wake-up-early

wake-up-early

Jika diperhatikan, postingan terbaru di blog ini dipublish 4 bulan yang lalu, tepatnya pada tanggal 14 April 2013. Cukup lama memang saya sebagai pengelola blog ini tidak mempublish tulisan baru di blog yang sudah saya kelola dari tahun 2008 ini. Blog ini tertidur cukup lama, kalaupun ada postingan, jarak publish antara satu postingan dengan postingan lainnya terpaut jauh, tak lagi itungan hari, tetapi sudah hitungan bulan. Dan saya juga akan mengiyakan cibiran teman yang mengungkapkan, “Posting blog jika ada pesenan posting atau advertorial post.”

Sejenak mari kembali ke 2 atau 3 tahun yang lalu. Postingan di Blog ini boleh dibilang cukup update. Setiap hari atau maksilam 3 hari sekali pasti ada tulisan terpublish di blog ini. Tulisannya pun beragam, mulai info umum, pemikiranku, hingga apa yang saya alami pun meramaikan blog ini. Aktifitas Blog Walking pun saat itu masih sering dilakukan, budaya “You Comment I Follow” juga masih kental di kalangan para Blogger. Tak diragukan lagi, jumlah komentar di beberapa postingan bisa mencapai puluhan bahkan ratusan komentar, sekarang? jumlah komentar untuk satu postingan bisa dihitung pakai jari tangan.

Lalu apa yang menyebabkan semua itu terjadi? Karena Facebook? Twitter? Bukan, bukan lantaran Facebook, Twitter, atau layanan sosial media lain yang membuat saya menelantarkan blog ini. Lalu apa? Yang membuat saya menelantarkan blog ini adalah karena sifat malas dalam diri saya untuk membuat postingan di Blog ini. Tak jarang, di dalam otak ini sudah ada beberapa pikiran dan ide untuk posting di Blog dan bahkan sudah buka dashboard blog, tapi karena malas itu tadi, pemikiran dan ide yang ada di otak itu hanya berhenti di otak, tak pernah menjadi sebuah postingan. Parahnya lagi, kalaupun sampai ditulis di halaman New Post, pol mentok hanya menjadi Draft Posting yang menunggu untuk di Publish.

Melihat apa yang terjadi tersebut, saya merasa merugi dan merasa malu pada diri saya sendiri. Merugi, membuat sebuah blog, kemudian membangunnya dari 0 (nol) sampai sejauh ini dan bahkan harus mengeluarkan uang untuk membuatnya tetapi akhirnya blog ini disia-siakan. Tak terjamah dan tak ada postingan baru muncul. Karena ditelantarkan, blog yang saya buat dari nol ini kini menjadi “sampah Internet,” tak ada tulisan baru muncul dan tidak memberikan manfaat. Saya merasa malu, beberapa kali di Twitter ataupun Facebook koar-koar bahwa saya adalah Blogger, pemilik Blog, tetapi kenyataannya hanya “pemilik blog” bukan merasa memiliki blog sepenuhnya seperti seoarang Blogger beneran. Saya malu.

Tak ingin apa yang saya rasakan tersebut berlarut-larut dan tak ingin blog yang saya besarkan dari nol hingga bisa memberikan manfaat kepada saya ini berakhir menjadi sebuah sampah di Internet, saya ingin Move On. Saya ingin blog ini bangun dari tidur panjangnya. Saya yakin tidak ada kata terlambat untuk membenahi dan membangun blog ini dengan postingan-postingan baru yang memiliki manfaat. Saya yakin itu.. Bismillah…

img: stuffatschool.com.my

9 KOMENTAR

  1. wow, indahnya bercinta…haha..
    *alah gk nymbung

    kerenn, tadi udah buka
    ada referensi bagus klo gt
    pokoknya ditunggu trus updatenya

    ngomong2 kaya kenal dngn yg punya blog deh..heheh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here