Etika, di dunia ini manusia hidup tidak bisa lepas dari apa yang dinamakan Etika. Kata Etika berasal dari kata latin “ethicus” dan dalam bahasa Yunani disebut disebut “ethicos” atau “ethos” yang berarti kebiasaan. Dari asal kata Yunani dan Latin tersebut bisa dikatakan bahwa etika adalah ilmu yang mempelajari tentang apa-apa yang biasa dilakukan. Etika adalah nilai mengenai benar dan salah yang dianut oleh suatu golongan atau masyarakat.

Hampir bisa dipastikan dalam pundi-pundi kehidupan kita pasti ada Etika. Tak terkecuali dalam dunia Blogging atau Per Bloger-an. Di ranah perBloger-an, Etika sangat berperan bahkan sebagai kendali sosial bagi seluruh blogger. Bagaimana tidak, dunia Blogger atau Blogoshpere rawan sekali timbul hal-hal yang tidak diinginkan yang muncul dari tulisan para Blogger yang kontroversi atau bahkan yang berbau SARA. Nah berawal dari situlah mengapa saya mengangkat Judul pada Postingan kali ini adalah ETIKA BLOGGING. Saya akan mencoba sedikit memaparkan Etika yang harus ada dan di miliki setiap Blogger.

Apa yang saya paparkan berikut ini hanyalah sedikit dari sekian banyak Etika Blogging, dan ini hanyalah apa yang muncul daram pemikiran Saya sebagai manusia biasa dengan segala kekurangannya. Berikut Etika tersebut.

  1. Dalam Blog, usahakan jangan menulis apapun yang mengarah ke tindakan SARA, Mencemarkan nama Baik Orang lain, instansi.
  2. Jangan Copy Paste artikel atau gambar dari Orang kain untuk di Posting, Jika memang terpaksa silahkan review dengan kata sendiri atau sertakan sumber dari mana dengan memberikan tautan atau Link ke sumber. dan Apabila Perlu gunakan Disclaimer.
  3. Saat meninggalkan pesan dalam sebuah postingan, hindari penggunaan anonim atau menggunakan anonimous sebagai identitas anda.
  4. Usahakan menulis berita fakta atau bukan berita HOAX (berita bohong) dalam postingan kita.

  5. Jangan menghapus Komentar pada bagaian Komentar dalam sebuah postingan.

Okeh mungin cukup lima itu sajah yang bisa saya share dan keluar dari pikiran yang sedang buntu ini. Saya hanya bisa berharap Mari kita menjadi Blogger yang ber Etika. Dan yang paling utama adalah sebelum kita posting, mari kita teliti sekali lagi apakah Postingan yang mau kita posting ini bener-bener baik?? dan jangan sungkan dan marah jika ada kritik pada postingan anda. Karena mungkin anada merasa Postingan anda sudah baik dan benar, namun Baik Buat kita belum Tentu baik untuk orang lain.

Mari menjadi Blogger yang ber-Etika !!!

25 KOMENTAR

  1. Salam kenal mas Frenavit Putra,

    hemm kalau yang ini insya allah sudah saya coba lakuken, tapi kalau yang hoax mungkin saja karena ketidak tahuan si penulis.

    Sakses selalu mas.

    Posting Terakhir dari deden Adalah..MAKLUM

  2. sampai sekarang saya blum pernah menghapus komentar masuk. saya pernah sebal dg bbrp komentar dan biasanya saya akan menumpahkan kejengkelan saya langsung dlm bentuk kalimat di kotak komen juga. biar skalian orang semua baca…he3x

    Posting Terakhir dari nita Adalah..DONASI KAMBING BUAT AFRIKA

  3. no 2 : biasanya blogger pemula melakukan hal ini, maklum blum pede dalam menulis, yah sebagai awalan sih ngak apa2, tapi sangat perlu diingatkan.

    no. 3. anonim merupakan pilihan dalam berkomentar, seperti halnya pemilik blog yang anonim, semua itu pilihan, yang jadi permasalahan adalah ketika komentarnya itu menyudutkan atau sara yang mengatasnamakan anonim itu ngak boleh…

    no 4. kadang yang ditulis berupa pengandaian lho, jadi ndak musti berita fakta. tergantng penulis mo menulis untuk mempengaruhi pembacanya.

    no. 5 bagi saya biasa2 aja untuk menghapus komentar, maklum kalo sudah meprovokasi atau keluar dari pokok bahasan, biasanya yang berupa iklan, sara, itu yang sy hapus dari komentar….

    Ok semoga kita sama2 beretika dalam berkomentar…
    dan blogging…
    keep blogging for blogger 🙂

    Posting Terakhir dari aRuL Adalah..Khutbah Idul Adha dan Statistika

  4. @Epat
    Iya juga ya Mas…. Saya juga agak bingung kalo masalah seperti ituan…

    @Ongki
    Lha kan emang kalo Spam ya harus di hapus mas.. Khan ada fasilitas akismet yang anti spam itu….

  5. sayah juga suka copas lo, tapi itu dulu. dulu lo ya. pas awal2 ngeblog, bis bingung mau diisi apaan. kalo kepaksa gapapa kan hehehe. sekarang alhamdulillah bisa apdet 2x sehari. eh sala dink 2hari sekali maksud’e.

  6. dan sebaiknya juga tidak memasang iklan-iklan aneh yang menjanjikan duit berjibun-jibun….
    lha wong ada iklan tarif telpon yang menjebak aja kita protes kok… 😀

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here