Kopdar

Kopdar dan Perdalam Blog di Blogilicious de Surabaya

Di tengah gempuran beragamnya layanan Social Media yang sedikit banyak mengalihkan perhatian para Blogger dari dunia Blog, Alhamdulillah ada salah satu startup lokal yang membantu sedikit-demi sedikit mengembalikan geliat nge-blog teman-teman Blogger Lagi. Startup Lokal alias startup dari Indonesia yang meberikan hembusan angin segar untuk para blogger kembali ke “jalan yang benar” itu adalah IdBlognetwork. IdblogNetwork adalah startup yang didirkan berdasarkan kebutuhan pasar, kebutuhan advertiser untuk melakukan pendekatan komunikasi pemasaran secara personal yaitu melalui para blogger. Kata lain, IdBlognetwork merangkul teman-teman Blogger di Indonesia untuk kemudian bersama-sama menjadikan blog sebagai aset publisher masa depan.

Loh, berarti ngeblog untuk nyari duit dong? Wah Blogger mata duitan dong? Jika ada yang bilang dan tanya seperti itu saya akan jawab iya, lantas kenapa? “Bukannya setiap Blogger punya hak untuk menjadi Blogger Profesional?” Sebuah kalimat yang diutarakan mas eko eshape ketika berjumpa beberapa waktu lalu.

Blog sejatinya adalah rumah kita di dunia maya yang mana kita si pemilik blog berhak dan bertanggung jawab atas Blog kita tersebut. Mau dibawa kemana Blog kita, itu merupakan hak setiap blogger. termasuk ketika kita ingin menjadikan Blog kita sebagai media untuk menjadikan kita sebagai Blogger Profesional dan mendapatkan penghasilan dari Blog kita. Namun perlu di ingat, meskipun kita berhak sepenuhnya terhadap blog kita, kita tetap harus menjadi Blogger yang bertanggung jawab.

Nah IdBlognetwork sebagai wadah yang menjembatani teman-teman Blogger sebagai Publisher dengan para Advertiser, ingin bersama-sama mengubah dan mensosialisasikan ke setiap blogger bahwa setiap blogger dapat menjadi seorang blogger yang profesional serta mendapatkan penghasilan dari blognya secara sehat tanpa perlu menghalalkan segala cara. Keinginan IdBlognetwork ini diwujudkan dalam bentuk events “Road Blog IdBlogilicious”. Acara Road Blog IdBlogilicious ini digelar IdBlognetwork di kota-kota besar di Indonesia diantaranya yaitu, Surabaya, Makasar, Medan, Palembang, Jogjakarta, Bandung, dan Jakarta.

Blogilicious De Surabaya

Suasana Blogilicious de Surabaya, Suasana Blogilicious de Surabaya

Sabtu dan Minggu tanggal 14 dan 15 Mei 2011 kemarin, kota pahlawan tercinta menjadi kota pertama yang menjadi tuan rumah acara Road Blog IdBlogilicious. Acara yang dihelat 2 hari dan bertempat di Ruang Pertemuan Fakultas Teknologi Industri (FTI) UPN Veteran Surabaya tersebut sukses diselenggarakan dengan Jumlah peserta kurang lebih 300 orang. Perwakilan dari IdBlognetwork yang turut hadir di acara tersebut antara lain Mas Kukuh TW, Mbak Mubarika D, Mbak Ajengkol, Mas Amril TG, dan Mas Eko EsHaPe.

Blogilicious De Surabaya Hari Pertama
Seperti yang sudah saya bilang di awal postingan ini, bahwa acara Road Blog IdBlogilicious tidak sekedar mengumpulkan teman-teman blogger untuk kopdar. Di acara IdBlogilicious Surabaya yang bertajuk Blgilicious de Surabaya ini juga digelar beberapa seminar dan semi workshop yang menyoal hal-hal yang berhubungan dengan Blog dan Social Media.

