Beberapa waktu belakangan ini, saya memang lagi senang utak-atik dan mainan platform streaming gratisan seperti USTREAM dan YouTube Live. Setelah berhasil utak-utik, ada beberapa ide muncul, salah satunya adalah ide untuk membuat sebuah streaming yang tak sekedar broadcast, tetapi bisa melibatkan orang lain dalam streaming tersebut.

Dari hasil utak-atik dan mereview fitur dari USTREAM dan YouTube Live (Hangouts), saya memutuskan untuk menggunakan Hangouts sebagai platform yang akan saya gunakan untuk buat streaming yang bukan sekedar broadcast saja. Sebenarnya, dua platform streaming tersebut menawarkan fitur yang dapat melibatkan penonton untuk ikut nimbrung ngobrol, hanya saja fitur obrolan di USTREAM tak se-powerfull Hangouts. Di USTREAM, pelibatan hanya dalam bentuk teks, sementara di Google Hangouts (HO), kita bisa undang teman kita atau penonton untuk gabung dalam obrolan dengan memanfaatkan fitur Video Call. Ini pas, karena saya tak ingin obrolan hanya lewat teks, tetapi bisa benar-benar terlibat langsung walaupun beda tempat.

Oke, tool dan media untuk itu sudah ada, lalu apa yang mau diobrolkan? Gak mungkin kan ajakin orang ngobrol tapi gak ada bahan obrolan yang gurih untuk diobrolkan. Setelah sejenak memikirkan obrolan apa enaknya dan sempat muluk-muluk idenya, akhirnya saya putuskan topik obrolannya adalah seputar dunia teknologi. Hehehe.. maklum lah ya, sekarang kan jamannya jaman serba teknologi dan kebetulan saya memang suka dan berkecimpung di dunia teknologi, khususnya teknologi komunikasi dan informasi.

Tanpa ba bi bu lagi, Minggu (21/9) sore kemarin langsung aja utarakan ide tersebut di Twitter dan buat penjadwalan untuk Obrolan Hangouts. Alhamdulillah, dapat respons cukup baik dari teman-teman di timeline Twitter dan Google+ (G+). Oh ya, satu lagi keunggulan HO, ketika kita membuat penjadwalan HO, kita bisa membaginya ke circle teman di G+ kita. Bahkan kita bisa mengundang teman untuk bergabung dan membagikan tautan / url event HO ke Twitter dan Facebook. Ini yang membantu banget!!!

Topik obrolan HO yang pertama adalah iOS 8, dan Hangouts Ngobrolin iOS 8 ini berlangsung selama satu jam dari pukul 8 malam hingga pukul 9 malam. Asiknya, walaupun obrolan HO ini baru pertama saya buat dan tergolong dadakan, ada dua teman – yang harusnya 3 – yang ikutan ngobrolin iOS 8. Mas @prasetyoh, penikmat teknologi serta pengguna perangkat iOS (sebenarnya Windows Phone mania) dari Surabaya dan Om @insideErick, pengguna Android garis keras asal Bogor. Bagaimana obrolannya, silahkan simak video di atas. Selain dua teman tersebut, ada 10+ teman yang ikutan nimbrung live. *maaf belum bisa ikutan ngobrol, karena kelupaan aktifin fitur Q & A di HO*

Rencana selanjutnya adalah, ingin membuat Obrolan HO ngomongin dunia teknologi secara rutin. Mungkin setiap minggu malam, awalnya. Syukur bisa seminggu lebih dari sekali. Hihi… Kemudian pengen juga mengajak lebih banyak teman dan praktisi teknologi untuk ikutan nimbrung dan ngobrol bareng dunia teknologi informasi via Hangouts. Konsepnya sederhana saja, seperti layaknya obrolan saat di angrkingan atau cangkruk atau nongkrong di cafe, santai tetapi tetap berbobot. Ada satu atau sedikit manfaat untuk mereka yang ikutan cangkrukan atau yang menyaksikan videonya kemudian hari.

Sedikit Tantangan…
Walaupun tools dan media yang ada sudah cukup bisa mengcover keinginan untuk membuat live streaming obrolan santai berbobot, ada sedikit tantangan yang sekaligus jadi tantangan kita semua –kita? loe aja kali, Fre-. Tantangan tersebut adalah Bandwidth Internet.

Ya, karena obrolan HO ini live streaming dan bergantung sekali dengan Internet yang stabil, tak heran jika masalah kesejahteraan internet alias kestabilan bandwidth internet menjadi kunci utama. Dan di obrolan Hangouts yang pertama saya sudah merasakannya.

Jadi mohon maaf jika live obrolan HO hanya bisa diikuti mereka yang tinggal di area dengan koneksi yang cukup stabil. Apalah daya kita jika Pak Menteri Kominfo terhormat kita belum bisa mendapatkan jawaban dari pertanyaan “Internet Cepat untuk Apa?”. – padahal mungkin obrolan HO ini bisa jadi salah satu jawaban dari pertanyaan tersebut.. hehehe 😛

Sabar saja deh, semoga kedepan ada perbaikan kesejahteraan Internet Indonesia.

Oh ya, obrolan Hangouts santai berbobot (insyaAllah) ini FREE!!! Siapa saja bisa ikutan, siapa saja bisa eksis, silahkan… Cukup mention di Twitter saya atau ikuti timeline G+ saya. Saya akan selalu update di sana, dan akan sangat senang sekali jika teman-teman bisa ikutan nimbrung ngobrol bareng di sana… Di tunggu ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here