bandwidth

bandwidthBeberapa waktu yang lalu, Akamai melansir laporan terbarunya tentang pantauan terhadap kecepatan internet secara global di seluruh negara yang ada di dunia. Dari laporan tersebut diketahui bahwa rata-rata kecepatan Internet di Indonesia paling rendah, jika dibandingkan dengan negara-negara lain yang ada di Asia Pasifik. Kecepatan rata-rata Internet di kuartal 2 tahun 2012 ini hanya 0,8 Megabit per detik. Sedangkan pemilik kecepatan rata-rata Internet tertinggi di wilayah Asia-Pasifik adalah Korea Selatan yang rata-rata kecepatannya adalah 14,2 Megabit per detik.

Dengan munculnya laporan dari Akamai yang menyebutkan bahwa rata-rata kecepatan Internet di Indonesia paling rendah, Senin (22/10) kemarin saya berkesempatan berbagi ke pendengar She Radio FM Surabaya bagaimana tetap nyaman bekerja ketika kecepatan bandwidth Internet sedang tidak bersahabat alias lambat. Seperti biasa, obrolan dilakukan secara On Air via Phone yang berlangsung kurang lebih selama 20 menit.

Lalu bagaimana caranya agar kita tetap Nyaman Bekerja Ketika Bandwidth Internet tidak bersahabat? Berikut beberapa hal yang bisa kita lakukan agar tetap nyaman bekerja dengan internet sekalipun koneksi lagi lambat.

  1. Hindari membuka website dengan gambar yang berlebihan secara bersamaan. Membuka sebuah situs yang terlalu banyak menggunakan gambar atau foto akan sangat membutuhkan bandwidth yang cukup besar. Akibatnya, jika kita memaksakan membuka situs-situ dengan tampilan full foto atau gambar sementara kecepatan bandwidth terbatas atau bahkan lambat, boleh jadi kita akan merasa tidak nyaman bekerja.
  2. Kompres atau perkecil ukuran file yang hendak kita upload ke Internet. Ya, ketika kita hendak mengirim sebuah file atau gambar, ada baiknya kita kompres file keukuran yang lebih kecil dengan memanfaatkan aplikasi WinZip atau WinRar sebelum kita upload. Sedangkan ketika hendak mengupload foto, jika memang tidak diperlukan foto dengan kualitas dan resolusi yang tinggi, ada baiknya kitaResize foto dan simpan foto ke format “foto for web”. Untuk Resize dan simpan foto ke format web kita bisa menggunakan aplikasi foto editing seperti Microsoft Picture Viewer, Photoshop, GIMP, dsb.
  3. Kerjakan lebih awal setiap pekerjaan yang membutuhkan koneksi Internet. Ini penting untuk menghindari hal-hal yang muncul di luar dugaan ketika kita bekerja di Internet, semisal ketika hendak memposting sebuah tulisan atau mengirim tiba-tiba ditengah jalan koneksi melambat atau bahkan mati. Dengan mengerjakannya jauh-jauh hari dan mungkin ditambah fitur scheduling atau penjadwalan, kita tidak perlu risau dengan kondisi Internet yang labil.
  4. Kerjakan secara Offline, baru Online. Menurut saya, ini adalah cara yang paling tepat untuk tetap nyaman bekerja ketika walaupun koneksi tengah tidak bersahabat. Kerjakan pekerjaan-pekerjaan yang bisa dikerjakan secara offline baru kemudian ketika setelah selesai, kita tinggal Sinkronisasi saja secara Online.
  5. Ketahui waktu di mana lalu-lintas Internet lagi padat-padatnya. Karena sebagaian besar koneksi internet yang kita pakai adalah koneksi internet shared bandwidth alias bandwidth internet yang kita pakai tidak pure kita pakai sendiri alias dipakai berjamaah dengan pengguna lain yang menggunakan ISP yang sama. Maka kita harus paham, jam-jam di mana lalu-lintas pengguna Internet lagi tinggi-tingginya. Dari beberapa penelitian sederhana, muncul istilah “prime time” si Internet, yaitu waktu banyak-banyaknya pengguna mengakses Internet. Waktu tersebut adalah di jam-jam kerja, antara jam 8 pagi sampai jam 5 sore dan malam dari jam 7 sampai jam 10 malam. Saran saya, kalau bisa dan tidak lagi mendesak, hindari “Prime Time” tersebut apa lagi ketika kita butuh bandwidth yang stabil dan kencang.
  6. Lebih baik download video dari pada harus streaming. Ya, kadang kita perlu mendapatkan referensi dari video-video yang ada di YouTube untuk membantu pekerjaan kita. Tapi dengan koneksi yang tidak stabil dan lambat, streaming video secara langsung bukanlah cara yang tepat. Kita harus menunggu video selesai buffering baru kita bisa melihat. Belum lagi ketika kita ingin mempercepat atau kembali melihat bagaian tertentu video, buffering akan sangat menyita waktu. Cara yang tepat adalah dengan mendownload video. Dengan begitu kita bisa melihat video berulang kali dan menggeser ke bagaian tertentu tanpa perlu buffering.

Selain beberapa hal yang bisa kita lakukan agar tetap nyaman bekerja dengan internet sekalipun koneksi lagi lambat di atas, ada sebuah pertanyaan yang berhubungan dengan aplikasi Bandwidth Booster. Apakah aplikasi Bandwidth Booster membantu saat bandwidth lambat? Jawabnya adalah ya membantu tapi hanya mengoptimalkan bandwidth saja. Artinya kecepatan tetap bergantung dengan kecepatan Internet sesuai paket berlangganan kita ke ISP. Semisal jika kita berlangganan paket Internet dengan kecepatan 384 Kbps, ya maksimal speed yang kita dapat meskipun dengan aplikasi Badwidth Booster ya 384 Kbps. Kecuali kita melakukan hal-hal “curang” lain. ๐Ÿ˜€

Jadi itu tadi sedikit hal yang bisa saya bagi tentang Bagaimana Tetap Nyaman Bekerja Ketika Bandwidth Lambat. Jika teman-teman ada tambahan tips, silahkan tambahkan melalui kolom komentar

[img credit dari http://www.quickfireinternet.com]

4 KOMENTAR

  1. Tips pertama selalu saya pakai dari dulu, Mas. Kalau niatnya baca-baca ya biasanya saya atur tidak memuat gambar, nah kalau penasaran dengan gambar atau memang penting banget ya saya muat gambarnya. Dengan begitu kecepatan internet saya lancar jaya. ๐Ÿ™‚

  2. apakah saya pertamax???

    btw aku malah seneng buffering, soale tak tinggal mektor disik, mektor selesai, buffering juga selesai.. haha.. nek download, aku jarang muter video berkali2 sih, jadi ngebek2i harddisk..

    • Selamat mas ndop, sampeyan pertamax.. Hahaha..

      Masalah senang atau ndak dengan buffering mah tergantung masing2 orang. Klo misal seperti mas ndop yg bisa memanfatkan waktu buffering untuk kerjain yg lain, itu keren banget euy..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here