Terinfeksi Malware atau…

Beberapa waktu yang lalu saya cukup dibuat repot oleh yang namanya Virus Komputer tepatnya Malware pasalnya ketika sedang asyik berselancar ria (browsing) di dunia Maya tiba-tiba laptop yang saya gunakan memunculkan peringatan bahwa ada sesuatu hal yang tidak dikenal masuk kedalam media penyimpanan saya dan mulai berulah. Sesuatu hal itu adalah Virus tepatnya varian Malware dengan nama Trojan.Win32.Faker.a.

Virus, TRojan, Trojan.Win32.Faker.aTrojan.Win32.Faker.aTrojan.Win32.Faker.a, Bodrex, bodrex

Sedikit berbagi pengetahuan, Virus komputer merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain yang mana memberikan dampak buruk pada kinerja sebuah komputer. Sedangkan Trojan adalah varian virus komputer yang Mengambil data pada komputer yang telah terinfeksi dan mengirimkannya pada pembuat trojan itu sendiri.

Sesuai dengan definisi di atas, setelah Trojan.Win32.Faker.a berhasil masuk, berkembang biak dan bersarang di Laptop saya memang seolah tidak terjadi apa-apa, hanya feature dari windows yakni windows Security Alert berulang kali memunculkan peringatan bahwa ada program terlarang alias virus bercokol di dalam laptop. Karena alert dari feature windows ini muncul berulang kali akhirnya memicu saya untuk melakukan aksi guna menyelamatkan laptop tercinta dari cengkeraman Trojan.Win32.Faker.a.

Virus, TRojan, Trojan.Win32.Faker.aTrojan.Win32.Faker.aTrojan.Win32.Faker.a, Bodrex, bodrex
Peringatan Langsung di browser (klik untuk lihat lebih besar)

Saya ikuti step by step cara menangani virus dari Feature Windows yang ada mulai dari scan system sampai download beberapa patch update terbaru Windows 7. Namun setelah download beberapa patch bukan Malware yang bercokol di Laptop hilang malah keluar notifikasi atau pemberitahuan untuk membeli anti malware ke Microsoft. Yang benar saja, saya pengen bersihin laptop dari malware bukan mau beli antivirus, anti malware atau apalah namae.

Dan yang lebih memprihatinkan lagi ketika saya bertanya mbah google dan mendapatkan jawabannya serta menginstall Removal Toolnya apa yang saya dapat saudara-saudara? Removal Virus yang saya install tak satupun mau dan mampu menghilangkan si Trojan.Win32.Faker.a. Semua removal tool itu memberitahukan kepada saya bahwasannya untuk dapat menghilangkan Trojan.Win32.Faker.a harus upgrade ke versi Premium bukan yang Free yang mana versi premium seperti kita ketahui harus membayarnya.

Tanpa pikir panjang dan bertanya lebih dalam lagi kepada mbah google akhirnya saya memutuskan bahwa jalan satu-satunya untuk membersihkan dan menghilangkan Trojan.Win32.Faker.a dari laptop tercinta adalah dengan Install ulang Windowsnya. Sebuah cara pintas yang sangat tidak brilliant dari seorang Frenavit Putra.

***

Dari apa yang saya alami ini, saya sedikit banyak berspekulasi dan bertanya “Apakah benar ini terinfeksi malware? Ataukah Trojan.Win32.Faker.a hanyalah sebuah malware buatan yang memiliki tujuan untuk membuat user membeli sebuah produk??”.

Bagaimana menurut sampeyan semua??

Posting menarik lainnya

9 Comments

  1. laptop si bossku pernah dapet malware ginian … ta install eset smart security langsung deh rebes tanpa install ulang … hehe

  2. salam kenal disik gawe sing nduwe blog

    wah aku sering gunain cara terakhir sih, tapi suwun akhirnya dapat info baru nih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *