SOTO, ya soto. Seperti yang kita semua ketahui bahwa Soto adalah salah satu dari sekian banyak makanan khas yang ada di Indonesia yang bahan utamanya terbuat dari kaldu daging dan dengan ditambahkan beberapa macam sayuran. Seperti yang kita ketahui juga bahawasannya ada berbagai jenis Soto yang ada di Indonesia, sebut saja Soto Ayam, Soto Daging, Soto Babat, dll. Soto Ayam pun ada berbagai macam. Nah, beberapa saat yang lalu saat saya jalan-jalan ke sebuah Kota di Jawa Timur saya menemukan Soto yang benar-benar sangat berbeda dengan Soto pada umumnya, yaitu “Soto Bok Ijo” Khas Kediri.

Soto Khas Kediri

Tidak ada yang tahu secara persis, kenapa soto tersebut diberi nama Soto Bok Ijo. Namun dari cerita turun temurun, istilah Soto Bok Ijo dikenal karena lokasi berjualan para tukang soto tersebut dahulu berada di sekitar Bok Ijo. Bok Ijo merupakan bahasa Jawa, yang artinya dalam Bahasa Indonesia adalah Jembatan Hijau. Namun bagi pendatang luar daerah atau anda yang hendak menikmati Soto Bok Ijo, jangan pernah berpikir bakal menemukan Bok Ijo. Lokasi Bok Ijo kini sudah berubah menjadi pertigaan padat lalu lintas, karena posisinya berada di depan Terminal Tamanan Kota Kediri.

Bos saya bilang “Drex, Jangan ngaku kamu pernah ke kediri kalau kamu belum nyicipi Soto Bok Ijo Khas Kediri”. Emang seperti apa sih soto bok ijo yang menjadi ciri khas kota Kediri ini? Dari jenis Soto saya rasa tidak ada bedanya dengan Soto Ayam lamongan ataupun Soto Ayam yang lainnya karena kuah dari Soto Bok Ijo Khas Kediri ini terbuat dari kaldu ayam dan dalam penyajiannya disertakan irisan daging ayam pula, hanya saja anda akan dibuat kaget ketika mengetahui harga perporsi dari Soto Bok Ijo ini, pasalnya satu porsi soto hanya dibandrol antara Rp. 2.500,- s/d Rp. 3.500,-. Murah sangat? Ya, memang segitulah harga perporsi soto Bok Ijo tersebut karena porsi Soto Bok Ijo khas Kediri ini sedikit berbeda porsinya dengan Soto yang lain. Porsi yang disajikan jauh lebih sedikit dibandingkan dengan porsi Soto pada umumnya. Namun inilah yang menjadi chiri khas dan daya tarik Soto Bok Ijo ini.

Soto Bok Ijo Kediri

Lha terus kalau porsinya kecil atau sedikit berarti soto ini ndak bikin kenyang dong? Sabar, jangan berprasangka dahulu. Justru inilah seni yang ditawarkan oleh Soto Bok Ijo Khas Kediri. Dengan porsi yang lebih sedikit atau kecil itu, soto bok ijo mampu memberikan kenikmatan makan soto dan minta tambah beberapa mangkok lagi. Jujur saat saya mencicipi untuk pertama kali Soto Bok ijo ini saya Nambah sebanyak 2 mangkok, bukan karena kelaparan atau gimana hanya saja saya merasa menyantap 1 Mangkok Soto ini kurang pas rasanya, harus lebih dari satu, toh harganya juga terjangkau.

Soto Ayam Bok Ijo

Dalam satu porsi SOto Bok Ijo ini disajikan nasi, potongan ayam kampung, taoge kecil, irisan kol, seiris jeruk nipis dan tentu saja kecap. Kecapnya khas, tradisional, manis dan kental. Sebagai pelengkap, anda bisa meminta tambahan bagian lain dari ayam seperti kulit, kepala, jerohan atau ada pula sate telur puyuh.

Ada tambahan unik yang tidak ditemukan di soto atau tempat lain, yaitu ayam bakar kecap. Uniknya, yang dibakar adalah bagian tulang ayam atau biasa dikenal dengan balungan yang dagingnya sudah diambil untuk soto. Nah, kelezatan menikmati sisa daging yang melekat di tulang ayam bakar ini sungguh membuat lidah menari-nari tiap kali menikmatinya bersama soto bok ijo panas. Sungguh dahsyat perpaduan soto ayam bok ijo khas kediri yang segar dengan manisnya ayam bakar khas soto Bok Ijo.

Nah penasarankan dengan segarnya Soto Ayam Bok Ijo berpadu dengan manis dan nikmatnya Ayam Bakar Khas Bok Ijo Kediri ini? Langsung saja datang ke Sentra “Soto Bok Ijo” yang berada di kawasan Terminal Tamanan Kota Kediri. Di sana ada kurang lebih 30 penjual soto yang siap melayani anda.

14 KOMENTAR

  1. ada lagi didaerah kediri namanya soto branggahan, disitu sepanjang jalan kanan dan kiri jalan dipenuhi oleh sajian kuliner soto ayam branggahan. dan tempat yang paling favorit menurut ane SOTO PAK BENO BRANGGAHAN.. porsinya sama2 semangkuk kecil..

  2. Weleh2 enak tenan sing jenenge soto iku, sampai ngiler2. Tapi enak tenan opo ra soto iki? dari 30 penjual sing enak sing endi yo?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here