Pada Era modern, serba canggih dan ketika semua hal dapat ditemukan dan dilakukan dengan memanfaatkan teknologi internet mengakibatkan keberadaan sebuah website menjadi jalur untuk memfasilitasi kegiatan kita setiap hari. Banyak para pelaku bisnis yang awalnya hanya memanfaatkan media promosi konfensional atau offline berbondong-bondong beralih ke media promosi Online dengan memanfaatkan Internet dan Membuat sebuah website. Yang tidak lain memiliki tujuan untuk membranding usahanya dan menjadikan website sebagai media promosi efektif dan murah.

Untuk membangun sebuah website tidak semerta-merta langsung membangun dan menguploadnya. Sama halnya seperti setiap aspek lain dalam bisnis apapun, mendapatkan sebuah website yang baik tidak dengan mudah, itu adalah tugas terencana yang memerlukan perhatian, uang, dan waktu. Nah, bagi sampeyan yang ingin membangun sebuah website baru, berikut adalah hal mendasar yang harus sampeyan ketahui sebelum membuat Website. Hal itu antara lain,

WWW, The world wide web.

Yang pertama sampeyan harus mengenal dulu apa itu WWW. WWW (World Wide Web), merupakan kumpulan web server dari seluruh dunia yang berfungsi menyediakan data dan informasi untuk dapat digunakan bersama. WWW atau biasa disebut web adalah bagian yang paling menarik dari Internet. Melalui web, dapat mengakses informasi-informasi yang tidak hanya berupa teks tetapi bisa juga berupa gambar, suara, video dan animasi. Sebenarnya WWW merupakan kumpulan dokumen-dokumen yang sangat banyak yang berada pada komputer server (web server), di mana server-server ini tersebar di lima benua termasuk Indonesia, dan terhubung menjadi satu melalui jaringan Internet.

Halaman-halaman dari website akan bisa diakses melalui sebuah URL yang biasa disebut Homepage. URL ini mengatur halaman-halaman situs untuk menjadi sebuah hirarki, meskipun, hyperlink-hyperlink yang ada di halaman tersebut mengatur para pembaca dan memberitahu mereka sususan keseluruhan dan bagaimana arus informasi ini berjalan.

What is a Website?

Apa itu website? Nah ini jelas dan mutlak harus sampeyan ketahui, jangan sampai sampeyan pengen buat website tapi tidak tahu apa itu website. Secara terminologi, website adalah kumpulan dari halaman-halaman situs, yang biasanya terangkum dalam sebuah domain atau subdomain, yang tempatnya berada di dalam World Wide Web (WWW) di Internet. Sebuah halaman web adalah dokumen yang ditulis dalam format HTML (Hyper Text Markup Language), yang hampir selalu bisa diakses melalui HTTP, yaitu protokol yang menyampaikan informasi dari server website untuk ditampilkan kepada para pemakai melalui web browser. Semua publikasi dari website-website tersebut dapat membentuk sebuah jaringan informasi yang sangat besar.

Who are the Audience of you website?

Setelah sampeyan mengetahui apa itu WWW dan apa yang dimaksud dengan Website, maka hal penting selanjutnya yang harus sampeyan ketahui adalah siapakah pengunjung / yang melihat website kita? Jika kita melihat kondisi riil di Internet, jumlah pengakses internet naik sangat drastis yang mana dari sekian banyak pengakses internet tersebut terdiri dari berbagai macam manusia yang memiliki berbagai sifat dan jenis berdasarkan lokasi, usia, profesi, agama, dll. Jadi dari sekian banyak orang inilah yang akan menjadi pengunjung website kita.

Kita harus pandai-pandai menargetkan siapakah target pengunjung dan pengakses website kita, hal ini sangat erat hubungannya dengan desain dari website kita yang mana kita harus membuat desain yang sesuai dengan target pengunjung website kita. Yang tidak kalah pentingnya, kita harus membuat konten yang semenarik mungkin dan sesuai dengan target pengunjung website kita. Jangan sampai kita membuat seenaknya, kemudian tidak ada pengunjung yang datang.

Content of your Website.

Setelah membicarakan hal-hal yang mendasar, mari kita sedikit membahas hal yang cukup serius dan memiliki dampak cukup besar terhadap keberadaan website yang akan kita buat. Desain Website yang kita buat dan Content yang ada di dalamnya adalah alasan yang cukup kuat bagi pengunjung kita untuk datang kembali mengunjungi website kita. Kunci utama dalam hal ini adalah bahwa conten pada website kita harus relevan dan wajib diperbaharui secara teratur sehingga setiap kali pengunjung mengunjungi situs Web Anda, mereka melihat beberapa hal baru dan informatif.

Website Design and Layout

Pepatah bijak mengatakan “Kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya… terserah anda” :)) Nah, dalam hal desain Web hal seperti ini adalah benar dan sangat diyakini. Misalnya, desain dan tampilan web yang sampeyan berantakan dan tidak teratur, secara otomatis akan memberikan kesan tidak nyaman kepada pengunjung kita apa lagi pengunjung yang baru, secara tidak langsung pengunjung akan berstatemen bahwa website kita buruk, meskipun mungkin content di dalamnya sangatlah baik dan Informatif. Di sisi lain, jika website Anda secara visual menarik bersama dengan konten yang baik, sebagian besar pengunjung anonim akan menjadi biasa.

Mungkin cukup ini dulu saja beberapa hal yang dapat saya sering berkenaan dengan hal-hal mendasar yang harus diperhatikan dalam membangun sebuah Website, hal ini harus diperhatikan dahulu supaya kita tidak mengalami kerugian dalam membangun website. Sudah capek-capek buat dan keluar uang banyak, eh tujuan dari dibuatnya website itu tidak tercapai. Ndak enak bukan? (headspin)

Semoga bermanfaat. (cozy)

img src : http://vegas-times.com/blogs/imd/files/2009/11/cat5_web_design.jpg

8 KOMENTAR

  1. hoo, ini tho ulasannya. boleh2. secara untuk masyarakat umum memang basic itu harus dipelajari. tapi rasanya masih kurang menjurus untuk developernya sendiri. haha, semoga kapan-kapan bisa memberi tips mendevelop web dengan suatu engine tertentu 😀

    • Bener banget kang, ini berhubungan dengan desain dan layout website.. hal seperti itu diperuntukkan untuk memudahkan navigasi pengunjung dalam mengeksplore website lebih jauh.. :))

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here