Wordpress MaintenanceSepertinya sudah cukup lama sekali daya tidak menulis tentang tutorial WordPress atau yang berhubungan dengan Web Application dan Web Developing. Hal ini dikarenakan beberapa saat yang lalu saya tengah berkutik dengan Developing Desktop Application dari sebuah project yang tengah saya kerjakan. Nah pada kesempatan kali ini saya kembali akan sedikit berbagi tentang tutorial WordPress sebagai penebus rasa kengen saya untuk nulis tutorial WordPress dan Web Developing.

Pada postingan kali ini saya akan sedikit mengulas tentang Problem Solving terhadap permasalahan yang sering muncul akibat Gagal dalam Updgrade WordPress atau Plugins WordPress. Error yang muncul akibat gagal dalam proses upgrade WordPress atau Plugins WordPress biasanya adalah halaman site atau blog yang menggunakan CMS WordPress tidak dapat diakses dan keluar Message/ Pesan “Briefly unavailable for scheduled maintenance”.

Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab kegagalan proses Upgrade WordPress atau Plugins WordPress ke versi terbaru. Dan masalah umum yang sering terjadi adalah pada proses Upgrade Otomatis yang berhenti ditengah jalan akibat koneksi internet yang lambat dan user membatalkan paksa proses upgrade otomatis tersebut.

Nah apa yang harus kita lakukan sebelum melakukan Upgrade WordPress atau Plugins WordPress ke Versi Terbaru? Berikut 2 hal yang harus dilakukan dan mungkin harus diperhatikan guna menghindari gagal ketika melakukan Upgrade WordPress atau Plugins WordPress ke Versi terbaru.

Pastikan Koneksi Internet yang di pakai stabil.
Koneksi internet mutlak menjadi hal yang harus diperhatikan, karena internet adalah media utama kita untuk mengakses Dashboard WordPress kita guna melakukan Upgrade. Mungkin bagi mereka yang tinggal di luar Indonesia koneksi Internet bukanlah menjadi masalah, namun yang spserti kita semua tahu bahwa koneksi di Indonesia masih cukup jauh dari kata normal dan stabil. Hal ini berakibat pada pada user yang dengan mudah membatalkan proses upgrade yang dianggapnya gagal akibat error pada WordPress atau Pluggins WordPress, padahal proses upgrade tengah berlangsung. Karena koneksi Internet yang tidak stabil, maka proses upgrade butuh waktu yang lama. Bagi user yang kurang paham hal ini apalagi tidak sabar, maka proses akan dipaksa berhenti, akibatnya proses upgrade tidak sempurna.

Backup Blog dan DataSebelum di Upgrade.
Himbauan untuk membackup data dan database dari wordpress selalu ada ketika kita hendak melakukan upgrade wordpress atau plugins wordpress kita ke versi terbaru. Jadi membackup data Blog dan Database WordPress dapat kita lakukan sebagai cara untuk mengurangi masalah yang timbul akibat gagal dalam Upgrade WordPress atau Plugin WordPress. Sehingga apabila terjadi error wordpress karena gagal upgrade, kita tinggal restore backup data yang sudah kita backup sebelumnya.

Nah lantas bagi anda yang sudah terlanjur mengalami error jangan khawatir, cari file .maintenance yang ada di root folder CMS wordpress teman-teman, kemudian hapus file tersebut. Setelah file .maintenance sudah terhapus teman-teman sudah bisa mengakses Blog atau Dashboard CMS wordpress teman-teman. Silahkan teman-teman re-install / upgrade WordPress teman-teman kembali melalui dashboard WordPress.

Semoga berhasil dan selamat mencoba, jika masih ada yang bermasalah bisa langsung tanya via Comment Form di bawah..  :thanks2

1 KOMENTAR

  1. Wah, entah sudah berapa tahun loteng rumahku nggak pernah dicek. Sekali dua kali aja naik kesana kalo pas ada kasus bocor. Sekedar buat nembel retakan di genteng.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here