Sedikit usulan mbaknya.. dari pada cuma berhenti di Note FB, alangkah lebih baiknya tulisan-tulisan sampeyan yang bagus ini di tuangkan dalam sebuah blog Pribadi.. Jujur eman kalo hanya berhenti di FB, yang tau cuma temen-temen sampeyan saja… hehe.. Ma’af cuma mau kasih masukan saja.. hehe..

Oh ya sedikit berbagi, kalo tulisan-tulisan kita cuma berhenti di Sini eman, selain yang tau cuma friend kita saja, kita juga turut memperkaya si Developer FB saja *lirik kanan kiri*.. beda dengan Blog, apa lagi blog pribadi.. Blog pribadi adalah milik kita, bisa di bilang rumah kita.. mau di … See moreapakan saja, itu adalah milik kita.. di buat baik, maka kita sendirilah yang menerima hasilnya bukan orang lain. Begitu pula sebaliknya..

Dua paragraf di atas yang sengaja saya qoute adalah 2 Komentar saya di Note FB yang di tulis salah satu teman saya. Mungkin sampeyan berpikiran “Ngapain Drex kamu Comment kayak gitu di Note orang? Promosi Blog?”, Akan saya jawab “YA” saya promosi blog, tetapi saya tidak promosi blog saya. Saya hanya ingin mengajak teman saya untuk nge-Blog dan mendokumentasikan apa yang ada dalam pikirannya ke dalam sebuah tulisan di Blog. Saya melihat banyak teman saya dan orang dekat di sekitar saya yang cukup memiliki keahlian untuk menuangkan apa yang ada di dalam pikirannya ke dalam sebuah tulisan, namun kebanyakan dari mereka masih saja mengalami kesulitan untuk mencari dan mendapatkan media yang dapat menampung tulisan mereka.

Lho bukannya sudah ada koran, majalah, atau penerbit yang bisa menampung hasil dokumentasi pemikiran mereka? Percayalah, untuk sampeyan yang masih mulai menulis hendaknya membuang jauh-jauh keinginan untuk melihat tulisan sampeyan masuk ke koran, majalah, atau bahkan penerbit. Saya tidak bilang anda tidak bisa, namun cukup sulit dan butuh waktu yang lama hingga sampeyan bisa melihat tulisan sampeyan berada di majalah atau di koran.

Sebenarnya ada banyak media yang dapat kita gunakan sebagai wadah menampung dokumentasi pemikiran kita dalam bentuk tulisan. Hanya saja bagi mereka yang masih memulai dan belajar menulis, sepertinya Blog lah media yang sangat tepat yang dapat digunakan untuk wadah untuk menampung tulisan-tulisan kita. Ada beberapa alasan mengapa blog menurut saya dapat menjadi media yang tepat untuk memulai dan belajar menuangkan tulisannya. Alasan-alasan tersebut antara lain,

Yang pertama, Blog mudah dibuat. Untuk membuat blog kita cukup membutuhkan email aktif layaknya membuat account Facebook, twitter, plurk atau friendster. Kemudian kita cukup mendaftarkan diri ke Blog Provider yang menyediakan layanan Blog seperti WordPress.com, Blogspot.com, dagdiddug.com dll. Kita tidak perlu berpikiran nge-Blog itu susah, silahkan buang jauh-jauh mainset sampeyan yang seperti itu. Pada dasarnya Blog sama saja dengan Facebook dan Social Networking yang lain, memang kita butuh penyesuaian, namun lambat laun jika sering menggunakannya kita akan bisa sendiri.

Yang ke Dua, Dengan Blog Tulisan kita akan banyak yang tau. Dengan Blog kita tidak perlu khawatir tulisan kita tidak akan di baca orang lain dan tulisa kita hanya berhenti di selembar kertas dan dokumen yang tersimpan di Komputer. Postingan kita akan di baca orang lain, kok bisa? jelas bisa, hal ini di karenakan konsep blog hampir sama dengan konsep website yang mana content yang ada di dalam blog atau website akan secara otomatis terindex dan masuk kedalam halaman mesin pencarian seperti Google dan Yahoo Search. Hal ini sangat membantu, kita tidak perlu susah-susah nunggu tulisan kita di ACC editor majalah koran atau majalah dan kita tidak perlu cemas tulisa kita tidak bisa dibaca orang banyak karena tulisan kita jelek dan tidak layak cetak, dengan blog tulisan itu dapat bebas di baca orang lain, tidak peduli bagus atau jelek sekalipun. Selain itu, hal ini pula yang membedakan dengan ketika kita hanya mempublish tulisan kita di note FB, memang ada yang membaca, namun hanya teman-teman kita di FB atau mungkin yang hanya kita tag ke Note kita itu saja.

Yang ketiga, Blog itu Milik kita Pribadi. Terlepas dari kita menggunakan bantuan Blog Provider yang mana itu dikelola orang lain, Blog tetaplah Milik kita pribadi. Kita bebas mengcostumisasi Blog kita sesuai dengan keinginan kita, terlebih jika kita menggunakan Self Hosting Blog seperti Blog ini. Hal ini sangat berbeda apabila kita hanya mempublish tulisan kita di Note FB. Saya ingin bertanya, FB itu milik siapa? Mark Zuckerberg! ya benar sekali facebook bukan milik kita, kita tidak bisa seenaknya mengubah tampilan facebook layaknya blog. Dan bahkan secara tidak langsung kita membuat pemilik Facebook kaya dengan kita menggunakan Facbook. Hal ini sangat jauh berbeda jika kita menggunaka Blog, kita bisa kaya dengan blog kita.

Mungkin itulah 3 alasan utama kenapa blog, kenapa harus blog yang bisa kita gunakan untuk memulai belajar menulis. Dan ini adalah murni alasan yang muncul dari pemikiran saya sebagai manusia biasa yang juga berusaha menggunakan blog sebagai media berlatih untuk menuangkan apa yang ada dalam pikiran ini kedalam sebuah tulisan. :))

So, masihkah berpikir 1000 kali untuk memulai nge-Blog dan menggunakan Blog sebagai Media menuangkan buah pemikiran kedalam tulisan dan membaginya ke orang lain??

16 KOMENTAR

  1. […] Lantas kenapa Blog?? Jawabnya gampang, Blog memberikan apa yang anda dan orang lain butuhkan, informasi baru pada setiap topik tertentu, dengan akses ke arsip, adanya fungsi pencarian dan bahkan dapat mendapatkan pengalaman interaktif yang bervariasi karena kita dapat membaca komentar dari pengunjung lain yang berpartisipasi dalam diskusi kecil yang ada di bagaian komentar blog kita. […]

  2. well, blog itu media aktualisasi diri yang paling mencerminkan diri buat saya. kalo ndak percaya, silahkan mampir di blog saya 😀

    *promosi, dilempar sandal, wkwkwkwk*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here