Blogilicious De Surabaya Hari Pertama yang dimulai jam 8.30 WIB tersebut di buka dengan tarian selamat datang dan menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama, kemudian dilanjutkan dengan sambutan-sambutan dari pihak kampus UPN Veteran Surabaya yang diwakili oleh Bapak Dekan FTI UPN, Ketua Pelaksana yaitu Mas Nopy PR, dan Perwakilan dari IdBlognetwork yang diwakili oleh mbak Mubarika Darmayanti.

Setelah acara pembuka dan sambutan-sambutan, presentasi pertama dimulai. Presentasi pertama di bawakan oleh Mas Amril TG. Mas Amril TG begitu akrab disapa ini adalah salah satu blogger profesional asal Makasar yang saat ini tinggal di Jakarta. Mas Amril Taufik Gober, panggilan lain dari mas Amril TG dalam presentasinya memaparkan tentang Tips Blogging untuk menjadi seorang Blogger Profesional seperti beliau.

Presentasi kedua di acara Blogiicious de Surabaya dibawakan oleh sang punggawa blog dengan alamat di muslimah.web.id. Beliau adalah mbak Ajeng yang akrab disapa dengan Ajeng. Di presentasinya mbak Ajeng memaparkan dengan jelas apa saja etika yang harus diketahui dan dipatuhi oleh seorang blogger. Presentasi selanjutnya yakni yang ke-3 dibawakan oleh Mas Setyo Budianto. Mas Setyo Budianto ini adalah salah satu Blogger yang Profesional dari Surabaya. Mas Setyo Budianto memaparkan panjang lebar tentang model baru nge-blog, yakni mobile Blogging. Diakhir presentasiya, untuk semakin memeriahkan acara Blogilicious de Surabaya, Mas Setyo Budianto yang bekerja di Flexy membagikan sebuah modem sebagai doorprice kepada peserta Blogilicious Chapter Surabaya.

BACA JUGA :  Oleh-oleh Pesta Blogger 2008

Sebelum lanjut ke presentasi berikutnya, acara harus break terlebih dahulu untuk makan siang. Selama peserta makan siang, peserta disuguhi penampilan teman-teman UKM Musik UPN. Setelah cukup ishomanya, acara dilanjutkan dengan presentasi adari Mbak Alderina a.k.a sharon atau popon. Dalam presentasinya kali ini mbak Alderina memaparkan tentang Social Media yang meliputi Trend, perkembangan dan bagaimana menyikapi keberadaan Social Media tersebut.

Acara Blogilicious de Surabaya hari pertama diakhiri dengan presentasi dari Mas Nopy PR. Mas Nopy PR menjelaskan bahwa seorang Blogger bisa menjadi seorang entrepreneur atau bahasa kerenya adalah Blogpreneur. Tidak hanya sekedar presentasi saja, untuk menambah semangat teman-teman yang hadir di acara tersebut, Mbak Mubarika dan Mas Kukuh TW dari IdBlognetwork membagikan Doorprice berupa Job Review dengan nila 1 juta rupiah kepada peserta yang bisa menjawab pertanyaan dari Mas Eko EsHaPe selaku MC.

Blogilicious de Surabaya Hari Kedua
Jika di hari pertama acara Blogilicious de Surabaya banyak diisi oleh presentasi berupa seminar, di hari kedua panitia khusus mengagendakan acara dalam bentuk semi workshop. Mengawali acara di hari kedua, presentasi disampaikan oleh mas Zulkarnaen dari Zulsdesain yang memaparkan paparan seputar Blog Desain. Mas Zul menjelaskan panjang lebar hal-hal yang perlu diperhatikan oleh seorang blogger dalam memilih desain themes yang akan dipakai untuk Blognya.

Blogilicious de Surabaya, Blogilicious Surabaya

Nah di hari kedua Blogilicious de Surabaya ini saya diberikan kehormatan oleh panitia dan IdBlognetwork untuk menjadi pembicara di acara ini. Saya mendapat amanah untuk menyampaikan tentang bagaimana mengamankan Blog kita dari kemungkinan ancaman-ancaman keamanan yang ada di Internet. Apa yang saya jelaskan? Mungkin teman-teman bisa langsung melihat materi yang saya sampaikan di acara tersebut di slide di bawah ini.

