XCloud, layanan Cloud Solution dari XL

XCloud_4

Perlahan namun pasti, perkembangan teknologi di Indonesia berkembang mengimbangi perkembangan teknologi yang ada di dunia. Di tahun 2012 ini, seperti yang kita ketahui bersama bahwa tren perkembangan teknologi dunia kini mulai mengarah ke teknologi “Cloud Computing”.  Cloud Computing atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan Komputasi Awan adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer (‘komputasi’) dan pengembangan berbasis Internet (‘awan’).

Menurut sebuah makalah tahun 2008 yang dipublikasi IEEE Internet Computing “Cloud Computing adalah suatu paradigma di mana informasi secara permanen tersimpan di server di internet dan tersimpan secara sementara di komputer pengguna (client) termasuk di dalamnya adalah desktop, komputer tablet, notebook, komputer tembok, handheld, sensor-sensor, monitor dan lain-lain. (Wikipedia)

Sadar atau tidak sadar, dalam kehidupan sehari-hari, kita telah menggunakan dan menikmati layanan komputasi awan. Email, Google Docs, atau bahkan beberapa layanan penyimpanan online seperti 4shared, DropBox, Box, dan Google Drive merupakan sedikit dari banyak contoh pemanfaatan teknologi komputasi awan ini.

XCloud_4
Peluncuran XLCloud

Di tweet saya beberapa waktu lalu, saya sempat berbagi sedikit tentang komputasi awan di Indonesia. Beberapa pemilik modal dan provider terkemuka di negeri ini tengah berlomba untuk mengadopsi layanan komputasi awan ini dan menghadirkannya untuk masyarakat secara umum. Salah satu provider yang baru saja merilis layanan Cloud Computing atau komputasi awan ini adalah XL.  Hari Kamis, tanggal 10 Mei 2012 yang lalu, PT XL Axiata Tbk (XL) meluncurkan layanan komputasi awan bernama XCloud. Sebuah layanan komputasi awan yang berfokus ke Cloud Solution.

Yang mendasari XL merilis layanan XLCloud ini yaitu, XL percaya bahwa permintaan layanan data akan terus tumbuh di Indonesia dan salah satu peluang bisnisnya terdapat pada penyediaan solusi komputasi awan. Masuknya XL pada bisnis komputasi awan ini sekaligus menunjukkan bahwa XL terus melakukan inovasi dan transformasi bisnis baru, termasuk di data, untuk menyediakan layanan yang terbaik bagi Indonesia. Di acara peluncuran XLCloud yang diselenggarakan di Jakarta ini, XL juga menyelenggarakan seminar mengenai komputasi Awan.

“XL ingin menjadi salah satu penyedia jasa solusi komputasi awan yang terdepan di Indonesia. Meski saat ini sudah cukup banyak para pelaku bisnis komputasi awan, namun XL siap untuk terjun ke bisnis ini dengan membawa suatu visi yang dapat dikatakan berbeda. XL percaya bahwa dengan berkolaborasi dengan banyak pihak maka solusi yang akan dihasilkan dapat dimaksimalkan. Karena itu, XL bekerja sama bukan hanya dengan satu atau dua mitra, melainkan bekerja sama dengan beberapa mitra sekaligus.” Ungkap Presiden Direktur XL, Hasnul Suhaimi.

Untuk merealisasikan layanan cloud solution XLCloud ini, XL menggandeng 6 mitra bisnis. Mereka adalah Huawei, Fujitsu, IBM, Intratech, Mandawani, dan Microsoft. XL percaya, berkolaborasi dengan banyak pihak akan menghasilkan manfaat yang lebih maksimal. Melihat 6 perusahaan yang menjadi mitra XL dalam mewujudkan layanan cloud solution XLCloud ini, jelas bahwa XL ingin benar-benar menyediakan layanan komputasi awan yang handal. Seperti yang kita ketahui bersama 6 mitra bisnis XL tersebut merupakan merupakan para pemimpin teknologi di bidang information technology (IT) baik pada skala nasional maupun internasional. Bersama-sama dengan XL, yang memiliki kekuatan antara lain di sisi brand dan jumlah pelanggan yang ada, sinergi dengan semua mitra diharapkan dapat menangkap peluang di bisnis komputasi awan di Indonesia.

Seperti yang saya sebutkan tadi, bahwa solusi yang ditawarkan XCloud memiliki fokus pada area Public Infrastructure as a Services (IaaS). Di layanan ini, XL menyiapkan layanan hosting, penyimpanan data, serta server melalui jaringan publik internet. Selain itu, XCloud juga siap menyediakan layanan Software as a Services (SaaS) untuk produk Microsoft Office 365, yang merupakan versit terbaru dari Microsoft Office. Lebih kerennya lagi, XL merupakan operator pertama yang ditunjuk oleh Microsoft untuk mempersiapkan layanan yang sangat inovatif ini.

Terdapat setidaknya 4 manfaat yang dapat langsung dirasakan oleh pengguna layanan Xcloud, yaitu simpel, cepat, fleksibel, dan biaya nya dapat dikontrol. Manfaat-manfaat inilah yang menjadi kinginan oleh sebagaian besar pelanggan. Dengan XCloud, XL juga siap memenuhi kebutuhan para pelanggan yang cukup beragam. XL bahkan siap menyediakan layanan komputasi awan bagi pelanggan yang menginginkan datanya disimpan di Data Center yang memiliki kualitas kelas dunia sebagai komplemen dari data center di Indonesia. XL menyiapkan data center berlokasi di Singapura dengan standar kualitas Singapura Data Center, tempat di mana perusahaan-perusahaan raksasa seperti Amazon, Google, dsb mempercayakan dan menempatkan server data mereka.

Posting menarik lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *