Wordpress 3.0, Error WordPress 3.0, WordPress Error, Bug WordPress 3.0Argh.. Semua Categories di Blog ini menghilang?? Aduh ada apa ini dan kenapa?? Apanya yang error?? Ya, itulah yang terjadi kemarin, Categories yang ada di blog ini tiba-tiba menghilang tidak tau kemana. Bingung campur gelisah di tambah gak tau harus gimana menyelimuti suasana hati di Sabtu pagi. Terpaksa yang mestinya sabtu pagi ada agenda Washing-washing bukan Walking-walking harus di cancel karena harus berkutat di depan laptop untuk menyembuhkan masalah tersebut. Lantas kenapa?? Apa yang salah? Apakah ada Plugins yang tidak Support??

Setelah sedikit semedi dan berguru pada mbah Google akhirnya saya tahu kenapa dan apa yang menyebabkan Semua Categories dan Tag di Blog ini menghilang. Menghilangnya Categories dan Tag di Blog ini akibat Resource Limits pada alokasi Memori Limit untuk Konsumsi Script PHP yang kurang. Lho kok bisa kurang? ya bisa. Dari Informasi yang saya dapatkan dari Forum dan Site WordPress Support menjelaskan bahwa pada WordPress Versi 3.0 cukup banyak menkonsumsi Resorce Memori Script PHP di Server. Terus emang berapa alokasi Memori standard untuk Konsumsi Script PHP jika kita menggunakan WP 3.0? Jawabnya tidak ada standard pasti karena penggunaan memori tersebut tidak serta merta di pengaruhi oleh versi WP yang kita pake saja tetapi di tambah seberapa banyak Script PHP yang kita gunakan di Blog kita.

Untuk mengetahui Resource Limit alokasi Memori Konsumsi Script PHP hosting anda, anda bisa melihatnya di Control Panel atau CPanel Hosting anda tepatnya di bagaian Software / Service kemudian pilih PHP Configuration. Pada beberapa Hosting anda hanya bisa melihat Informasi PHP Configuration yang di sediakan pengelola hosting saja tanpa bisa mengubah dan menentukan sendiri Configurasi PHP sesuai keinginan anda. Namun ada juga penyedia Hosting yang memberikan fitur PHP Configuration yang dapat di ubah sesuai dengan kebutuhan kita. Nah Resource limit memory tersebut bisa di ketahui di sana (lihat gambar).

php Configuration, WordPress 3.0 Error, Bug WordPress 3.0
Tampilan PHP Configuration

Bagi anda yang menggunakan Hosting dengan Fitur PHP Configuration yang bisa di ubah sesuai dengan kebutuhan, anda tinggal mengubah settingan alokasi Resource Limit tersebut. Sedangkan untuk yang tidak bisa jangan kuatir dan putus asa, pasalnya pihak Developer WordPress telah menyediakan sebuah plugins yang memiliki fungsi me-reduce atau memperkecil penggunaan Resorce Memori Limit untuk keperluan Konsumsi Script PHP. Nama pluginsnya adalah Memory Bump. Anda cukup mengunduhnya di http://wordpress.org/extend/plugins/memory-bump/ kemudian upload ke folder wp-content/plugins/ dan kemudian mengaktifkannya. Beres masalah tersebut telah teratasi.

Oh ya, Plugins tersebut juga dapat mengatasi masalah Fatall Error yang biasanya keluar pesan :

“Fatal error: Allowed memory size of 33554432 bytes exhausted (tried to allocate 7680 bytes) in…”

Nah sehingga bisa menjadikan Blog anda lebih stabil. Satu lagi, tenang saja Plugins ini aman untuk Hosting.

Referensi :
http://wordpress.org/support/topic/412616
http://wordpress.org/support/topic/253495#post-1017842

17 KOMENTAR

  1. Iya mo migrasi ke WP 3.0 kok masih ragu ya. Mana ntar kalo banyak yg gak support lom ada waktu untuk oprek2. Wes sukses aja dulu deh yg sudah update. Nunggu plugin lainnya bener2 support.
    Seep thanx berbagi.

    • Wew.. sepertinya konsumsi penggunaan memory untuk script php di blog sampeyan ndak terlalu banyak mas.. bedha dengan blog q.. haha..

    • Kalo plugins mah pasti kang.. masih banyak plugins yang ndak Support.. Maklum perubahan pasti butuh waktu..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here