Beberapa waktu yang lalu Developer CMS yang cukup banyak di gunakan, yaitu wordpress merilis WordPress versi baru. WordPress 3 Release Candidate 1 (RC1). Ya, tim Dveloper tengah mengerjakan Versi terbaru WordPress yaitu WordPress 3. Hanya saja baru sampai versi Release Candidate. Release Candidate adalah versi setelah versi beta sebelum peluncuran versi final. Pengembang atau developer WordPress telah menyempurnakan Versi Betanya, dan kini tengah melakukan pengujian lebih spesifik guna persiapan rilis Versi Final WordPress 3. Hal seperti ini tentunya sangat perlu dilakukan oleh Developer guna meminimalisasi kesalahan dan kekurangan yang ada.

Nah setelah sedikit membaca ulasan tentang versi Release Candidate 1 WordPress 3 ini. Iseng-iseng saya mendownloadnya dan menginstallnya di komputer local. Seperti biasa, setelah wordpress telah terinstall dengan baik saya mencoba mengeksplorasi lebih jauh fitur-fitur yang ada di WordPress 3 RC 1 ini. Secara umum proses installasi hampir sama dengan WordPress versi sebelumnya, hanya saja ada beberapa hal baru yang saya temukan di wordpress 3 yang tidak ada di wordpress versi sebelumnya, hal baru tersebut antara lain,

Username and Password Required. Seperti yang kita ketahui, pada wordpress versi 2.9.2 ke bawah ketika kita melakukan Installasi pertama kali kita hanya bisa memasukkan Username saja tanpa bisa memasukkan Password. Password otomatis hasil generate wordpress yang isinya acak dan tidak jelas dan kita baru bisa menggantinya di bagaian profile setelah wordpress sukses terinstall. Pada WordPress 3 RC 1 ini, kita bisa langsung memasukkan username serta password yang kita kehendaki saat pertama kalo melakukan Proses Installasi.

Installation wordpress
Username and Password Required Form
Tidak ada lagi character Password yang membingungkan

Menu Costum Themes yang lebih Komplit. Pada WordPress 3 RC 1 ada sebuah menu yang memudahkan kita dalam kostumisasi Themes atau Template WordPress, hanya saja Menu Cotum Themes ini baru bisa berjalan pada themes-themes tertentu yang sudah compatible dengan WordPress 3.0. Pada Menu Costum Themes ini anda tidak perlus susah-susah menggunakan Editor untuk mengganti Gambar Header, Menu di header dan Warna Background. Kita tinggal klik sana sini sudah bisa berubah sesuai dengan keinginan kita.

Mudah Menambahkan Menu, serasa menambahkan Blogroll
Menu Costum Header Image
Costum Menu background

Template Standard Baru. Di WordPress 3.0 RC 1 kali ini anda tidak akan menemukan template standard atau default seperti versi wordpress sebelumnya. Standard templates pada versi terbaru wordpress ini adalah Twenty Ten 1.0 yang di buat oleh WordPress Team.

Perubahan Template Default WordPress

Selain beberapa hal baru tersebut di atas ada beberapa kekurangan yang ada di Versi Release Candidate WordPress 3 ini, antara lain,

Error ketika melakukan Upgrade Manual dari Versi WordPress 2.9.2. Error terjadi pada setingan multi site pada file wp-db.php yang ada di folder wp-includes pada baris ke 505, file http.php dan file classes.php, database dan parse error.

Masih banyak Plugins WordPress yang belum Support dengan WordPress 3 RC 1. Tim Developer WordPress sekarang tengah berusaha menghubungi para Author plugins guna mengupdate plugins yang mereka buat sehingga bisa mensuport WordPress versi terbaru ini.

Oke mungkin segitu saja yang bisa saya ulas di sini perihal WordPress 3.0 RC1. Sambil terus menunggu Versi Finalnya keluar, saya akan mencoba lebih dalam mengesplore WordPress versi terbaru ini. Apabila saya menemukan hal baru InsyaAllah akan saya share di Blog ini. Bagi teman-teman yang ingin mencoba dan mengisntall WordPress 3.0 RC 1. Bisa langsung download di sini

5 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here