Sering diantara kita para Blogger mendengar atau membaca tulisan Blogger lain perihal Copy Paste atau comot content Blog tanpa izin. Ya Copy Paste, sebuah aktifitas yang sering disangkut pautkan dengan HAK CIPTA dan HAK ITELEKTUAL serta sebuah kegiatan yang dianggap tidak sopan dan beretika. Namun benarkah tindakan copy paste tersebut membuat kita harus merasa resah atau marah-marah?

Jika kita melihat, memang sekilas aktifitas copy paste sangat merugikan kita. Kita yang sudah susah payah mendokumentasikan hasil pemikiran kita dengan penuh pengorbanan dan usaha keras, tiba-tiba ada orang yang tidak bertanggung jawab mancomot hasil pemikiran kita itu tanpa mencantumkan sumber dari mana dia mencomotnya. Seketika, memang membuat emosi memuncak. Usaha keras kita, tiba-tiba dicomot orang lain tanpa izin.

Okelah kita boleh emosi, namun jika kita bisa berfikir lebih tenang dengan tidak mendahulukan emosi kita dalam menghadapi permasalahan copy paste ini, kita akan sadar bahwa tidak melulu kegiatan Copy Paste itu merugikan kita. Ada keuntungan yang bisa kita peroleh dengan adanya aktifitas copy paste ini. Lha kok bisa gitu loh?? Jawabnya jelas bisa. Kenapa? Karena dengan aktifitas copy paste membantu kita untuk berbagi. Kenapa saya menyebutnya berbagi? karena apa yang kita tulis dan pikirkan tidak hanya berhenti dalam pikiran kita saja. Tetapi semua orang bisa mengetahui dan menggunakannya.

Copy Paste, jika kita lebih jauh berfikir ini sesuai dengan konsep yang di cetuskan LINUS TROVALD akan konsep Open Source pada Software. beliau menghalalkan setiap orang untuk meng Copy Paste dan Mengubah Source Code Linux tanpa ada batasan. Semua bisa mengubah dan mengkostumisasi aplikasi yang digadang beliau dengan bebas tanpa syarat. Dan berdasar pemikiran saya sebagai seseorang manusia biasa, apabila ada salah satu atau beberapa hasil karya kita di comot orang lain maka hal itu menunjukkan bahwa apa yang kita tulis atau apa yang telah kita kerjakan tersebut dianggap bagus dan memiliki nilai guna di mata orang lain. Dan bukankah dengan berbagi kita tidak akan pernah merugi serta Ilmu yang kita peroleh dan kita bagikan tidak semakin habis, melainkan semakin bertambah dan bertambah.

Terlepas dari itu semua, yang namanya etika pastilah menjadi no 1 dan wajib ada. Meskipun Bebas meng-Copy Paste dari orang lain, alangkah baiknya jika izin terlebih dahulu kepada pemilik Ide atau Karya itu. Saya yakin apabila kita izin terlebih dahulu, kita akan dipersilahkan untuk copas tanda ada masalah.

Finally, apakah kita masih mensanksikan masalah Copy paste ini? Jika seorang Linus Trovald yang mampu menciptakan sebuah Sistem Operasi saja, memperbolehkan hasil karyanya di Copy Paste Orang. Dan yang terpenting, Ilmu yang kita bagikan ke orang lain bukan semakin berkurang namun semakin bertambah dan bertambah. So sekarang keputusannya ada di tangan teman-teman semua. Kalau saya, Silahkan Copy Paste semua yang ada di Blog ini terserah anda, saya persilahkan. Ndak izin saja saya persilahkan, apalagi untuk anda yang Izin.. So Copy Paste? Silahkan

Inspired by : Copy Paste JauhdiMata.Com

6 KOMENTAR

  1. batas-batas copy paste itu hrs jelas dulu.. kalau ngetik ulang itu copy paste nggak? atau ubah2/modifikasi dikit karya org termasuk nggak? nah bgmn kalau skripsi kalau secara kasar bisa dikatakn juga comot sana-comot sini teorinya ubah dikit datanya?, nggak mungkin bawaan lahir sipenulis skripsi teorinya bukan?

    • Hmm.. Bener banget.. Mangkanya itu kang Copy Paste silahkan saja asalkan Copasnya yang beretika, seperti menyertakan credit dari mana ia mengcopy atu mengkutipnya.. ๐Ÿ™‚

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here