Orang bijak mengatakan bahwa “Jangan Sekali-sekali Melupakan Sejarah” atau biasa disingkat dengan JASMERAH sepertinya benar. Sejarah adalah replika masa kini atau masa sekarang. Jadi, kita harus menekan tombol imajiner kilas balik untuk kehidaupan di zaman dahulu kala sebelum masa ini.

Kita harus tahu bahwa hubungan yang menghubungkan awal mula atau masa lalu dan masa yang akan datang. Salah satunya dalam hal perkembangan web, sejara konklusif dan jelas serta menarik untuk digali dan diselami yang mana di dalamnya terhampar luas dunia imajinasi, seni dan keahlian. Untuk itu mari sejenak melalui postingan kali ini kita mencoba kembali ke awal sejarah desain web…

Di akhir tahun 1960-an internet digunakan untuk mentransfer data antara komputer melalui sistem jaringan yang mana pada masa itu jaringan yang digunakan adalah jaringan telepon. Transfer data itu dilakukan oleh Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP). Ini dikembangkan oleh Badan Penelitia dan Proyek. Pada awlanya jaringan Internet ini dikembangkan untuk kebutuhan militer AS, namun seiring perkembangan digunakan oleh beberapa Universitas terkemuka di Amerika Serikat.

Pada tahun 1969, selain dikenalkan ARPANET, Generalized Markup Language (GML) juga dibuat. GML muncul dari pikiran brilian 3 orang yaitu Charles Goldfarb, Edward Mosher, dan Raymond Lorie. GML Kemudian digunakan untuk kemudahan manajemen teks dalam sistem informasi dengan sekala besar dan GML juga digunakan oleh IBM pada perangkat buatannya pada saat itu.

Tim Berners Lee
Tim Berners Lee

Ketika tahun 1980 American National Standards Institute (ANSI) muncul dan menerbitkan draft kerja Standar GML atau yang dekenal dengan SGML. Hal ini kemudian diadopsi sebagai sistem standar oleh instansi pemerintah, perusahaan riset dan sekolah. Beberapa tahun kemudian, seorang ilmuwan yang bekerja di CERN, Laboratorium Fisika Nuklir Partikel di Swiss, dengan nama Tim Berners-Lee, menemukan HyperText Markup Language (HTML) untuk menentukan struktur halaman Web. Nah inilah awal munculnya bahasa standar Website-website seperti yang bisa kita buka saat ini. HTML adalah bahasa standar protokol dan dengan browser sebagai alat pengubah versi html ke versi text. HTML saat itu bisa digunakan untuk menampilkan tulisan dan gambar multimedia atau apapun yanng menggunakan tabel, grafik, audio, video, dan simbol matematika sekalipun.

Berners-Lee juga bertanggung jawab atas perkembangan awal kemampuan web untuk menghubungkan makalah akademis seperti buku penelitian dan kajian secara elektronik. Kontribusi lain adalah dimulainya konsep internet untuk menjawab pertanyaan intelektual dan emosional orang di seluruh dunia.

Dan pada tahun 1980 ketika web mengalami evolusi yang sangat cepat. Perubahan tersebut sekarang juga diadopsi untuk bisnis, pendidikan, pemerintahan dan berbagai aspek yang ada. Ini adalah awal dimana World Wide Web (WWW) mulai dikembangkan oleh banyak cendikiawan untuk lebih mengeksplore cara berkomunikasi baru melalui media internet.

Awalnya, browser hanya mampu melihat teks, namun kini, mereka telah berkembang dan berjalan di atas berbagai macam platform komputer. Selain itu, ada juga banyak perangkat lunak authoring tersedia hari ini. Bahkan, telah berubah sangat user-friendly yang sangat mudah dipahami hingga anak-anakpun dapat memahami dan menggunakannya!

***

Efek pesatnya perkembangan teknologi web tersebut kini telah bisa kita rasakan. Bayangkan saja sekarang kita dapat berkomunikasi dengan sahabat, teman atau bahkan keluarga yang dipisahkan oleh jarak dengan sangat-sangat mudah. Koneksi internet tersedia di mana-mana, tidak lagi hanya diperuntukkan untuk kalangan militer saja. Hampir disetiap rumah telah ada koneksi internet.

Buah pemikiran para cendikiawan yang mengeksplorasi World Wide Web pun bisa kita gunakan sekarang ini. Sebut saja layanan Social Media yang ada saat ini, itu merupakan sebuah hasil  karya dari pengembangan teknologi Web.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here