“Mas kenapa sih sampeyan doyan banget nge-net, duduk berjam-jam di depan komputer dengan koneksi internet betah banget! Ndak bosen apa?” …. “Mas apasih yang sampeyan lakukan di depan komputer itu sih? Betah bener?” … “Mas tidak bosen apa mantengin internet terus?” … “Ngapain saja sih mas di depan komputer itu?” … “Browsing apasih? kok betah banget di depan komputernya?”

Ya, apa yang ada di atas merupakan sedikit dari sekian banyak ungkapan sekaligus pertanyaan dari beberapa teman dekat saya yang melihat kebiasaan saya yang betah duduk berlama-lamaan di depan komputer untuk berinternet ria. Saya tidak heran dan juga tidak risih banyak yang berkomentar seperti itu, toh saya juga sadar kalau apa yang saya lakukan ini memang bisa dibilang sedikit berlebihan dan dianggap aneh oleh orang lain. Bayangkan, berjam-jam duduk di depan komputer dengan hanya jari-jemari saja yang aktif di atas keyboard, terkadang ketawa-ketawa sendiri sambil tatapan tetap ke layar komputer. Seperti orang gak bener memang. Namun inilah saya dan seperti inilah saya.

Apa yang saya lakukan berjam-jam di depan komputer tersebut adalah menjelajah dunia baru yakni dunia internet atau lebih kerennya biasa di sebut ranah internet atau dunia maya. Hampir semua di antara kita mengerti dan paham internet itu apa dan bahkan juga menggunakannya hanya saja mungkin tingkat ketertarikannya akan internet yang berbeda-beda. Dari fenomena apa yang menjadi ungkapan sekaligus pertanyaan teman-teman di sekitar saya yang menyoal ketertarikan berlebihan saya terhadap internet tersebut saya ingin sedikit berbagi, Kenapa sih Internet dan sangat suka sekali dengan Internet? tentunya alasan ini muncul dari pemikiran saya sebagai orang yang berlebihan suka terhadap internet.

Dengan Internet buka Cakrawala kita


CakrawalaYup bener banget, saya sudah merasakannya sejak awal saya mulai menyukai internet. Jujur bisa dibilang saya ini orang desa yang mana jika dibandingkan dengan teman-teman saya yang rata-rata tinggal di Kota perbandingannya sangat jauh. Sering minder saat dengar teman ngobrol akan satu hal yang mana saya tidak tahu menahu akan hal tersebut.

Namun sejak saya mulai “mencintai” dan “menggauli” Internet, perlahan tapi pasti rasa minder tersebut hilang karena saya memperoleh hal-hal baru dari internet tentang apa saja, terlebih update informasi yang cepat up to date dari internet yang mana membuat saya sedikit PD (Percaya Diri) ketika berbincang dengan teman atau orang lain. Yah minimal kalau pas asyik ngobrol ternyata ada yang tidak mengerti saya langsung menanyakannya ke mbah google dan eng.. ing.. eng dalam waktu kurang dari 5 menit cakrawala saya terbuka lagi.

Segudang Ilmu dan Informasi Baru ada di Internet


PengetahuanJika ada seseorany yang bijak mengatakan “Mencari ilmu bisa di mana saja, tidak harus di sekolah” saya rasa ungkapan tersebut benar adanya dan saya sendiri telah membuktikannya. Saya merasa ilmu yang saya peroleh dari bangku pendidikan formal tak ayal hanyalah pondasi keilmuan saja, lantas pengebangan dan lebih dalam tentang keilmuan tersebut harus saya cari sendiri dan saya kembangkan dengan sendirinya.

Setalah cukup lama bergumul dengan Internet, ternyata internet saya rasakan cukup bisa memfasilitasi saya guna mengembangkan dan mempelajari lebih dalam keilmuan yang saya pelajari. Ssperi di alasan pertama, saya menemukan hal-hal baru terutama dalam hal informasi dan dalam berbagai bidang keilmuan ada di internet. Saya dapat dengan mudah mendapatkan segala hal yang mendukung keilmuan yang sedang saya tekuni.

Karena sifat internet yang terbuka dan siapa saja dapat mengakses, mengelola dan menyebarkan informasi di Internet, ada ribuan bahkan jutaan ilmu pengetahuan dan informasi yang di update secara berkala dan dapat kita akses dengan mudah. Mulai dari informasi atau ilmu pengetahuan yang sangat sepele seperti cara cepat melipat baju hingga ilmu pengetahuan dan informasi yang rumit seperti ilmu kedokteran, Informasi teknologi, dll. Bahkan Ilmu Ghaib pun ada.

Bersosialisasi jadi lebih mudah karena Internet


InteraksiMungkin teman-teman pernah mendengar ada yang bilang “Dengan internet, mendekatkan yang jauh, mengakrabkan yang dekat”, benar sekali dengan semakin menjamur dan maraknya penggunaan layanan internet seperti chating, email, forum, Blog, dan Layanan Social Media seperti Facebook, Twitter, Plurk, Koprol dll membuat kegiatan untuk bersosialisasi dengan orang lain kini tidak lagi mengenal jarak dan batas. Realtime, seketika itu juga kita bisa berkomunikasi dengan kerabat, sahabat, teman atau kenalan baru kita yang dipisahkan jarak yang bermil-mil. Dengan adanya internet dunia serasa semakin dekat.

Banyak di antara teman saya yang aktif di dunia maya dan termasuk juga saya merasakan efek mudahnya bersosialisasi melalui internet ini. Tidak jarang teman-teman yang mendapatkan tawaran pekerjaan dari teman-teman yang lain hasil bersosialisasi di internet. Bahkan bisa mendapatkan pacar dari internet dan menikahpun juga ada.

Dengan Internet dapatkan penghasilan


Nah bagaian yang ini adalah bagaian yang menyenangkan, bagaimana tidak la iming-imingnya dapat uang dari internet?! sapa juga yang tidak mau?! Memang benar jika dengan internet kita dapat memperoleh tambahan penghasilan. Banyak layanan yang menyediakan layanan yang membayar pengguna internet ketika pengguna tersebut menggunakan layanannya. Sebut saja Google Adsence, layanan dari google yang memberikan dollar ketika para penggiat dunia maya memasang iklan adsence di blog atau website yang dimiliki dan ada pengunjung yang mengklik iklan tersebut.

Businness OnlineTidak berhenti di situ saja, para pelaku bisnis dapat memanfaatkan internet sebagai media promosi alternatif selain media promosi konvensional yang ada. Banyak keuntungan yang bisa didapat oleh pelaku bisnis jika memanfaatkan internet yakni pelaku bisnis tidak perlu membayar jasa iklan yang sangat mahal layaknya beriklan di media konvensional yang ada. Selain promosi, pebisnis pun dapat meletakkan portfolio apa yang pernah dikerjakannya di internet yang mana kemudian dapat dilihat dan di akses oleh setiap orang yang menggunakan internet dari mana saja dan kapan saja.

Selain media promosi, bagi mereka yang memiliki usaha di dunia nyata internet juga merupakan sebuah wadah atau lapak yang bisa digunakan untuk berjualan. Hal ini sangat mungkin dilakukan mengingat adanya layanan e-comerce atau biasa dikenal dengan toko online. Efeknyapun sama, dengan sedikit budget namun efek yang ditimbulkan dengan adanya toko online sangat besar, pembeli tak harus lagi datang ke toko untuk membeli barang. Pembeli hanya cukup menyalakan komputer, connect ke internet, buka website toko online kita, order barang, melakukan pembayaran, dan barang akan di kirim.

Kesimpulannya, selain mendapatkan tambahan pendapatan dari layanan yang membayar kita, jika kita seorang pebisnis atau seorang pengusaha yang mana memanfaatkan internet untuk kegiatan usaha atau bisnis kita maka kita dapat memperoleh manfaat yang sangat besar salah satunya memperlancar kegiatan bisnis kita tersebut. Manfaat lainnya adalah kita dapat memangkas modal usaha namun tetap mendapatkan efek yang besar untuk usaha dan bisnis kita, atau bahasa kerennya “Low Budget High Impact”.

Peroleh Kemudahan dengan Internet


kemudahanAdanya berbagai layanan dan fitur internet yang mana oleh pembuatnya dibuat dengan tujuan untuk mempermudah pengguna dalam melakukan setiap kegiatan merupakan salah satu alasan kenapa banyak oang dan termasuk saya suka berlama-lama berselancar di dunia maya. Saya merasakan dapat memperoleh kemudahan untuk mendukung setiap aktivitas yang saya lakukan.

Salah satu kemudahan yang saya peroleh dan dapat saya rasakan adalah saya dapat mengakses informasi akademik perkuliahan, pengumuman sebuah event, hingga melakukan transaksi jual beli sekalipun hanya cukup saya lakukan dari dalam kost atau rumah tanpa perlu susah payah datang ke kampus, datang keskretariat acara sebuah event, atau datan ke Mall hanya untuk mendapatkan informasi atau membeli barang.

Dengan adanya layanan internet seperti email, forum, Sistem Intranet Kampus, toko online, Layanan Internet Banking, dll saya cukup berada di depan komputer dengan koneksi internet, beberapa aktivitas saya sudah dapat tercover.

*****

Conclusion


Kenapa Internet?? karena dengan adanya layanan internet dan juga sejuta fitur yang dibawanya, internet merupakan alat yang memudahkan kita dalam hal mendukung kegiatan sehari-hari kita. Bukan tidak mungkin kedepan internet akan menjadi sebuah “habitat” atau dunia lain selain dunia nyata di mana kita hidup sekarang ini. Percayalah meski diluar sana beredar rumor internet membawa efek negatif, namun ketika kita bijak dalam menggunakannya kebaikanlah yang akan kita dapatkan.

:toast

img src : http://bit.ly/hrfX5r

12 KOMENTAR

  1. yup informasi man, temen ane malah bengong, setiap lokasi di kota ane, semarang ane potoin, kasih alamat, barang yang dijual sama petanya, so, klo pergi pergi ke semarang bisa dijadiin referensi nih gan… ๐Ÿ™‚

  2. Setuju sama kesimpulannya Mas.
    Klo kita manfaatin internet untuk hal2 yang baik, pasti akan memberikan manfaat bagi kita, dan begitu juga sebaliknya.

  3. yup informasi man, temen ane malah bengong, setiap lokasi di kota ane, semarang ane potoin, kasih alamat, barang yang dijual sama petanya, so, klo pergi pergi ke semarang bisa dijadiin referensi nih gan… ๐Ÿ™‚

  4. Yups saya setuju banget dengan apa yang anda tuliskan diatas. Dengan internet, kita jadi tahu apa yang terjadi di belahan bumi manapun, menambah ilmu dan wawasan kita. Namun seperti yang sedang rame dibicarakan orang tentang “internet sehat” maka kita harus memanfaatkan internet untuk hal-hal yang positif dan bermanfaat bagi kita. Bener gak mas?

    • yup bener banget, seperti yang saya tulis di akhir kesimpulan postingan ini ketika kita bijak dalam menggunakannya kebaikanlah yang akan kita dapatkan. :shakehand2

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here