Teknologi

Laptop ACER Bertenaga AMD Ryzen, Tepis Laptop Tipis Hanya untuk Kantoran

Kamis (19/07/18) kemarin saya berkesempatan menghadiri undangan eksklusif acara AMD Ryzen ACER Day – Community Gathering Jawa Timur yang bertempat di Kayanna Restaurant, Surabaya. Acara ini merupakan rangkaian acara ACER Day tahun 2018 yang digelar di 8 kota di seluruh Indonesia.

Pasti sampeyan sudah bisa menebak dari nama acaranya, acara ACER bareng AMD trus ada Ryzen di situ. Pasti di acara ini bakal dipamerkan produk dari dua pabrikan perangkat keras kenamaan ini. Yup benar, di acara ACER Day gathering komunitas kali ini memang salah satu agendanya adalah mengenalkan lini produk terbaru dari ACER hasil kolaborasi dengan AMD, yakni lini produk notebook atau laptop dengan prosesor Ryzer sebagai pemacu tenaga utamanya.

ACER Day AMD Ryen

Tidak tanggung-tanggung, di lini produk laptop terbaru tersebut ACER menghadirkan seri laptop dengan semua lineup prosesor AMD Ryzen. Bisa dibilang ACER merupakan satu-satunya pabrikan laptop dengan produk menggunakan lineup prosesor AMD Ryzen terlengkap. Seri laptop dari ACER dengan prosesor AMD Ryzen ini dibungkus dalam seri ACER Aspire 3 dan Swift 3. Kedua seri tersebut hadir dengan pilihan seri prosesor AMD Ryzen 3, Ryzen 5 dan Ryzen 7 yang mana setiap pilihan seri prosesor dilengkapi dengan yang berbeda-beda pula.

Sekilas tentang AMD Ryzen

Ryzen merupakan merek dari generasi terbaru CPU atau prosesor besutan Advance Micro Device – kepanjangan AMD – yang pertama dikenalkan ke kalayak umum pada tahun 2017. CPU Ryzen ini merupakan CPU AMD pertama yang mengimplementasikan teknologi Zen Microarchitecture dan Zen+ Microarchitecture di generasi ke-2 prosesor AMD Ryzen.

Saya yakin sampeyan semua punya pertanyaan, “memang prosesor AMD Ryzen ini setara dengan prosesor Intel apa?” Dari penjelasan pihak AMD di acara ACER Day kemarin, prosesor AMD Ryzen saat ini setara dengan generasi ke-8 prosesor Intel yang hadir dengan code name Coffe Lake. Katanya juga, Intel Coffe Lake diluncurkan untuk membendung pergerakan AMD Ryzen di pasaran. Katanya loh ya! 😛

Nah, prosesor AMD Ryzen yang dibenamkan di seri laptop AMD Ryzen ACER ini adalah lini prosesor Ryzen Mobile, yaitu Ryzen 3 2200U, Ryzen 5 2500U dan Ryzen 7 2700U yang disandingkan dengan GPU onboard RX model Vega 3, Vega 6, Vega 8 dan Vega 10 plus RAM berkapasitas 4GB dan 8GB sesuai dengan paket spesifikasi yang ada (cek foto di bawah).

lineup laptop Acer AMD Ryzen
lineup laptop Acer AMD Ryzen

Tepis Anggapan Laptop Tipis Hanya untuk Pekerjaan Kantoran

Meski menggunakan GPU atau VGA onboard dan seri prosesor mobile, pihak ACER mengklaim bahwa laptop besutannya ini sanggup menepis anggapan bahwa laptop tipis dengan onboard vga hanya digunakan untuk penggunaan kantoran saja dan bahkan siap disandingkan head-to-head dengan laptop ber-vga dedicated atau bahkan dengan laptop berprosesor Intel sekalipun.

BACA JUGA :  Secuil Cerita Tentang Bitcoin

Saya belum mengiyakan klaim ACER atas performa laptopnya tersebut, karena saya belum benar-benar mencoba dan membandingkannya langsung. Saya hanya melihat demo sebentar yang dilakukan pihak ACER dan AMD di acara ACER Day kemarin yang mana melakukan demo uji head-to-head seri Acer Aspire 3 berprosesor Ryzen 3 dengan laptop Intel i series (kurang jelas serinya) ber-vga NVIDIA GTX dedicated untuk memainkan sebuah game.

Dari testimoni kawan-kawan yang nyobain langsung, terasa perbedaan yang mencolok dirasakan saat menggunakan kedua laptop yang didemokan tersebut. Meskipun dari pengukuran fps laptop berprosesor Intel dan VGA kubu ijo lebih unggul, tetapi Acer Aspire 3 dengan prosesor Ryzen 3 lebih minim lag saat memainkan game. Entahlah apa mungkin karena spesifikasi atau karena Aspire 3 umurnya masih baru sementara laptop satunya sudah cukup umur. Semoga ada yang mau meminjamkan sehingga saya bisa melakukan tes dan bechmark sendiri. Amin!

Kesimpulan

Lini laptop ACER berprosesor Ryzen ini bisa menjadi alternatif bagi sampeyan yang ingin mencoba alternatif prosesor selain Intel, karena bisa jadi dengan harga yang relatif terjangkau sampeyan bisa mendapatkan performa laptop yang setara dengan performa laptop berprosesor Intel yang harganya mengharuskan sampeyan merogoh kocek lebih dalam.

Apakah oke untuk penggunaan sehari-hari? Pada dasarnya sih semua laptop bahkan yang berprosesor setara Caleron pun oke untuk penggunaan sehari-hari, tergantung aktifitasnya. Kalau hanya untuk keperluan browsing dan buat laporan saja lini laptop ACER ini sudah lebih dari cukup. Kalau boleh dibilang, dengan spesifikasi seperti itu baik ACER Aspire 3 dan Swift 3 ini sangat cocok untuk sampeyan pekerja kekinian yang membutuhkan performa laptop lumayan dengan harga terjangkau.

Saya yakin baik ACER Aspire 3 dan Swift 3 mampu mengakomodir aktifitas kekinian seperti pekerja kantoran dan atau netizen yang gemar membuat konten video. Dengan dukungan prosesor Ryzen dan VGA RX Vega, laptop ini cukup mumpuni untuk aktfitas editing maupun rendering video sederhana untuk VLog. Jangan dibandingkan dengan seri ACER Predator ya! JAUHHH!!!

Lini laptop Ryzen ACER ini bisa juga sebagai perangkat game on the go, alias bisa dipakai nge-game di sela aktifitas kantoran. Misal pas capek ngerjain laporan mau main DOTA, FIFA19, PUBG atau game favorit lainnya masih mumpuni dengan catatan jangan terlalu berlebihan berharap mendapatkan kualitas grafis yang bagus seperti saat memakai ACER Predator ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *