Menyulut Kembali Semangat Nge-Blog dengan #BloggerCampID

Peserta #BloggerCampID Surabaya 2015
Peserta #BloggerCampID Surabaya 2015

Tepat seminggu lalu, bertempat di lobby sebuah hotel baru – sebut saja Yello Hotel Surabaya – yang berlokasi di kawasan Jemursari Surabaya, saya bertemu dengan beberapa teman Blogger dari beberapa kota besar di Jawa Timur. Beberapa di antaranya sudah sering bertemu dan kenal, dan beberapa lainnya belum kenal Ada apa kok blogger-blogger pada kumpul?

Jadi ceritanya, seminggu lalu tepatnya tanggal 26 dan 27 Oktober 2015 digelar acara kopi darat (kopdar) blogger bertajuk #BloggerCampID. Apa itu? Blogger Camp ini adalah acara kopdar blogger yang diadakan serentak di 4 kota, Jakarta, Purwokerto, Surabaya, dan Makassar. Jika sampeyan masih ingat 3 – 4 tahun lalu sama kopdaran blogger nasiobal, seperti Pesta Blogger, OnOff, Blogger Nusantara, Blogger ASEAN, Muktamar Blogger, dsb, gelaran #BloggerCampID ini bisa dibilang 11-12 alias mirip dengan gelaran kopdar blogger yang ngehits 3 – 5 tahun yang lalu tersebut.

Yello-Hotel-Surabaya
Narsis di Yello Hotel Surabaya

Ada yang membedakan gelaran #BloggerCampID ini dengan kopdaran blogger sekala Nasional yang pernah digelar sebelumnya. Jika di gelaran temu kopi darat Blogger sebelumnya digelar di ruang pertemuan, gelaran #BloggerCampID ini digelar di alam terbuka dengan mengusung konsep Camping – namanya juga Blogger Camp ya camping lah. Nah itu kok kumpulnya di hotel? Ya tak apa lah, kebetulan salah satu sponshornya adalah group hotel di Indonesia, yakni Tauzia Hotel Group dan Yello Hotel ini adalah hotel baru di group Tauzia yang benar-benar baru dan yang di Jemursari, Surabaya ini adalah hotel Yello pertama di Indonesia. Jadi titik kumpulnya ditempatkan di hotel yang bernuansa techies alias geeky ini.

Tak hanya datang, kumpul terus cabut ke alam liar. Sekali mendayung, dua tiga pulau terlampui dong. Jadi teman-teman Blogger dicegat oleh menejemn hotel untuk berkeliling melihat-lihat isi hotel. Mayanlah, hotelnya dibuzzerin, bloggernya dapat bahan tulisan.

Setelah puas dijamu di Yello Hotel, kurang lebih 50 blogger Jawa Timur meluncur ke lokasi sesungguhnya #BloggerCampID digelar yakni di The Pines camping ground yang berlokasi di kawasan Taman Dayu, Pandaan – Pasuruan dengan menggunakan bus dari Blue Bird Group. Yes, Blue Bird Group juga salah satu sponsor dari perhelatan temu blogger ini. Loh katanya di Surabaya? Kok jadi di Pasuruan? Sengaja, nyari tempat camping yang oke meskipun menurut saya camping di Kebun Binatang Surabaya juga gak kalah seru – tapi bisa dan boleh gak sih? 😀

Setelah menempuh perjaalanan kurang lebih selama 2 jam, sampailah rombongan blogger di lokasi. Setelah masuk ke tenda yang sudah disiapkan, teman-teman Blogger asyik ngobrol dan sharing di balai yang ada di tengah-tengah camping ground. Sharing bareng seputar blog termasuk bagaimana mendapatkan tambahan penghasilan dari nge-blog yang di nahkodai oleh Mbak Yuni. Tak hanya itu, sesi sharing malam itu juga kehadiran tamu dari Blue Bird Group Surabaya yang berbagi cerita perjalanan Blue Bird di Surabaya dan sharing potensi yang mungkin bisa dikolaborasikan antara Blue Bird Group Surabaya dengan kegiatan teman-teman Blogger. Menarik.

