Baru-baru ini Jawa Timur sedikit heboh dengan adanya PILKADA GUBERNUR JATIM. Yang pada akhirnya memanangkan pasangan KARSA yang menang tipis dari pasangan KAJI. Yang lebih serunya lagi Pemilahan Gubernur JATIM ini dilakukan dalam dua Putaran, yaitu putaran Pertama dan Putaran Kedua. Kemarin tanggal 11 Nopember KPUD JATIM mengumumkan bahwa pemenang Pemilihan Gubernur JATIM dimenangkan oleh Pasangan KARSA yang setelah sebelumnya pada perhitungan Quick Count yang dilakukan beberapa Lembaga Survei yang ada di Indonesia menyatakan bahwa pasangan KAJI lah yang Unggul.

Dari sinilah muncul berbagai kontroversi di mata Masyarakat JATIM berkenaan dengan PILKADA JATIM ini. Masyarakat yang kontroversi ini beranggapan bahwa terjadi kecuranagn pada saat proses penghitungan surat suara yang dilakukan oleh KPUD JATIM. Pandangan ini muncul karena Hasil perhitungan suara yang dilakukan oleh KPUD JATIM bertentangan dengan hasil perhitungan yang dilakukan beberapa Lembaga Survey. Para Aktifis Kaji menganggap terjadi penggelembungan suara di beberapa daerah pemilihan. Saya menulis ini bukan bermaksud memihak KAJI ataupun memihak KARSA namun saya hanya mencoba beraspirasi terhadap proses demokrasi yang ada di Indonesia ini.

Dari Fenomena yang terjadi akibat proses Demokrasi seperti yang saya gambarkan di atas muncul sikap GOLPUT (Golongan Putih) dari masyarakat. Hal ini tercermin pada proses Pemiliha Gubernur putaran ke-2, yang kurang lebih 40% penduduk Surabaya GOLPUT. Dari berita yang saya simak dari liputan Televisi Lokal tentang fenomena yang terjadi di Kota Surabaya, sebagaian besar masyarakat telah merasa jenuh terhadap proses demokrasi saat ini. Mereka beranggapan bahwa politik di Indonesia ini hanya membuat enak para pejabat yang duduk di kursi panas itu, dari pada politik yang memihak pada masayarakat kecil.

Fenomena seperti itulah yang kerap kali kita temui saat ini. Jadi berdasarkan pemikiran dan kegelisahn saya sebagai Warga Negara yang Memiliki hak dan Kewajiban dalam hal berpendapat dan bersuara, GOLPUT SALAKAH????

Bagi teman-teman semua silahkan bantu saya untuk menyelesaikan permasalahan ini dengan ikut berpartisipasi dalam kolom komentar di bawah…. Menurut teman-teman semua Salahkah GOLPUT itu???? Jika kondisi Demokrasi di Indonesia seperti yang kita lihat sekarang ini….. Silahkan……

4 KOMENTAR

  1. :cpd: capeek deeh APBD jatim abis 500 milyar lebih untuk pilgub booo…. gimana nasim orang2 miskiiin yaa.. jangan jangan gak kepikiran,…. kita bayar pajak untuk pesta mereka bukan kita… GOLPUT adalah partai yang paling Aman dimata siapapun bahkan Tuhan sekalipun…. kalo gini terus adanya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here