wordpress logo

Jika kita melihat perkembangan teknologi khususnya Teknologi Informasi, belakangan ini tumbuh sangat cepat. Ada salah satu dosen saya yang kebetulan berkecimpung di dunia IT berkata, “Sekali saja kita menutup mata terhadap perkembangan Teknologi terutama teknologi Informasi, maka 1000 langkah kita telah tertinggal”. Coba sampeyan semua bayangkan saja, jika seseorang tertinggal atau ketinggalan perkembangan akan sebuah hal, bagaimana jadinya? Jika itu adalah kita, kita akan dapat sebutan baru sebagai manusia gaptek, Ketinggalan Zaman dll. Jika hal itu dilakukan oleh sebuah perusahaan, maka dapat dipastikan perusahaan tersebut akan gulung tikar karena tidak mampu bersaing dengan Perusahaan yang lain.

Nah untuk menghindari terjadinya hal semacam itu, para Developer WordPress dari waktu kewaktu selalu mengembangkan versi terbaru dari wordpress. Dan pada hari ini WordPress Versi 2.9 resmi di Release oleh Developer yang menerima penghargaan Best Open Source CMS Awards Tahun 2009 di  Open Source CMS Awards ini.  Memang tidak berselang lama sejak di releasenya wordpress 2.8 Juli lalu, Developer yang CMS satu ini sudah merilis versi Stable WordPress 2.9 setelah beberapa kali sebelumnya merelease versi Beta dari WordPress 2.9. Yang jelas Versi terbaru WordPress yang memiliki Code Name “Carmen” ini lebih baik jika dibandingkan dengan versi wordpress pendahulunya. Adapun keunggulan Utama yang disuguhkan WordPress version 2.9 “Carmen” antara lain :

  1. Adanya fungsi seperti Recycle Bin atau Global undo/”trash” feature, yaitu sebuah fungsi yang memungkinkan kita mengembalikan postingan dan comment yang telah dimasukkan ke dalam Trash (keranjang sampah) saat dilakukan proses delete. Tidak itu saja, terdapat peringatan atao notification saat kita ingin mendelete Postingan atau Comment kita. Untuk setting periode penghapusan Trashnya secara permanen kita tinggal setting periodenya dengan mengubah script (’EMPTY_TRASH_DAYS’, 20), 20 adalah periode yang kita bisa tentukan. Atau mendisable fungsi / fasilitas ini dengan mengubah nilai 20 dengan nilai 0 seperti berikut (’EMPTY_TRASH_DAYS’, 0)
  2. Feature Trash di wordpress

  3. Built-In Image Editor, yaitu feature yang memungkinkan kita melakukan crop, edit, flip, scale dan rotate gambar langsung dari halaman posting anda.
  4. Batch plugin update and compatibility checking, yaitu  feature yang memungkinkan Anda dapat meng-update 10 plugin sekaligus, tanpa harus melakukan beberapa klik untuk masing-masing plugins yang akan di upgrade, dan  kompatibilitas data baru dari direktori plugins untuk memberikan saran yang lebih baik apakah sebuah plugin cocok dengan rilis baru dari WordPress yang anda gunakan . Ini akan menghilangkan rasa takut eror dan kerumitan saat melakukan upgrade.
  5. Easier video embeds, feature yang memungkinkan Anda  hanya menyisipkan URL di barisnya masing-masing dan dengan sendirinya mengubah menjadi kode embed yang tepat, dengan dukungan untuk embed YouTube, Daily Motion, Blip.tv, Flickr, Hulu, Viddler, Qik, Revision3, Scribd, Google video, Photobucket, PollDaddy, dan WordPress.tv (dan lebih banyak).

Tidak hanya 4 feature itu saja, masih banyak lagi feature yang kita peroleh dari versi terbaru WordPress ini. Lebih lengkapnya silahkan anda baca di sini langsung. Untuk Upgrade wordpress ke versi baru ini juga cukup mudah tinggal klik upgrade di Notification yang ada di bawah header Dashboard sampeyan atau bisa sampeyan bisa baca di artikel saya sebelumnya tentang upgrade wordpress 2.8. Ayo Upgrade WordPress Sampeyan dan Nikmati Feature Baru dari WordPress versi 2.9. Let’s enjoy Blogging with WordPress 2.9. 🙂

18 KOMENTAR

  1. saya merasakan 2.9 lebih stabil… waktu pakek dua delapan anem, beberapa kali ada gangguan di blog saya… semoga sekarang enggak lagi…
    salam sukses!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here