WordPress 2.8 Available Now

Huft salut dah buat Developer enggine Blog terkemuka yang satu ini. Kenapa?? bayangkan saja, saya yang merasa baru saja kemarin sore Install WordPress Versi 2.7.1 sebagai Enggine Blog saya ini, eh sekarang Udah muncul WordPress Versi terbaru yaitu WordPress 2.8 (2.8 Release Jazzes Themes and Widgets). Versi WordPress 2.8 ini dirilis kemarin tanggal 10 Juni 2009 setelah sebelumnya diluncurkan WordPress Versi 2.8 Release Candidate 1 (WordPress 2.8 RC 1). Nah apa keunggulan Versi terbaru dari WordPress ini??? Seperti yang disebutkan oleh sang developer wordpress bahwa sekilas tidak kelihatan adanya perubahan yang berarti pada tampilan Dashboard, pihak developer lebih menekankan perubahan pada tema, widget, taxonomies, kecepatan dan totalitas navigasi.

Wordpress 2.8 logo

Perubahan sangat dapat dirasakan dan dinikmati ketika kita berkutat pada bagaian Widget pada menu Appearance. Jika dahulu navigasi untuk menambah widget kta lakukan dengan klik, sekarang berubah konsep menjadi Drag and Drop. Ya, sampeyan tinggal drag dan drop widget yang sampeyan kehendaki dengan mudah (Lihat Screen shoot). Selain itu, ditambahkan sub menu dari menu Appearance yaitu menu Add New Themes, menu ini memudahkan kita untuk melakukan instalasi Tema. Sampeyan bisa Search langsung Tema sesuai selera anda di sini dan Uploud file Tema (.zip) langsung dari dashboard tanpa perlu login ke CPANEL di mana anda menempatkan hosting Engine Blog anda(lihat screen shoot). Tidak di situ saja, anda bisa langsung memilih beberapa tema yang ada pada bagian featured, newest, dan Recently Update. Sampeyan tinggal klik Install otomatis langsung terinstall. Sungguh sebuah kemajuan yang pesat dan benar-benar memanjakan pengguna.

drag n drop sidebar

Drag and Drop Widget

install Themes

Page Install Themes

upload Themes

Upload Themes

Pilih theme

Pilih Themes

Nah pasti sampeyan semua tanya, bagaimana cara Installnya atau update??? Ya, kalau cara Install pertama kali cukup mudah, step by step langkahnya hampir sama dengan cara Install WordPress pada Versi-versi terdahulu. Saya tidak akan membahas cara Instalasi mulai awal. Saya hanya membahas cara Updatenya saja.

Pertama kali sebelum Update pastikan bahwa Versi WordPress yang sampeyan gunakan adalah versi wordpress min 2.7.1. Kenapa harus itu, karena versi wordpress yang saya gunakan adalah versi 2.7.1. Setelah meastikan bahwa versi WP yang sampeyan pake adalah WP 2.7.1 maka silahkan ikuti step2 berikut :

  1. Login ke Dashboard anda.
  2. Perhatikan di bagaian atas dashboard anda, ada notification untuk update ke wordpress 2.8. Klik notification please update now.
  3. awal

    download Wedding Crashers

  4. Pada page Upgrade WordPress, klik Update Automatically atau anda bisa backup terlebih dahulu isi blog anda dengan klik Backup your database and files.
  5. Upgrade

  6. Jika anda pilih Update Automatically maka wordpress akan otomatis update dan install.
  7. Upgrade

  8. selesai

Mudah bukan?? Selamat mencoba

Note :

Pada saat update ini saya tidak melakukan setting atau login pada CPANEL dimana hosting blog saya berada. Semua standard, jadi apabila sampeyan mengalami eror atau gagal, mungkin bisa dikarenakan settingan pada CPANEL sampeyan berbeda dengan punya saya (Belum jelas coz belum melakukan riset lebih jauh.. hehehe…).

download 007 tomorrow never dies

download Fly Away Home

Posting menarik lainnya

27 Comments

  1. Saya belom coba upgrade automatic. Kalo gak salah kemarin diminta masukin kode apa gitu ya… Jd saya cancel lg.

  2. kurang drex, saiki commente iso di quick edit!

    trus wijete langsung metu sidebar 1, sidebar 2, sidebar 3, dst…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *