Akhirnya #seninmbebek, Nyicip Bebek Sinjay Cabang Surabaya

Kopdar #seninmbebek Sinjay

Akhirnyaaa.. setelah hanya bisa nelan ludah saja saat hari senin malam tiba, karena linimasa mulai ramai Arek-arek Suroboyo dengan obrolan seputar mbebek, Senin (30/3/2015) minggu lalu saya berkesempatan ikut kopdar #seninmbebek bareng Arek-arek Suroboyo.

Lalu, apa itu #seninmbebek?

#seninmbebek adalah hashtag twitter aktifitas kopi darat teman-teman onliners di Surabaya yang ingin nuansa kopdar yang berbeda dengan biasanya – ungkap salah satu korlap kopdar mbebek. @diorres yang sekaigus empu blog diorasning.com. Tak hanya ingin nuansa kopdar yang berbeda, aktifitas #seninmbebek juga jadi aktifitas ekplorasi kuliner bebek yang beraneka macam dan melimpah ruah di Surabaya. Benar saja, aktifitas mingguan kulineran bebek ini sudah berjalan kurang lebih dua bulanan dan belum juga mengkatamkan semua daftar warung bebek yang rekomended di Surabaya. *lagi-lagi ini dari ceritanya mas korlap @diorres pas kopdaran kemarin.

Kebetulan lagi ada kesempatan pulang kampung yang bertepatan dengan hari senin, ikutlah saya dalam kopdaran kuliner #seninmbebek tersebut. Pokoknya harus ikut, dari pada cuma ngiler lihat linimassa isinya paha dan dada cewek bebek semua dan itung-itung tombo kangen makan bebek khas Surabaya. Dan senin malam itu jadwalnya mampir ke bebek Sinjay cabang Jemursari.

Ya, jika sampeyan tahu, bebek Sinjay bukanlah native kuliner bebek Surabaya, melainkan kuliner bebek termasyhur dari pulau sebrang, Madura. Karena begitu nge-hits dan banyak orang Surabaya menyeberang ke Madura hanya untuk nyicip paha atau dada cewek bebek, akhirnya bebek yang memiliki nama asli Sinar Jaya tersebut mengekspansi Surabaya dengan membuka dua cabang, di Foodcourt KaZa dan Ruko baru di Jemursari.

Setelah koordinasi via WhatsApp, jam 7 malam lewat banyak akhirnya saya yang berangkat dari Mojokerto dan nebeng @azizhaddi mendarat di lokasi meetup #seninmbebek. Tampak seseorang yang tidak asing karena jangkungnya, si @diorres dan @dediardinsyah. Selain mereka berdua, ada satu teman lain yang ikutan lagi, seseorang yang belum saya kenal. Setelah kenalan dan basa-basi saya jadi tahu, namanya Didit dan akun Twitternya @ZNBLNK. Dan hingga perut kemrucuk, tak ada lagi yang datang. Walhasil, #seninmbebek kali ini lontong (laki-laki .red) semua.

Karena belum pernah berkunjung ke depot bebek Sinjay baik di Madura maupun di Surabaya, saya yang didaulat untuk pesan agak sedikit kagok. Jika biasanya kita datang, duduk, kemudian didatangi pramusaji, kali itu tidak demikian. Ternyata kita harus datang ke depan (meja kasir), bilang pesan apa, bayar, nunggu pesanan keluar, dan ngangkat pesanan sendiri. Awalnya saya pikir hanya di Surabaya, tapi kata @azizhaddi yang sudah pernah mampir ke warung pusatnya bebek Sinjay di Madura, memang sistem ordernya seperti itu.

Bebek Sinjay Cabang Jemursari, Jl. A Yani, Surabaya
Bebek Sinjay Cabang Jemursari Surabaya

Satu paket bebek Sinjay yang terdir dari nasi, bebek goreng – bisa pilih dada atau paha cewek -, lalapan, sambal pencit, dan minum – bisa pilih air mineral dalam botol atau teh hangat/dingin kita harus mengeluarkan kocek sebesar Rp 25.000,-. Harga yang terjangkau untuk mbebek jika dibandingkan harga mbebek di Jakarta dengan cita rasa yang sama.

Satu Porsi Bebek Sinjay
Satu Porsi Bebek Sinjay

Untuk rasa, karena saya bukan food blogger atau blogger kuliner, serta tak pandai mencicipi masakan, dari 1 – 10, bebek Sinjay cabang Jemursari ini saya kasih nilai 7,8 dan saya rekomendasikan untuk sampeyan yang lagi mampir di Surabaya dan tidak sempat nyebrang ke Madura. Sahabat saya, @azizhaddi yang sudah pernah mencicipi bebek Sinjay di warung asalnya juga mengungkapkan rasa bebek Sinjay Jemursari tersebut 11-12 dengan bebek Sinjay di Bangkalan, Madura.

Setelah puas, kenyang, dan dirasa kolesterol mulai terisi kita semua berpisah dan kembali ke peraduan masing-masing. Terima kasih teman-teman atas ajakan untuk kopdaran #seninmbebek-nya. Tak sabar ingin ikut kopdaran #seninmbebek berikutnya. ๐Ÿ™‚

Bebek Sinjay Cabang Jemursari, Surabaya.
Komplek Ruko Baru Jemursari,
Jl. A. Yani, Surabaya.
Harga per porsi: Rp 25.000,- (include Teh Botol / Air Mineral Botol)

Lokasi di peta:

Posting menarik lainnya

4 Comments

  1. Kapan2 melu aaaah… Aku iki seneng wisata kuliner soale hahaha. CUman nek ndik Ngajuk kene, koncoku podo kere kere, ra nduwe duit. hahahha. Walhasil aku nek wisata kuliner kudu nraktir, lha suwe2 bangkrut ngko hahahah

  2. ehm…ternyata hampir sama ya dgn yg di madura. Tapi kadang klu pas lewat situ (ya emang tiap hari nglewati) aku lihat sering rame. Jadi ya urung utk mampir. Tapi minimal ndelok fotomu, wes wareg koq fit (y)

    *ketokake sing foto nduwur iku gawe hp ya..koq burek ๐Ÿ™‚

  3. waaah ngiler liat bebeknya ๐Ÿ˜€
    lumayan mahal juga ya… di daerahku bebek cuma 17ribuan tapi tanpa minum sih hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *