Surabaya 45º Celcius

.!.

Perkiraan suhu Surabaya 45? Celcius pada Tanggal 22 Oktober 2008

Akhir-akhir ini temperature suhu kota Surabaya sungguh tidak seperti biasanya. Pada siang hari cuaca terasa sangat panas sekali, cuaca tidak begitu bersahabat. Hampir di sana-sini masyarakat mengeluhkan cuaca yang tidak bersahabat ini. Bagaimana tidak baru pukul 08.00 wib, yang nota bene jam segitu itu mestinya cuaca yang baik dan masih ramah ternyata tidak seperti itu. Sinar matahari pukul 08.00 sudah terasa mambakar kulit kita, keringat pun bercucuran dan dahaga pun tak tertahankan:mls::cpd:.

Sebuah fenomena yang tidak biasa terjadi. Dengan kondisi seperti ini mebuat sebagaian besar masyarakat kota Surabaya sedikit tidak nyaman dalam melakukan aktifitas sehari-hari. Bahkan ada seorang teman bergumam “Haduh Emang berapa sech jumlah Matahari yang bersinar di Surabaya ini???” tidak itu saja ada sebutan baru untuk kota Surabaya yaitu, ”Puanas City” atau “Surabaya The Hottest City” .

Tidak berhenti disitu saja, ketika malam hari tiba cuaca masih belum bersahabat. Malam hari cauaca terasa sangat gerah (Sumuk dalam bahasa Jawa). Inilah yang saya rasakan akhir-akhir ini. Meski di kamar koz saya sudah ada 2 kipas angin yang standby 24 hours , tetep saja gak bisa menyagarkan kondisi 😥 . Hal ini dikarenakan hembusan angin dari kipas tersebut bukan angin yang segar, namun angin panas.

Huah… Pokoknya jadi gerah banget. Setalah baca sana-sini akhirnya tekuak kenapa fenomena Cuaca yang sangat panas ini terjadi. Cuaca yang tidak bersahabat ini terjadi dikarenakan terjadi pergeseran posisi matahari. Hal ini sudah biasa karena pada bulan Oktober ini pergerakan matahari berada tepat di atas Indonesia dan di atas pulau Jawa. Pada bulan Oktober ini Suhu bisa mencapai 35º bahkan Lebih :cpd:.

:tv: Berdasarkan pantauan Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) pergerakan semu matahari ini diperkirakan berada tepat di atas Kota Surabaya pada tanggal 22 Oktober 2008, namun berdasarkan penelitian Mas satu ini yang menggunakan rumus matematika yang dikuasainya, mengenai pergerakan semu matahari ini diperkirakan posisi Matahari tepat di atas Kota Surabaya kira-kira antara tanggal 8 sampai 14 Oktober.

Terlepas dari faktor pergerakan semu dari matahari tersebut, ada faktor yang menyababkan suhu di Surabaya sungguh begitu panas. Faktor tersebut adalah karena Gejala Global Warming yaitu, Efek Rumah Kaca. Gejala Global Warming sangat dekat kaitannya dengan ulah manusia, karena dengan ulah manusia yang semakin tidak terkendali akhir-akhir ini. Seperti semakin tidak terkendalinya gas buang dari Kendaraan bermotor yang semakin membludak, penggunaan CFC pada AC, penggundulan hutan, dan lain-lain.

Okeh mungkin cukup sampaii disini saja penjelasan dan curhat saya yang berkaitan dengan panasnya Suhu di Kota Surabaya ini. Buat semua teman-teman yang ada di Surabaya, tetep semangat dan sabar menghadapi fenomena ini. Dan pesan saya mari bersama-sama cegah terjadinya Global Warming, jangan biarkan bumi kita semakin panas. Let’s Go Green!!!!!! :spr2: :dbl: :dbl:

Posting menarik lainnya

19 Comments

  1. Jadi yang diulas om anang kemarin tuh emang bener? Pikirku cuman hitungan matematika. Nggak ngarah sampek kayak gitu (maksude; pengaruh cuaca di surabaya gitu…) Yah sabar mas… Kalopun berteriak save our eath… lum tentu ada perubahan. Lain halnya kalo kita bertindak memulai menghijaukan kembali lingkungan kita masing2. Sebuah pelajaran besar mestinya dengan suhu segitu tingginya.

  2. Biarpun Panas, namun aku tetap cinta Surabaya, tempat aku di besarkan namun bukan di lahirkan dan tempat aku menjadi begundal..hehehe…

  3. Makanya kita sebagai generasi penerus harus ikut serta dalam gerakan anti global warming dan dimulai dari diri sendiri.
    Setuju gak?

  4. ga surabaya, ga jakarta.. ibarat oven dunia.. panasnya mantap.. sumuk banget.. bnr2 tanda2 global warming yg dahsyatttt!! :ayk2:

  5. Wuih .. Saya Waktu ituh Juga Kaget Denger Kabar dari Tipi …Sampek Segitunya Surabayaku .. :dbus: :dbus: :dbus:

    Posting Terakhir dari masDan Adalah..Didis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *