Jangan remehkan kekuatan dari konten tersebut karena pengaruhnya sangat besar.

Banyak pelaku bisnis online yang memerlukan artikel hingga berbagai konten lainnya untuk menambah isi website/blognya. Jika konten tersebut banyak dicari maka situs yang kita kelola akan berada di urutan pertama laman pencarian. Dengan demikian bisnis kita akan semakin dikenal lewat pengunjung web yang mengunjungi web yang kita kelola.

3. Beralih ke mobile marketing

Para pemilik bisnis online juga mesti mengubah tampilan situsnya menjadi lebih ramah untuk para pengguna telepon seluler. Seperti yang kita tahu, aktifitas digital masyarakat saat ini lebih banyak dilakukan dari telepon genggam alias smartphone.

Makin banyak pengguna telefon seluler membuat kita mesti menyesuaikan diri sehingga bisnis sampeyan semakin diterima oleh banyak orang. Strategi satu ini sangat penting agar proses transaksi jual beli semakin praktis sehingga makin besar peluang dalam mendatangkan keuntungan.

4. Sasar media sosial

Jangan lupa untuk menyasar media sosial sebagai pendukung dalam perkembangan bisnis Sampeyan. media sosial merupakan salah satu laman yang memiliki pengguna paling banyak. Ibaratnya media sosial ini merupakan warung atau tempat banyak orang berkumpul.

Jangan lewatkan peluang satu ini jika ingin meningkatkan laju bisnis yang sampeyan tekuni. Selain memiliki situs/blog, cobalah buat akun khusus di Instagram dan Facebook agar makin banyak orang yang mengenal situs atau bisnis Sampeyan. Kenapa Instagram dan Facebook? Karena dua media sosial ini merupakan media sosial dengan jumlah pengguna aktif harian yang paling banyak di antara layanan media sosial yang ada saat ini.

5. Endorse

Para influencer dengan banyak followers di media sosial bisa Sampeyan manfaatkan sebagai penunjang dalam promosi. 

Manfaatkan jasa endorse yang ditawarkannya agar proses promosi semakin meluas. Dengan banyaknya followers yang dimilikinya, maka besar pula kemungkinan kita untuk memperluas jangkauan pemasaran. Pastikan influencer yang dipilih sesuai dengan target market usaha Sampeyan.

Demikian sedikit strategi dalam meningkatkan peluang bisnis di era digital. Semoga bermanfaat.

20 KOMENTAR

  1. kutipan dari posting:
    “Anda akan menemukan bahwa hosting murah tidak selalu memberikan layanan melimpah.”

    saya rasa bukan tidak selalu tetapi susah sekali mas..
    salam kenal..

  2. Wah mas, saya tidak tahu blog engine. Apa itu mas? Setahu saya kelihatannya bikin blog itu sangat gampang. Di awal bikin blog juga disebutkan bahwa telah sukses bikin blog. Jadi ya saya anggap gampang saja gitu. Tapi sekarang info dari mas ada istilah blog engine. Wah…saya tidak tahu…(maaf nih saya benar-benar new!! di blog). Mas coba buka deh blog milik saya…(hihihi……saya menahan malu karena blognya akan dilihat orang lain).

  3. Mas, saya sudah membuat Blogs. Cuma, kesulitan linknya. Gimana sih caranya agar bisa link ke topik baru? Apa betul setiap bikin judul baru, orang harus bikin blog baru juga? Kalau tidak wajib bikin blog baru, kok selalu ditanyakan http:// ?? atau email ya? tanpa ini apa link tidak bisa dibuat? Triiiiiiiiiiims.

  4. Saya sudah lama sekali ingin bikin Web/ Blog spt ini (ini namanya apa ya … blog apa web?}, tapi kok gak bisa-bisa. Ada yang berkenan menuntun saya kah? Saya sangat berterimakasih jika dibantu. Trims.

    • Ini namanya blog mbak, kalo mbak berminat bikin web atau blog semacam ini, insyaAllah saya dan teman-teman sesama blogger akan sangat senang bisa membantu mbak 🙂

    • Kalo perbedaan yang menonjol tidak ada perbedaan mas antara server linux atau server windows. Namun jika melihat dari segi keamanan dan kestabilannya server linux lebih aman dan jauh lebih stabil dibandingkan dengan server windows mas. ^^

  5. Kalau duit ngga’ jadi hitungan, pakai Cloud Hosting yang sekarang lagi booming itu adalah pilihan terbaik. Hoster yang nawarkan layanan ini hampir pasti kasih garansi 100% uptime. 🙂

  6. kalau untuk ngeblog saja, saya suka coba-coba… dengan begitu, saya jadi tahu mana yang baik dan mana yang kurang baik…
    tapi begitu dipakai untuk customer yang menggunakan situsnya untuk urusan bisnis asal berani bayar ya saya carikan yang terbaik…
    salam sukses!

  7. betul sekali, bagi kita2 (blogger) hosting adalah mutlak suatu kebutuhan yang tidak dapat ditawar2 lg dan tak boleh dicoba2 tentunya. temen2 di sebelah berbisik “kalo ga mo ribet ama hostingan mending ditancepin di blogger.com ato ngeblog di wp.com aja” (haha)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here