XLNetRally 2011, Testing Jaringan hingga Tips Mudik Asyik Bareng XL

Hari Sabtu dan Minggu tanggal 23 dan 24 Juli 2011 kemarin, Alhamdulillah untuk ke-2 kalinya saya mendapat undangan untuk ikut dalam acara XLNetRally Uji Jaringan XL. Acara XLNetRally diselenggarakan oleh PT. XL Axiata Tbk untuk mempersiapkan dan mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi selular selama Ramadhan dan Lebaran.

Acara ini rutin digelar pihak XL Axiata menjelang bulan Ramadhan. XLNetRally tahun 2011 dilakukan mulai 22-23 Juli 2011 di sepanjang jalur mudik pelanggan di 15 wilayah di seluruh Indonesia, yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Jogjakarta, Solo, Lampung, Medan, Palembang, Pekanbaru, Padang, Banjarmasin, Bali, Lombok dan Makassar. kegiatan uji kesiapan jaringan juga dilakukan menggunakan berbagai moda transportasi melalui jalur darat kendaraan bermotor (Lampung-Jakarta, Bandung-Jakarta, Jakarta-Semarang,Jogja-Solo-Semarang dan Surabaya-Semarang) dan kereta api (Jakarta-Semarang), serta jalur penyeberangan laut โ€“ ferry (Bakahauni-Merak dan Ketapang-Gilimanuk).

Sesuai dengan jadwal yang disertakan di undangan, Jam 06.00 WIB saya sudah berada di XL Center Jl. Pemuda Surabaya. Dan dari Surabaya ada 3 orang yang ikut dalam rombongan XLNetRally kali ini, 1 orang dari pihak XL, saya, dan Ibnu “Rusa Bawean”. Ada yang sedikit berbeda dalam perjalanan saya menuju Semarang kali ini. Jika dahulu selama perjalanan saya banyak berbincang-bincang dengan teman-teman sesama blogger, di XLNetRally tahun 2011 kali ini saya tak lagi hanya bisa ngobrol dengan teman sesama Blogger. Kali ini saya bisa banyak menggali informasi tentang testing jaringan XL dari salah satu perwakilan XL yang satu mobil dengan saya.

Mas Subagyo, nama teman perwakilan dari XL tersbut. Mas Subagyo merupakan karyawan dari PT. XL Axiata cabang Surabaya yang bekerja di bagaian Jaringan / Network.ย  Selepas dari area parkir XL Center Surabaya, Mas Subagyo mulai aktif dengan beberapa perangkat yang digunakan untuk melakukan testing sinyal XL. Tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan ini, hasrat seorang “Geeks” yang haus akan informasi baru apalagi yang berhubungan dengan Teknologi Informasi dan Komputer saya realisasikan dengan banyak bertanya pada mas Subagyo. Ya mumpung ketemu sama orang dari XL, ya wes semua pertanyaan yang ada hubungannya dengan layanan provider yang selama ini mengendap di dalam otak langsung saja saya curahkan pada kesempatan tersebut.

XLNetRally
Mas Subagyo Menunjukkan hasil testing

Gayung bersambut, Mas Subagyo dari XL Axiata menyambut dan menjawab setiap pertanyaan dari saya. Di sepanjang perjalanan dari Surabaya hingga Semarang benar-benar tidak sia-sia. Dari beberapa pertanyaan yang di jawab oleh Mas Subagyoย  saya jadi banyak tahu tentang XL, fakta-fakta tentang XL. Dan dari penjelasan Mas Subagyo saya jadi tahu bahwa uji jaringan sinyal XL tak hanya dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan trafic menjelang bulan Ramadhan dan Lebaran saja. Uji jaringan XL juga rutin dilakukan oleh XL, mulai Drive Test hingga Walk Test. Drive Test adalah uji jaringan XL yang dilakukan dengan menggunakan kendaraan bermotor. Sementara untuk yang walk test adalah uji jaringan XL yang dilakukan dengan berjalan kaki di lokasi tertentu setelah XL menerima laporan dari pelanggan bahwa di lokasi tersebut Sinyal XL kurang baik. Untuk Drive Test rutin dilakukan oleh XL setiap satu minggu dalam lingkup kota, sedangkan untuk antar kota dilakukan antara 1 sampai 2 bulan sekali.Dari uji jaringan tersebut, apa bila di temukan masalah, pihak XL akan membetulkannya. Ini dilakukan oleh XL untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggannya.

Testing Jaringan XL
Mas Subagyo Menjelaskan ke Kita

Selain pengetahuan umum seputar pengujian jaringan XL, Mas Subagyo juga menunjukkan teknis pengujian jaringan XL dan beberapa alat yang digunakan. Dan di sepanjang perjalanan dan di sela-sela aktivitas Mas Subagyo melakukan uji jaringan XL, beliau juga menunjukkan data hasil uji jaringan XLNetRally sepanjang jalur pantura ke kita. Sebuah pengelaman dan pengetahuan baru yang asyik buat seorang Geeks seperti saya.

Malam harinya, sesampai di kota Semarang dan setelah sejenak beristirahat dan bersih diri, rombongan XLNetRally dari berbagai kota berkumpul di Taman Budaya Raden Saleh (TBRS) Semarang untuk mengikuti acara Obrolan Langsat (Obsat) dengan topik “Mudik Asyik bareng XL dan TMC Polri”. Acara ini masih satu rangkaian dalam acara XLNetRally hasil kerjasama teman-teman Obsat, XL, dan National Traffic Management Center (NTMC) Kepolisian Republik Indonesia. Obsat kali ini adalah obsat ke-2 yang diselenggarakan di luar Jalan Langsat Jakarta, serta Obsat pertama di Jawa Tengah.

Obsat XLNetRally
Panggung Obsat XLNetRally

Ada yang menarik dari obrolan langsat XLNetRally kali ini. Teman-teman yang hadir di TBRS Semarang berkesempatan bertemu langsung dengan Briptu Eka, Brigadir Polisi Satu Polri yang memiliki paras cantik nan menawan. Briptu Eka spesial didatangkan sebagai narasumber beserta beberapa Anggota TMC Polri yang lain. Dan jujur saya baru ngeh dan ngerti siapa Briptu Eka yang katanya sering muncul di salah satu stasiun televisi swasta Indonesia ini, ya pada kesempatan kali ini. Ndeso banget ndak sih. Tak apa yang penting saya bisa foto bareng dengan Briptu cantik ini. ๐Ÿ˜› Hehe.

Frenavit n Briptu Eka
Foto Sama Briptu-briptu cantik.

Keesokan harinya, Rombongan Blogger yang tergabung dalam XLNetRally jalan-jalan ke beberapa tempat yang menjadi icon kota Semarang. Tujuan pertama ke Gedung Lawang Sewu, kemudian Klenteng Sam Poo Kong. Nah, karena saya harus terbang kembali ke Surabaya pukul 11.50 WIB, saya dan Rusa Bawean harus berpisah dulu dengan rombongan Blogger lainnya. Tak sampai ikut jalan-jalan masuk ke Klenteng Sam Poo Kong.

Terimakasih banyak untuk XL Axiata atas Undangan dan Fasilitas yang diberikan kepada saya dan teman-teman Blogger yang lain. Sukses selalu untuk XL, dan ditunggu Undangan XLNetRally tahun berikutnya. ๐Ÿ˜€

Salam Kopdar,

Frenavit Putra

Posting menarik lainnya

9 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *