No Photo on Blog Post Is HOAX atau dalam bahasa Indonesia Posting Blog tanpa Foto adalah HOAX. HOAX adalah sebuah istilah yang digunakan banyak orang untuk menyebut sebuah berita yang mana pemberitaannya adalah palsu. Di dunia Blog pun istilah HOAX pun sering digunakan, istilah ini digunakan oleh para blogger untuk sebuah postingan reportase suatu kejadian yang tidak ada bukti nyata terutama dalam bentuk foto. Memang keberadaan sebuah foto dalam pemberitaan atau posting blog memiliki fungsi mempertegas berita atau postingan kita akan suatu kejadian atau posting pemberitaan, namun hal ini akan menjadi sebuah momok bagi beberapa blogger yang menggunakan Self Hosting Blog atau tidak menggunakan layanan Blog dari Blog Provider.

Bagi sebagaian besar pengguna Self Hosting, menambahkan gambar kedalam postingannya harus berpikir beberapa kali dahulu, pasalnya menyimpan gambar dalam hosting yang kita punya harus memperkirakan Space Hosting kita dan Bandwith paket hosting yang kita gunakan. Apabila paket hosting yang kita punya adalah peket Unlimited Space dan Unlimited Bandwith maka fine-fine saja, namun bagi seseorang seperti saya yang memiliki keterbatasan space dan bandwith hosting harus pandai-pandai meletakkan file dalam hosting kita. Layaknya media penyimpanan data yang ada, dalam menempatkan file-file kita di dalam server atau hosting ada limit space yang di tentukan oleh penjual berdasarkan paket yang kita beli. Begitu pula dengan bandwith, ada limit bandwith yang disediakan untuk keperluan Upload dan download file ke server.

Nah, karena adanya batasan Space dan Bandwith tersebut, pemilik Blog atau Website harus bisa mensiasati hal ini terutama dalam hal menambahkan gambar. Gambar yang kita tambahkan dan kita tampilkan dalam site kita selain menghabiskan space juga memakan bandwith, bandwith akan terkurangi sebesar size / ukuran gambar yang kita upload per gambar itu di tampilkan. Misalkan ada sebuah gambar dengan ukuran 180 KB dan ditampilkan, maka bandwith akan terkurangi 180 KB per gambar di tampilkan. Anda bisa hitung sendiri jika gambar tersebut di tampilkan 1000 kali dalam 1 hari? 180000 KB atau kurang lebih 175 MB per hari. Lha kalau sebulan berapa?? Itu baru aktifitas download data per 1 gambar, belum lagi upload dan gambar lain yang ada. Bandwith yang berkurang ini baru akan reload awal bulan, sehingga jika di tengah bulan bandwith kita habis maka bisa dipastikan Site atau blog yang kita miliki tidak dapat di akses.

Lantas adakah solusi yang bisa membantu menyelesaikan permasalahan ini? Jawabnya ada. Bagi Blogger atau pemilik Website yang fakir space dan bandwith hosting, ada cara yang cukup membantu untuk urusan menghemat space dan Bandwith. Cara tersebut adalah meletakkan gambar-gambar dengan ukuran yang cukup besar yang ingin kita tambahkan di Hosting pihak ke 3 atau biasa di kenal dengan Image Hosting dan kita bisa menggunakan Image Hosting yang gratisan. Kenapa harus menempatkan gambar saja, karena dari apa yang saya amati selama ini keberadaan picture atau gambarlah yang menghabiskan space dan bandwith hosting kita. Kita tinggal Upload kemudian tinggal memasukkan link gambar yang di upload ke site kita. Beres.

Ada beberapa manfaat yang kita dapatkan apabila menempatkan gambar di Layanan Image Hosting, yaitu Menghemat Bandwith dan Space Hoosting kita. Yang ini jelas, bagi seseorang seperti saya yang fakir space dan bandwith ini, menggunakan Image Hosting sangat membantu menghemat space dan terutama Bandwith. Kita cukup Upload gambar di Image Hosting saja tanpa perlu memusingkan bandwith akan habis atau gimana. Karena Space dan Bandwith untuk gambar langsung di ambil dari penyedia Images Hosting yang kita gunakan. tak perlu lagi memikirkan Size gambar yang terkadang besar dll. Enak bukan. Manfaat yang kedua adalah, memudahkan pengguna Blog atau site dalam hal Backup data. Karena kita tidak perlu repot-repot membackup data berupa gambar dengan size yang besar dan menguploadnya kembali. Yang kita backup sudah include script yang memanggil Url dari gambar yang kita hosting di Image Hosting yang kita pakai.

Untuk anda yang ingin menggunakan layanan Image Hosting, berikut ada beberapa alamat website penyedia Layanan Image Hosting Gratis. Alamat-alamat yang saya tulis ini sudah teruji memiliki kinerja yang cukup baik dan handal, saya sudah mencobanya sendiri.

Daftar Free Image Hosting

  1. www.imageshack.us, Hotlink: yes, required signup: no:
  2. www.photobucket.com, hotlink: yes, required signup: yes
  3. www.shareApixel.com, hotlink: yes, required signup: no
  4. www.imgur.com, hotlink: yes, required signup: no
  5. www.imagesfly.com, hotlink: yes, required signup: no
  6. www.imagecave.com, hotlink: yes, required signup: no
  7. www.flickr.com, hotlink: yes, required signup: no
  8. www.simimg.com, hotlink: yes, required signup: no
  9. Picasa, hotlink: yes, required signup: yes
  10. www.ezpicshare.com, hotlink: yes, required signup: no
  11. www.imgbx.com, hotlink: yes, required signup: no, URL upload: yes, High speed

Tambahan pada layanan Images Hosting juga berlaku space dan Bandwith, hanya saja kita tidak perlu terlalu memikirkan hal ini karena apabila kita mengetahuai space dan bandwith mendekati limit, kita bisa membuat account baru yang berbeda kemudian menempatkan gambar-gambar kita di account baru tersebut. Mudah Bukan?

Saya sudah menggunakannya, apakah anda tidak?

3 KOMENTAR

  1. coba di http://i-image.tk gan, ga perlu daftar, bisa buat upload gambar sampai 5MB/file untuk member bisa 10MB/file. untuk jumlah file yang diupload tidak terbatas. Coba gan pemiliknya anak bangsa Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here