Jika pada postingan sebelumnya saya pernah berbagi Cara Baru Promosi Blog dengan memanfaatkan Social media seperti Facebook, twitter dan Plurk. Nah pada kesempatan kali ini sata ingin menambahkan satu lagi cara mempromosikan blog dengan Social Media, hanya saja kali ini cukup memanfaatkan Facebook. Jika kemarin yang saya tulis pada Cara Promosi Blog  adalah promosi dengan memanfaatkan Aplikasi Pihak ke-3 untuk melakukan auto post di Status FB atau twitter kita, kali ini saya akan memanfaatkan fitur dari Facebook Import Post Blog yang melakukan Post otomatis dari Blog kita ke Notes FB.

Konsep Auto Post Blog to Notes Facebook ini adalah dengan memanfaatkan Feeds Blog kita yang kemudian di Import dan di Post pada Notes Facebook. Keunggulan cara promosi blog dengan memanfaatkan Auto Post Blog to Notes Facebook adalah orang lain / friends kita bisa membaca langsung Postingan kita dari Note Facebook kita dan kita tidak perlu repot-repot menulis ulang Postingan kita di Blog di Notes Facebook kita karena secara otomatis Facebook akan mengimport postingan kita yang ada di Blog ke Notes Facebook dan Mempublishnya sendiri, sehingga Teman-teman kita di Facebook dapat mengetahui dan langsung membacanya. Sebuah cara berbagi Ilmu yang baik khan. :))

Nah untuk melakukan Auto Post Blog to Notes ini cukup mudah, syaratnya sampeyan hanya harus sudah punya Facebook dan Blog yang akan di gunakan (pastinya). Setelah itu silahkan melakukan step by step konfigurasi Auto Post Blog to Notes seperti di bawah ini.

  1. Silahkan login ke Facebook sampeyan masing-masing
  2. Setelah login ke Facebook sampeyan, sekarang pilih Account dan Klik Application Setting. (lihat gambar)

    Account Setting
    Tapilan Account Setting
  3. Nah setelah halaman Application Setting terbuka, silahkan pilih Notes.

    Application Setting
    Halaman Application Setting Facebook
  4. Ketika Note telah sampeyan klik dan Halaman Notes terbuka perhatikan di bagaian sebelah kanan, ada Notes Setting dan jika kita bergeser kebawah sedikit maka kita akan melihat ada link Import Blog. (Lihat Gambar) Silahkan Klik Import Blog.

    Notes
    Halaman Notes Facebook
  5. Pada halaman Import Blog yang terbuka setelah sampeyan klik Import Blog, perhatikan di situ sampeyan di minta memasukkan url blog kita, nah sampeyan bisa memasukkan alamat blog kita atau url Feed kita. Alamat feed dari blog kita biasanya adalah http://alamatblog.com/feed. tapi jika sampeyan ragu dengan alamat Feed Blog, sampeyan cukup memasukkan url Blog sampeyan saja. Dan jika sudah diisi, silahkan klik Start Importing.

    Impor External Blog
    Halaman Import External Blog Facebook
  6. Oke. Sudah, selesai. Secara otomatis jika sampeyan posting di Blog akan ter post di Notes Facebook sampeyan.

Oh ya sedikit tambahan untuk pengguna blog dengan Engine WordPress, silahkan pastikan setting feed anda yang akan di tampilkan bukan Summary melainkan Full Text. Untuk memastikan dan menggantinya, silahkan pilih Reading Setting di bagaian Menu Setting pada Dashboard Blog anda. Kemudian pastikan Full Text. (lihat gambar).

Reading Setting
Halaman Reading Setting pada WordPress

Tambahan, sampeyan bisa memilih setting Feed hanya summary atau Full Text, ini terserah selera sampeyan. Dari beberapa masukan teman-teman Blogger yang lain, lebih baik milih yang summary saja karena biar pembaca notes hanya membaca sebagaian tulisan kita saja dan apabila ingin membaca lebih lengkap bisa berjunjung ke Blog kita. Jadi lumayan untuk menarik pengunjung ke Blog bukan. terimakasih buat kang Andy MSE buat masukkanya. (worship)

Masukan dari Kang Andy MSE melalui Comment

Jika langkah-langkah seperti di atas telah dilakukan, maka eng.. ing… eng.. satu lagi bentuk promosi blog telah sampeyan lakukan. Ayuk buat Facebook sebagai tempat promosi blog kita, jangan cuma di buat ajang nulis Wall yang Alay saja.. (lol) Selamat mencoba (gym)

Special Thanks to Mas Gajah Pesing atas Info ini. (worship)

13 KOMENTAR

  1. salam super, saya igin mengucapkan trimakasih pada mas Andy yang sudah berbagi info dan pengetahuan tentang facebook dan blog. saya telah mencobanya dan luar biasa…. oh y mas andy klo ada info baru mohon di email ke alamat saya ya mas. thax

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here