Saya dan Radio Kampus

Berawal dari keingin tahuan saya tentang bagaimana membuat radio streaming sperti radio streaming Internet Sehat, Radio Teflonnya Cah Andong, dan Radio Streamingnya Info Komputer, wal hasil saya menjelajah dunia Internet dan bertanya kepada mbah Google seputar Radio Streaming. Dan Alhamdulillah menemukan tulisan Mas Romy Satriowahono tentang membangun radio Streaming sederhana menggunakan Shoutcast Server dan Winamp Music Player.

Radio STIKOM Banner

Awalnya memang iseng membuat sendiri di kost, kebetulan di kost ada sebuah pc server sebagai microtix untuk koneksi Internet anak-anak kost yang saya gunakan sebagai Shoutcast Server Streaming Radio abal-abal saya. Alhamdulillah berhasil, walaupun yang mendengarkan hanya teman-teman kost saja. hehe.. :hammers

Ternyata keisengan saya itu berbuah hasil manis dan menjadi project yang serius. Yup benar-benar serius karena saya harus membangun sebuah radio Streaming di kampus di mana saya bekerja. Sebuah layanan yang sebenarnya sudah menjadi cita-cita lama bagaian Humas kampus STIKOM. Sebenarnya, kampus ingin membuat sebuah radio dengan frekuensi FM, namun karena frekuensi FM di Surabaya sudah habis maka radio streaminglah yang menjadi solusinya.

Karena saya yang mengusulkan dan punya ide untuk membuat Streaming Radio di Kapus, makas sayalah yang harus mengeksekusinya mulai dari mengkonfigurasi server, memasang shoutcast server dan shoutcast source harus saya selesaikan dan selesai dengan targetawal bulan Februari sudah bisa On Air.

Pada awalnya radio kampus memang belum bisa sepenuhnya On Air luas di luar jaringan Intranet kampus. Hal ini sisebabkan ada konfigurasi jaringan yang harus disesuaikan dan diatur ulang. Alhamdulillah berkat bantuan teman-teman dari PPTI, radio Streaming Kampus bisa On Air dan bisa di dengarkan dari mana saja asalkan ada jaringan Internet.

Nah, bagi yang ingin mendengarkan radio Kampus STIKOM Surabaya bisa langsung akses radionya di http://stikom.edu/radio.

Saya Penyiar Radio??

Frenavit Putra, Bodrex, Frenavit, Avit
Penyiar atau Costumer Service Representative ya??

Hmm.. Mungkin bagi beberapa teman yang mengamati timeline Twitter atau Plurk saya sering membaca status saya yang isinya sedang siaran, menyiapka lagu dll. Yup, saya sekarang menjadi penyiar abal-abal untuk radio kampus STIKOM. Hal ini karena sudah menjadi kebudayaan di Kampus, siapa yang mengusulkan, dia yang mengeksekusi. Saya mengusulkan membuat radio streaming maka saya yang mengkonfigurasi, menyiapkan, hinga yang siaran… πŸ™

Jujur saya tidak pernah membayangkan bisa menjadi penyiar radio, karena jujur saya tidak punya interest terlebih kemampuan untuk menjadi penyiar radio. Tetapi mungkin benar teori “Bisa karena dipaksa”, dan karena saya memaksakan diri untuk bisa siaran, demi radio kampus untuk bisa On Air, wal hasil eh saya ketagihan untuk siaran hehe.

Radio Streaming STIKOM ini kalau boleh saya bilang masih versi Beta, karena masih banyak hal yang harus diselesaikan dan dilakukan untuk menjadi lebih baik lagi. Seperti memanage acara, mempersiapkan penyiar yang melibatkan mahasiwa, dan ruangan khusus untuk radio ini. Untuk itu saya mohon do’a kepada teman-teman semua semoga kedepannya radio Streaming kampus ini bisa lebih baik lagi dan mungkin ada kampus lain yang menawari saya untuk membuat radio streaming untuk kampusnya!! :hammers :fm:

Posting menarik lainnya

16 Comments

  1. Wuih keren banget, Bung.
    Saya juga sedang berangan-angan membuat 1 radio streaming yang konon murah meriah, buat mengisi waktu luang saya yang terlalu banyak. Tar kalo impian ini saya wujudkan, saya bakal banyak kontak Bung ini. πŸ˜€

    1. Hehe.. Thx kang.. Ayo segerq diwujudkan saja mimpinya untuk bikin radio streaming. Selain murah juga mudah kok kang.. Sangat senang jika saya bisa membantu :shakehand2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *