Tips Meniggalkan Rumah Saat Mudik

Sudah bukan rahasia umum lagi jika Mudik atau pulang Kampung telah menjadi sebuah rutinitas yang membudaya di kalangan masyarakat Indonesia. Rutinitas ini telah menjadi tradisi yang mengakar dan dianggap wajib bagi mereka yang bekerja atau melancong diluar tanah kelahirannya untuk pulang ke kampung halamannya.

Fenomena ini mulai terasa saat H-7 Menjelang Lebaran, terminal, bandar udara, pelabuhan, dan stasiun kereta api penuh sesak dengan orang-orang yang berbondong-bondong hendak pulang kampung guna menyambung tali silaturahmi dengan sanak family serta tetangga kanan kiri rumah.

Bagi mereka yang mudik bisa dipastikan mereka meninggalkan rumah mereka yang ada di kota di mana bekerja dan merantau. Tak jarang kita juga sering mendengar bahwa banyak terjadi pencurian dan pembobolan rumah-rumah saat di tinggal Mudik. Nah, berikut saya mencoba memberikan sedikit tips Aman meninggalkan rumah saat mudik.

Berikut beberapa cara mudah untuk mengamankan rumah saat ditinggal mudik Lebaran,

  1. Pastikan rumah Anda selalu terlihat seperti ada orang di sana dan tidak dikosongkan.

    Cara ini dapat anda lakukan dengan meninggalkan hal-hal kecil seperti sedikit membuka tirai jendela, namun jangan sampai menarik perhatian orang lain karena melihat barang-barang berharga di dalam rumah kita seperti TV yang terlihat dari jendela. Selain itu untuk sementara waktu jika anda berlangganan majalah atau koran, ada baiknya anda berhenti untuk berlangganan selama anda meninggalkan rumah.

  2. Pastikan Rumah Selalu Aman.
    Jika rumah anda dilengkapi dengan alarm, alangkah baiknya anda mengaktifkan alarm tersebut. Pastikan dan kuncilah semua pintu dan jendela bahkan jendela anda yang berada di lantai atas. Jika memungkinkan, alangkah baiknya jika pintu atau jendela anda tidak hanya terdiri dari kaca saja namun dilengkapi dengan teralis besi.
  3. Biarkan tetangga Anda dan Petugas keamanan tahu jika anda pergi.
    Nilai keamanan dari keikutsertaan warga sekitar rumah merupakan kunci utama dalam pengamanan rumah kita. Berpamitan kepada tetangga merupakan cara tidak langsung kita menitipkan rumah kita kepada tetangga dan bisa dipastikan tetangga juga akan memperhatikan keamanan rumah kita. Begitupula jika kita memberi tahu pihak keamanan yang ada di lingkungan rumah kita, pihak keamanan akan mengetahui bahwa rumah kita tinggalkan. Hal ini membantu jika terjadi hal-hal yang ganjil dengan rumah kita maka tetangga dan pihak keamanan dapat mengetahui dan segera mengantisipasinya.

Dengan sedikit usaha dan juga ketelitian anda untuk mengamankan rumah anda, maka anda sudah bisa menikmati Liburan Lebaran dengan tenang. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat Libur Lebaran.

Posting menarik lainnya

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *