Afit, Twitterfeed Logo

Bagi sebagaian besar blogger, setelah membuat blog pasti ingin blognya terkenal dan bisa dikenal oleh Blogger-blogger lain atau masyarakat luas. Pastinya seperti itu, terlebih untuk mereka para blogger yang mempunyai pandangan bahwa nge-Blog untuk nyari dollar, pastinya menjadi terkenal dan blognya dikunjungi banyak orang adalah menjadi fokus utama. Ada banyak cara untuk mempromosikan Blog, mulai dari cara yang berada di jalan benar sampai menghalalkan segala cara hingga muncul blog-blog dengan “Good Keyword, Bad Content”. Namun semuanya itu sah-sah saja dan wajar untuk dilakukan, karena memang konsep nge-Blog adalah bebas, kita bebas menulis apa saja di Blog kita dan bebas menjadikan blog kita untuk apa saja. Namun tentunya bebas di sini memiliki Arti bukan bebas yang sebebasnya, tetapi bebas yang bertanggungjawab.

Nah kox malah ngomongin kebasan nge-blog? Mana cara baru untuk mempromosikan Blognya? Oke. Sebelumnya mungkin sudah banyak sekali blog-blog yang membahas bagaiaman cara mempromosikan blog, mulai cara konvensional yaitu blogwalking, ada yang memasang plugins yang yahut, submit url blog ke Directory Online seperti Technorati, Dig, dll. Atau bahkan ada yang mempromosikannya melalui jasa iklan gratis atau iklan berbayar. Nah apa yang akan saya paparkan dalam postingan ini adalah salah satu diantara sekian banyak cara untuk mempromosikan blog dan merupakan alternatif baru untuk mempromosikan blog anda.

Cara mempromosikan blog yang saya bilang baru ini adalah dengan memanfaatkan keberadaan Social media atau situs jejaring sosial yang kita miliki seperti Facebook, Twitter, Plurk, Koprol dan lain-lain. Konsep dari cara promosi ini adalah setiap ada postingan baru di blog kita maka dengan bantuan plugins atau web pihak ketiga yang menyediakan layanan auto post ke Account situs jejaring sosial yang kita miliki tersebut. Secara logika, friends dan atau followers kita dengan tidak sengaja dan tanpa paksaan akan membaca postingan kita dan apabila penasaran maka mereka akan mengklik link yang ada dan membawanya ke Blog kita. Cukup lumayan bukan jika seandainya friends atau follower kita banyak.

Avit, Frenavit, Social Networking Logo

Ada 2 cara yang bisa kita gunakan untuk menerapkan cara baru untuk mempromosikan blog kita melalui situs jejaring sosial ini. Yang pertama adalah menggunakan bantuan pihak ke-3 yang menyediakan layanan Auto Post ke situs jejaring sosial yang kita miliki. Site yang saya gunakan sangat stabil, handal dan dapat dipercaya dalam urusan ini adalah twitterfeed.com. Sedangkan cara yang ke-2 adalah dengan memasang Plugins-plugins yang disediakan wordpress untuk keperluan yang sama. Bagi anda yang menggunakan Blog-blog yang disediakan Provider penyedia layanan Blogging saya sarankan untuk menggunakan cara yang pertama, karena anda tinggal memasukkan url dari blog anda dan mengaktifkan fitur autopost ke site Social media yang anda miliki, maka sekejap fitur tersebut akan aktif. Nah untuk yang cara ke-2 ini sedikit rumit dan hanya khusus untuk blog-blog yang menggunakan CMS WordPress dengan hosting sendiri, bukan dari wordpress.com (blog provider). Untuk plugins wordpress ini bisa kita cari dan peroleh di http://wordpress.org/extend/plugins/

Nah, mudah bukan. Selamat mencoba dan semoga postingan kali ini dapat membantu anda guna mempromosikan blog anda. :))

22 KOMENTAR

  1. Hai! Saya menghubungkan blog saya sehingga feed-nya muncul otomatis di Facebook. Tapi ternyata kelemahannya, foto di blog saya tidak muncul padahal justru foto itu yang membuat blognya menarik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here