Di sela-sela presentasi saya, terpaksa saya harus menghentikan sejenak karena sudah masuk waktu makan siang. Jika di break makan siang hari pertama teman-teman yang hadir di acara ini disuguhi penampilan teman-teman UKM Musik UPN, di break makan siang hari kedua ini teman-teman dihibur oleh penampilan dari Musik Patrol. Sajian musik tradisional yang cukup menarik saya rasa.

Presentasi terakhir yakni presentasi semi workshop tentang SEO (Search Engine Optimization) yang di bawakan oleh Bapak Abdul Ghofur atau yang akrap disapa dengan Pak Gempur. Beliau memaparkan panjang lebar tips dan trik bagaimana menempatkan postingan Blog kita di halaman depan SERP (Search Engine Result Page) Mesin Pencari menggunakan teknik SEO yang baik dan sehat.

Di penghujung acara, lagi-lagi panitia mengumumkan adanya lomba semi SEO bagi peserta yang hadir di acara Blogilicious de Surabaya dengan hadiah sebuah handphone Samsung Galaxy Mini.

Terimakasih kepada teman-teman Panitia yang sudah memenage acara dengan sangat baik, dan terimakasih kepada teman-teman IdBlognetwork yang hadir di Surabaya. Sampai ketemu di kesempatan kopdar yang lain.

Galery :

TPC On Bloggilicious de Surabaya
TPC On Bloggilicious de Surabaya
Photo Bareng
Photo Bareng
saya dan Nak kanak Blogger Plat-M
saya dan Nak kanak Blogger Plat-M

 

Photo Credit : Facebook Mas Amril TG, Azizhadi Photo , Rusabawean Photo , Niyasah Photo Stream

21 thoughts on “Kopdar dan Perdalam Blog di Blogilicious de Surabaya”

  1. Nunggu di jogja mas semoga bisa mengikuti. sangat berharab bisa bergabung dan berguru kepada master2 blog indonesia. siap pantau perkembangannya lagi di blognya mas Frenavit putra

  2. mas Boderx iki huebat tuenan yo
    wes dadi pemcicara, mantap mane tulisane πŸ˜€

    mari ngene nang Medan, hmmm Rusa nunggu oleh2 ae wes πŸ˜€

  3. Melihat ulasan serta foto2nya saya cuman bisa cengar-cengir nyesel aja ne blm bisa ikutan acara IBN, padahal udah keterima jadi publisher, deket lagi wilayahnya. Tapi nasi udah jadi bubur alias terlanjur g ikutan mau gimana lagi ya.. hich

  4. LOVE THIS!
    Tulisannya lengkap, singkat, padat dan tidak membosankan! πŸ˜€
    semoga dengan diadakannya #Idblogilicious ini kita menjadi blogger yang semakin profesional dan berkualitas!

    salam kenal mas.
    member Idblognetwork-Medan

    1. Wah terimakasih banyak, salam kenal juga dari saya. Dari medan ya, berarti minggu depan ini acara Roadblog Blogilicious medan. Mantep.. Semangat n Keep Blogging ya!!

  5. “Mau dibawa kemana Blog kita ….”
    Nyanyi sambil pasang slayer di jidat ala Armada xD

    aku lebih seneng kopdar seneng2 e, vit, timbang ke seminar *sebenernya* walaupun ikutan begini memang banyak positifnya xD

    1. Wehehe.. kalo kopdar n seneng2 itu pasti mbak. Kalo bisa kan sekali mendayung 2, 3 pulau terlewati.. ya kopdar ya dapat ilmu.. hihi.. ayo kapan kopdar seneng-seneng lagi mbak?? ntar sama si aziz dll.. πŸ˜€

  6. Pada akhirnya tren promosi akan beralih ke online & social media campaign. Jadi terlepas dari si blogger cari duit or gak, advertiser memang butuh blogger. Spread banner promotion 10000 banner jauh lebih murah dari 1 banner bilboard, jadi ini sama2 untung juga.
    Tapi kalau saya, tentu saja blog selain jd tempat sharing info or sekedar curhat, juga ingin kalo bisa ya menghasilkan. Bukan begitu? Hehee..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *