Setelah melalui beberapa rilis mulai rilis beta sampai rilis candidate, Developer WordPress akhirnya merilis full version WordPress 3.0, dirilis kemarin tanggal 17 Juni 2010 dengan Codename “Thelonious”. Thelonios di ambil dari nama seorang Jazz Pianist dan Composer dari Amerika. Percaya tidak percaya proses develop WordPress 3.0 ini melibatkan 218 Contributor dan dikerjakan dalam kurun waktu setengah tahun demi menciptakan sebuah CMS yang powerfull namun tetap user friendly bagi penggunanya.

Di versi terbaru dari wordpress ini tidak ada perubahan yang berarti, masih nyaris sama dengan WordPress 2.9, hanya saja ada beberapa feature yang di tambahkan seperti perbaikan fitur APIs (Application Programing Interface) yang lebih lengkap dan memudahkan user dalam hal pemasangan backgroud templates, headers, shortlinks, dan menu. Pengguna tidak perlu lagi mengubah script melalui script editor apabila ingin mengubah backgroud templates, headers, shortlinks, dan menu.

Themes default di Versi WordPress 3.0 tidak lagi menggunakan Default Themes seperti pada versi sebelum-sebelumnya. Pada versi ini default themes digantikan dengan Twenty Ten theme. Pihak Developer juga mengungkapkan bahawa di versi WordPress 3.0 ini, Developer telah memperbaiki kurang lebih 1,217 Bug dan Feature WordPress. Jika kita menggunaka WordPress 3.0 ini kita tidak perlu lagi susah-susah meng-Upgrade plugin satu-persatu, karena di versi terbaru ini telah ditambahkan sebuah fitur untuk memudahkan user dalam hal upgrade beberapa plugins secara bersamaan. Fitur tersebut adalah bulk updates, yang mana user dapat melakukan upgrade lebih dari 1 plugins wordpress dalam waktu yang bersamaan dan hanya dengan sekali klik. Lebih lengkap masalah WordPress 3.0 dan feature-featurenya, anda bisa langsung melihatnya di video tour wordpress 3.0 di bawah ini.

Apabila anda ingin upgrade versi lama WordPress ke Versi WordPress 3.0 ini, anda bisa mendownloadnya di http://wordpress.org atau langsung menggunakan Automatic Upgrade WordPress 3.0 yang ada pada Dashboard Blog atau Site anda. Lebih lengkap tentang WordPress 3.0 anda bisa membacanya di 3.0′s Codex page

25 KOMENTAR

  1. fitur MENUS-nya saya kira sama saja dengan fitur LINKS, dan malah saya kira juga bisa multitab nampir di sidebar, ternyata tidak (doh)

    (dance) (dance) (dance)

  2. Begitu keluar versi RC, maka sudah mafhum bahwa sebentar lagi akan keluar versi finalnya.

    Begitu muncul pemberitahuan lahirnya WP 3.0 langsung melakukan update dengan dua cara.

    Satu cara langsung klik update dari dashboard (http://miesehati.com) dan satunya lagi (http://ekoshp.com/) dengan memasang plugin WP auto update (versi beta yang belum pernah dipakai di versi 2.9.2).

    Dua-duanya berjalan lancar dan dua buah situsku sudah segar memakai WP 3.0

    WP 3.0 memang “Thelo” yang lezat!

    Salam Sehati

  3. sudah upgrade dan sedikit kebbingungan waktu mau upload theme. rupanya tombol add new theme digabungin dengan folder theme

  4. […] Setelah melalui beberapa rilis mulai rilis beta sampai rilis candidate, Developer WordPress akhirnya merilis full version WordPress 3.0, dirilis kemarin tanggal 17 Juni 2010 dengan Codename “Thelonious”. Thelonios di ambil dari nama seorang Jazz Pianist dan Composer dari Amerika. Percaya tidak percaya proses develop WordPress 3.0 ini melibatkan 218 Contributor dan dikerjakan dalam kurun waktu setengah tahun demi […baca selengkapnya] […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here