Menyulut Kembali Semangat Nge-Blog

Keesokan harinya ketika saya mendapatkan info dari panitia bahwa peserta #BloggerCampID kota-kota lainnya masih enak-enaknya menikmati harumnya jigong bunga tidur, teman-teman Blogger di #BloggerCampID Surabaya sudah pada bangun dan siap menyulut semangat dengan senam bersama. Semangat untuk kumpul bersama benar-benar terasa pagi itu, terlihat dari semangat mengikuti senam dan bergantian menjadi pemandu senam pagi.

Senam-Pagi
Senam Pagi di #BloggerCampID Surabaya

Pukul 09.30 WIB setelah peserta selesai bebersih diri dan sarapan, peserta kembali berkumpul di balai utama untuk ikut diskusi “Membangun Kredibilitas Blogger”, tema diskusi yang sekaligus menjadi tema dari perhelatan #BloggerCampID. Kebetulan saat itu saya ditodong Mbak Yuni untuk membantu sebagai komite dan narasumber di diskusi Membangun Kredibilitas Blogger tersebut. Selain saya, ada dua narasumber lain, yakni kang Yayat dan Mbak Swastika Nohara@SabaiX.

Pemateri BloggerCampID Surabaya
Katanya sih jadi Narasumber.. 😛

Diskusi Membangun Kredibilitas Blogger ini benar-benar hidup, teman-teman blogger sangat antusias, terbukti cukup banyak pertanyaan yang ditujukan ke narasumber dan aktif berbagi pengalaman masing-masing. Jujur, suasana diskusi ini benar-benar menyulut semangat saya untuk kembali aktif nge-blog. Dan mungkin semangat teman-teman yang hadir juga.

Lepas sesi diskusi dan makan siang, teman-teman Blogger yang menjadi peserta #BloggerCampID di ajak bermainan permainan khas outbond yang membangun kerjasama tim dan kedekatan peserta satu sama lain. Benar-benar menarik hingga membuat saya tertarik untuk nimbrung dan terlibat di setiap permainan yang dibuat tim outbond dari Taman Dayu. Puas bermain, tim outbond Taman Dayu mempersilahkan teman-teman Blogger untuk menjajal wahana memacu adrenalin, Flying Fox.

Jujur, dua hari terlibat dalam gelaran #BloggerCampID Surabaya ini benar-benar bisa menyulut semangat nge-Blog saya, mungkin juga menyulut semangat dunia perblogeran Indonesia yang beberapa tahun belakangan tidak seseksi dulu lantaran digerus derasnya kenyamanan dan asyiknya media sosial 140 karakter. Terbukti, seminggu setelah acara ini saya melihat aktifitas di Blogospher kembali menggeliat. Mulai dari aktifitas update blog, blog walking, dan share postingan baru di linimassa media sosial populer. Benar tidak? Selain itu, gelaran #BloggerCampID ini bisa pula menjadi oase bagi blogger yang rindu akan acara Kopi Darat blogger.

Overall.. kopi darat #BloggerCampID benar-benar sanggup menyulut kembali semangat nge-Blog pesertanya. Itu menurut saya, kalau menurut sampeyan gimana?

Komite-Surabaya
Tim Komite #BloggerCampID Surabaya 2015

Posting menarik lainnya

8 Comments

  1. Semangat NgeBlog akan terus membara dalam diri ini hehehe. Blogger Camp Indonesia 2015 memang top. Semoga tahun depan pelaksanaannya 3-4 hari biar ngerasain camp yang sesungguhnya hehehe

  2. kurang puaaasss… belum bisa move on, trlalu manis utk dilupakan.., мαкαsιн ilmunya kakak, smg semua budi baik brbalas dgn keberkahan yg melimpah.., dan nantinya bisa “bebas” tidak kena kutukan “kontrak mati” ya.. ​‎​:DHîí:phïi:DHïÏ

    salam silaturahim.. #bloggercampid #srby #lovekonten

  3. #BloggerCampID kali ini bener2 keren,, pake acara menginap segala lagi. jadi rasa kekeluargaan dan persahabatannya lebih muncul daripada hanya cuma acara seminar2 doang.

  4. Keren acaranya…Salut. Seru kayaknya ya…kapan ya bisa ikutan kayak gini. Semoga tahun depan bisa ikutan meraikan Hari Blogger Nasional.
    Happy Blogging Guys! 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *